Sunday , 24 February 2019

Traveling ke Tempat Ini Saat Libur Lebaran di Jakarta

Traveling ke Tempat Ini Saat Libur Lebaran di Jakarta – Mereka yang tidak mudik, tetap bisa memiliki liburan di Jakarta yang menyenangkan. Anda bisa menikmati suasana tenang jalanan Ibukota bersama keluarga. Selain itu, masih banyak destinasi wisata di Jakarta yang bisa Anda kunjungi saat libur Lebaran.

Tidak semua orang bisa merasakan mudik saat Idul Fitri. Untuk mengatasi kondisi ini, justru pelancong bisa memanfaatkan waktu untuk menjamah keindahan ibukota.

Ya, Anda bisa jalan-jalan ke destinasi wisata yang ada di ibukota. Berikut 4 destinasi wajib saat libur panjang Lebaran di Jakarta:

Monumen Nasional (Monas)

Belum ke Jakarta kalau tidak mengunjungi Monumen Nasional atau Monas. Bangunan yang berada di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat ini menjadi ikon Kota Jakarta. Banyak wisatawan dari daerah yang berada di luar Jakarta menyempatkan diri untuk melihat bangunan setinggi 132 meter ini.

Monas memiliki keunikan, yaitu emas seberat 35 kg yang berada di puncaknya. Saat detikTravel berkunjung beberapa watu lalu, ada tiga bagian Monas yang bisa pelancong kunjungi, yaitu bagian dasar museum, cawan, dan pelataran puncak.

Di bagian dasar monumen terdapat Museum Sejarah Nasional Indonesia. Pelancong bisa menyaksikan 51 diorama yang menceritakan tentang perkembangan sejarah Indonesia sejak pra sejarah sampai Orde Baru.

Baca Juga:  Sensasi Gumul Paradise Island Kediri Jawa Timur

Sedangkan di bagian cawan atau mangkuk Monas, terdapat Ruang Kemerdekaan. Di dalam ruangan ini tersimpan replika naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, peta kepulauan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berlapis emas, dan bendera Merah Putih.

Satu lagi tempat yang paling asyik, yaitu Pelataran Puncak dan Api Kemerdekaan. Di sini terdapat teropong yang bisa pelancong gunakan untuk melihat panorama Kota Jakarta dari ketinggian. Oh ya, Monas dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai 15.00 WIB. Pada hari Senin pekan terakhir setiap bulannya ditutup untuk umum.

Taman Mini Indonesia Indah

Ini dia destinasi wajib yang harus Anda datangi di Jakarta. Siapa tahu ada keluarga Anda dari kampung yang datang ke Jakarta saat libur Lebaran. Anda bisa mengajaknya melihat seluruh Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Destinasi wisata Taman Mini Indonesia Indah berada di Jakarta Timur. Area seluas 150 hektar ini menjadi Indonesia dalam bentuk mini. Semua serba-serbi tentang Indonesia ada di taman ini.

Saat libur panjang Lebaran, TMII tetap buka seperti biasa, yaitu pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB. Di TMII, wisatawan akan disuguhkan beragam pertunjukan seru yang khusus diadakan selama libur Lebaran.

“Kami akan memberikan pelayanan khusus saat Lebaran untuk pengunjung dalam program Gebyar Lebaran,” kata Humas TMII, Narti, saat dihubungi oleh detikTravel beberapa waktu lalu.

Baca Juga:  Pulau Bawean Gresik Jawa Timur

Serunya lagi, Anda bisa mengelilingi seluruh TMII dengan menggunakan kereta Aeromovel yang mirip dengan kereta monorel atau kereta gantung. Mau seru-seruan di wahana air? Anda bisa mengunjungi Water Park Snow Bay yang berada di dalam kawasan ini.

Kebun Binatang Ragunan

Mengajak buah hati melihat langsung kehidupan berbagai jenis hewan di Kebun Binatang Ragunan juga tidak ada salahnya. Pilihan ini bisa menjadi alternatif liburan Anda bila tidak mudik.

Kebun binatang yang berada di Pasar Minggu, Jakarta Selatan ini memiliki beragam jenis hewan yang dilindungi. Kebun seluas 140 hektar ini mengoleksi sekitar 295 spesies dan 4.040 spesimen.

Tidak hanya sekadar melihat gajah, rusa, jerapah, orang utan, berbagai macam jenis burung, dan jenis hewan lainnya, Anda juga bisa berinteraksi langsung dengan beberapa hewan yang ada di sana.

Menurut Humas Kebun Binatang Ragunan, Bambang Wahyudi, saat detikTravel hubungi beberapa waktu lalu, selama libur panjang Idul Fitri Ragunan akan memperkenalkan keluarga baru kepada wisatawan.

“Saat Lebaran, Kebun Binatang Ragunan biasanya akan penuh dengan pengunjung. Momen inilah yang akan kami pergunakan untuk memperkenalkan beberapa penghuni baru, seperti tapir Sumatera dan primata,” ucap Bambang.

Baca Juga:  Lokasi Taman Tebing Breksi Sleman Jogja

Ya, pelancong bisa menikmati sensasi berkeliling kebun binatang dengan menunggang gajah, kuda, dan Onta. Selain itu, Anda juga bisa berfoto dengan ular, iguana, orang utan, dan binatang lainnya.

 

Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta Utara, menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi saat libur Lebaran. Taman Impian Ancol memang terkenal dengan wahana permainannya yang seru-seru, antara lain wahana 4 Dimensi, Gelanggang Samudera, Dunia Fantasi, Samudera Atlantis, dan jejeran pantainya yang asyik.

Selain itu, selama libur panjang Lebaran Ancol sudah menyiapkan beberapa atraksi seru.  pengunjung Dufan akan dimanjakan dengan tontonan dan atraksi menarik bertema “Shaun the Sheep Meet Man in Black Slam Dunk”.

Tidak hanya itu, masih banyak pertunjukkan lainnya, seperti drama musikal Under the Sea di Ocean Dream Samudera, menjajal wahana baru bernama Epic Cable Park, dan mengenal konservasi hewan yang diakan oleh WWF dan Ancol dalam bentuk Panda Mobile With Ancol.

Jangan salah! Meskipun saat libur panjang Lebaran banyak pelancong yang mudik, tetap saja destinasi wisata ini ramai dikunjungi wisatawan. Dijamin, Anda tidak akan bosan, walau harus menikmati liburan di Jakarta.

Selamat Berlibur !