Sunday , 24 February 2019

Warna-Warni Kampung Teluk Seribu Balikpapan

kampung warna teluk seribu

Warna-Warni Kampung Teluk Seribu Balikpapan – Kini terdapat satu lokasi wisata baru bagi warga di Kota Balikpapan. Lokasi wisata tersebut yaitu Kampung Teluk Seribu Balikpapan. Sesuai dengan nama tempatnya, tempat wisata ini menyuguhkan warna-warni kampung Teluk Seribu di Balikpapan. Atas inisiatif banyak orang, kampungyang dulunya kumuh bahkan tidak terawat ini kini menjadi objek wisata baru di Balikpapan. Kampung ini tidak berbeda jauh dengan kampung warna-warni yang ada di kota lain.

Banyak orang yang saling bergotong-royong membuat lukisan di dinding kemudian menjadikannya sebuah karya lukisan atau mural yang lama-lama menjadi karya yang indah untuk dipandang. Bagi Anda pecinta seni dan pecinta rupa maka wajib untuk berkunjung ke Kampung Teluk Seribu ini.

spot kampung teluk seribu balikpapan
Kampung Teluk Seribu Balikpapan

Asal-usul Kampung Teluk Seribu Balikpapan

Kampung Teluk Seribu Balikpapan ini dahulunya sangat kumuh, tidak terawat, dan memiliki kesan suram bagi siapa saja yang melihatnya. Dahulu kampung ini berupa permukiman yang berada di tepi sungai dengan segala kekumuhannya. Kampung ini terdiri atas 5 RT dimana banyak orang yang bekerja sebagai buruh petani kebun karet, nelayan tangkap, hingga petani sawah.

Baca Juga:  Pulau Sangalaki, Surganya Snorkling dan Penyu Laut Kalimantan Timur

Namun, pada tahun 2017 yang lalu, kampung yang dahulunya kumuh ini mulai menarik perhatian banyak orang dan bahkan siapapun yang berkunjung. Setelah melihat langsung, kemudian Pemerintah bekerjasama dengan salah satu merk cat yang ada di Indonesia untuk menyulap kampung yang sangat kumuh tersebut menjadi kampung yang menarik. Akhirnya pemerintah berhasil me-make over permukiman tersebut menjadi lokasi wisata yang sekarang dinamakan Teluk Seribu.

Kampung Teluk Seribu Balikpapan dahulu melibatkan hingga lebih dari ratusan relawan dimana mereka memang sengaja didatangkan untuk mengecat permukiman yang berada di pinggit sungai tersebut. Tak terhenti sampai disitu, pengecatan juga dilakukan oleh warga setempat yang berada di kampung tersebut. Para warga pun turut berpartisipasi untuk mengecat, memberi goresan warna, dan sebagainya.

Mereka menghias seluruhnya mulai dari dinding, pagar, jembatan, rumah-rumah dan banyak objek lainnya. Kampung warna-warni yang ada di Balikpapan ini memiliki warna yang paling dominan yaitu merah, hijau, dan kuning. Sehingga Anda bisa membayangkan bagaimana mencoloknya kampung ini dimata orang-orang yang melewatinya.

Baca Juga:  Tempat Rekreasi di Balikpapan yang Wajib Dikunjungi

Kerennya Teluk Seribu Balikpapan

Kampung Teluk Seribu Balikpapan yang sangat menarik ini merupakan pintu pengantar bagi para wisatawan untuk menuju ke dermaga. Selain itu, kampung ini juga merupakan penghubung antara desa dengan wisata alam Teluk Seribu. Teluk Seribu sendiri adalah objek alam yang berada di sekitar hulu Sungai Manggar, Kalimantan.

Terdapat satu pemandangan yang sangat eksotis dan natural yaitu adanya hutan mangrove yang berada di sepanjang tepi sungai dan bekantan. Bekantan merupakan sejenis monyet hidung dari Belanda. Anda bisa menikmati keseruan ketika berada di kota ini. Selain berfoto, Anda yang hobi berpetualang bisa menyusuri sungai dimana sungai tersebut menawarkan panorama dan suasana yang menyejukkan.

Penuh Warna Kampung Teluk Seribu Balikpapan
Penuh Warna Kampung Teluk Seribu Balikpapan

Bagi para warga atau Anda yang berencana untuk berwisata ke Balikpapan, maka Kampung Teluk Seribu Balikpapan ini bisa menjadi salah satu pilihan alternatif wisata alam terdekat yang dapat dikunjungi. Akses menuju lokasi dapat ditempuh dengan kendaraan darat dengan waktu 30 menit. Anda dapat menyaksikan perkampungan yang letaknya tepat di tepi muara Sungai Manggar, Balikpapan.

Baca Juga:  Menikmati Keindahan di Pantai Manggar Balikpapan

Perkampungan itu kini menjadi daya tarik masyarakat dan menjadi objek wisata yang sedang hits terlebih bagi para anak muda yang gemar berfoto-foto. Hingga kini, lokasi tersebut menjadi objek wisata yang menjadi favorit banyak orang karena lokasinya yang sangat instagramable dan menjadi satu-satunya objek wisata bernilai seni tinggi. Jadi, jika Anda penasaran dengan Kampung Teluk Seribu dan sedang berada di Balikpapan, jangan lupa berkunjung ke kampung warna-warni ini.