Sunday , 24 February 2019

Tempat Wisata di Wonogiri Terbaru

Tempat Wisata di Wonogiri Terbaru – Wonogiri merupakan salah satu kabupaten yang berada di provinsi Jawa tengah. Terletak di bagian selatan sehingga wonogiri memiliki pantai yang cukup menarik untuk di kunjungi. Selain Pantai, Wonogiri memiliki begitu banyak sekali tempat wisata bertemakan alam, budaya, wisata air dan masih banyak lagi.

Kebanyakan wisata di wonogiri belum banyak dikenal oleh Wisatawan, maka dari itu kawasan wisata disana masih sepi pengunjung. Walaupun sepi akan pengunjung namun tempat wisata di wonogiri tak kalah dengan kota tujuan wisata lainya seperti yogyakarta, wonosobo dan yang lainya. Bagi wisatawan yang ingin mencoba pengalama baru, atau ingin explore lebih lanjut lagi, mungkin wonogiri cocok menjadi tujuan wisata anda selanjutnya.

Berikut Kami ulas singkat mengenai Objek wisata Wonogiri

Pantai Nampu

Photo By: @malindaayu_

Obyek Wisata Pantai Nampu menawarkan sejuta pesona keindahan alam dengan hamparan pantai berpasir putih dan batu karang cantik yang masih terjaga kealamiannya, deburan ombak yang beradu dengan bebatuan karang menjadi salah satu pesona keindahan yang dimiliki pantai ini.

Pantai Nampu Wonogiri ini memiliki sekitar 3 titik pantai yang dipisahkan oleh sebuah gundukan daratan. Jarak tempuh yang bisa pengunjung tempuh untuk menuju Wisata Pantai Nampu jika dari Kota Wonogiri sekitar kurang lebih 70 km atau sekitar 2 jam perjalanan.

Waduk Gajah Mungkur

foto by : Brobali.com

Saat pengunjung memasuki objek wisata Waduk Gajah Mungkur, Pengunjung akan melihat patung Bedol Desa tepat yang berada di depan pintu masuk menuju area rekreasi danau. Patung ini sengaja dibuat di area waduk untuk memperingati peristiwa bedol yang terjadi  di Desa pada saat pembangunan waduk Gajah Munkur.

Para pengunjung yang datang ke Waduk Gajah Mungkur dapat berkeliling di waduk dengan cara menyewa kapal boat yang sudah disediakan pengelola. Bagi mereka yang suka memancing, pengunjung juga dapat melakukan aktivitasnya di sini.

Pantai Sembukan

Foto by: @msekord

Pantai Sembukan merupakan sebuah mahakarya Tuhan yang berada di ujung Wonogiri, Jateng. Pantai ini menyimpan keindahan pesona alam dan mitos yang tersembunyi rapat di balik bebatuan karang-karangnya yang besar.

Pantai Sembukan merupakan salah satu destinasi yang cukup dikenal oleh  kalangan para aktivis spiritual. Seperti tokoh spiritual dari Kerajaan keraton Surakarta dan Yogyakarta.

Baca Juga:  Tempat Wisata Baru Di Ponorogo

Pantai yang terletak di Dusun Sembukan, Kec. Paranggupito ini, memiliki nuansa alam yang sangat indah serta dapat memanjakan pengunjung. Pantai ini tepatnya berada di ujung selatan Wonogiri atau sekitar 40 km dari pusat kota. Pengunjung yang ingin menuju ke pantai ini membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam dari Pusat Kota Wonogiri.

Pantai Banyutowo

Foto by: tempatwisataid.com

Pantai Banyutowo memiliki keistimewaan  yakni pada airnya yang tidak asin. Maklum saja, Karena Pantai Banyutowo merupakan muara atau tempat pertemuan antara air tawar sungai dan air laut. Air tawar yang bersumber dari air bawah tanah ini bermuara di tepi pantai.

Pemandangan pantainya juga sangat mempesona, wisatawan dapat melihat langsung air tawar yang terjatuh dari bebatuan karang yang tepat di bibir pantai. Dari kejauhan tampak terlihat berwarna bening air.

Kecantikan pantai ini di tambah oleh hamparan karst yang terbentang sepanjang pantai yang menjadikan Pantai Banyutowo menjadi salah satu destinasi wajib saat berkunjung ke Wonogiri.

Air Terjun Girimanik

Foto by: bolehtanya.com

Air Terjun Girimanik memiliki panorama indah karena terdapatnya tiga buah air terjun, yaitu diantaranya Air Terjun Manikmoyo, Tejomoyo, dan Condromoyo. Air Terjun Manikmoyo merupakan air tejun yang tertinggi karena mempunyai ketinggian 70 meter sedangkan Air Terjun Tejomoyo hanya mempunyai ketinggian 30 meter.

Ketiga air terjun ini berada  tepatnya di sisi selatan Gunung Lawu di kawasan wisata Girimanik, Setren. Berjarak kurang lebih sekitar 35 km dari pusat kota Wonogiri mengambil ke arah timur menuju Kabupaten Ponorogo.

Dari Pusat kota Wonogiri perjalanan  berarah ke Slogohimo ke arah utara, sekitar menempuh medan sedikit bergejolak sepanjang 10 km dengan jalan yang menanjak hingga sampai di pintu masuk air terjun.  Selanjutnya pengunjung masuk perjalanan yang diteruskan ke Bumi Perkemahan.

Terletak di Desa Setren, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Propinsi Jawa Tengah.

Air Terjun Binangun Watu Jadah

Foto By: @notobudiyanto

Air Terjun Binangun Watu Jadah  tepatnya berada di lereng Pegunungan Lawu Selatan. Ada dua air terjun di wilayah ini dan merupakan salah satunya air terjun yang tinggi tersebut dinamakan Watu Jadah.

Baca Juga:  Tempat Wisata Baru Di Ponorogo

Saat ini, Air terjun ini masih banyak orang yang belum mengetahui keberadaannya. Bahkan warga sekitar pun masih ada yang belum mengetahui air terjun ini, sehingga menjadikan air terjun ini masih asri dan alami.

Terletak di Dusun Grenjeng, Desa Girimulyo, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri, Propinsi Jawa Tengah.

Goa Putri Kencono

Foto by: solopos.com

Goa Putri Kencono menyajikan sebuah pemandangan yang sangat indah dan dapat memanjakan pengunjung, yakni berupa stalaktit dan stalakmit yang terdapat di sepanjang goa Putri Kencono. Luas Goa Putri Kencono ini mencapai hingga 1000 meter persegi, sehingga memungkinkan pengunjung bisa leluasa menikmati seluruh isi dalam goa.

Goa Putri Kencana di Desa Wonodadi, Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri

Wisata Spiritual Kahyangan

Foto by: panduanwisata.id

Destinasi wisata Spiritual Kahyangan merupakan sebuah tempat petilasan Raja-Raja tanah Jawa zaman dahulu. Tempat ini dikenal sebagai tempat Pangeran Danang Suto Wijoyo mendapatkan sebuah wahyu yang di kemudian hari dikenal sebagai raja bergelar Panembahan Senopati.

Kahyangan juga dikenal sebagai tempat dimana Panembahan Senopati mengadakan sebuah perjanjian dengan ratu pantai selatan yakni Kanjeng Ratu Kidul untuk bersama-sama membangun pemerintahan di Tanah Jawa.

Terletak di desa Dlepih Kecamatan Titromoyo, Wonogiri

Museum Karst Dunia

Museum Karst Dunia merupakan sebuah museum yang memberikan gambaran kehidupan zaman purba dahulu kala. Di dalamnya terdapat beraneka ragam ornamen – ornamen yang dibuat sedemikian rupa yang menggambarkan sebuah kehidupan purba pada masyarakat sekitar. Dan pada Museum Karst Dunia juga terdapat gambar bermacam bebatuan yang menjadi ciri khas karst dengan bentuk unik dan indah.

Alamat: Gebangharjo, Pracimantoro, Gebangharjo, Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah

Museum Wayang Kulit Indonesia

Museum Wayang Indonesia memiliki banyak koleksi wayang, bukan hanya wayang yang berasal dari daerah Jawa Tengah namun tetapi juga dari daerah lain di Indonesia yaitu Jawa Barat dan Bali.

Jumlah koleksi yang dimiliki oleh  Museum Wayang Indonesia sebanyak 200 buah wayang kulit purwa, wayang golek, wayang Bali, wayang klitik, wayang suket (rumput), wayang beber dari Bali, topeng, dan bakalan wayang.

Alamat: Jl. Raya Wuryantoro, Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah

Arena Papan Luncur Olahraga Gantole

Foto By Google

Wonogiri juga memiliki tempat khusus yang dapat digunakan untuk olahraga gantole. Tempat ini tepatnya berada di bukit Desa Sendang, Arena papan luncur ini juga sudah biasa digunakan oleh atlet gantole serta paralayang tingkat jawa Tengah.

Baca Juga:  Tempat Wisata Baru Di Ponorogo

Ada 2 tingkat ketinggian bukitnya, yakni ketinggian 200 meter dan 400 meter. Bagi anda yang ingin mencoba olahraga Gantole ini dapat langsung segera datang ke Wonogiri.

Alas Kethu Wonogiri

Alas Kethu juga layak dijadikan tempat wisata, karena hutan ini memiliki panorama alam yang tak kalah menarik dengan hutan-hutan yang ada di Benua Eropa, cocok dijadikan latar belakang foto bagi Anda yang gemar hunting photography bertemakan alam.

Bukit Cumbri

Foto by: Bolehtanya.com

Bukit cumbri terletak di perbatasan jawa timur dan jawa tengah, pemandangan di bukitt ini memang sangat memanjakan mata siapapun yang memandangnya, terdapat sebuah batu di tebing bukit yang menjadi ciri khas bukit Cumbri ini, terlebih lagi jika pengunjung datang disaat waktu yang tepat, karena menyajikan pemandangan yang luar biasa indah, sekejab bukit cumbri menjadi destinasi populer di wonogiri.

Air Terjun Jurug Kemukus

Foto by: google

Air Terjun Jurug Kemukus menyajikan pemandangan air tejun tiga tingkat. Tingkat paling atas, memiliki tinggi sekitar 30 meter yang diapit oleh tebing curam bebatuan yang tinggi dan terjal, sehingga angin disertai uap air berembus kencang menembus celah tebing.

Pada air terjung di tingkat kedua dan ketiga, masing-masing air terjun memiliki tinggi kurang lebih sekitar 40 meter. Air terjun kedua dan ketiga ini juga diapit oleh tebing sungai yang menyajikan penorama alam mempesona.

Telaga Claket Wonogiri

Foto By Google

Dikelilingi oleh bukit-bukit, Telaga Claket ibarat seperti surga yang tersembunyi dan masih natural dan alami menyatu dengan alam. Suasana hening bernafaskan hembusan angin sejuk yang membawa pengunjung merasa nyaman duduk di area Gazebo telaga, sebelum turun ke telaga anda bisa santai di Gazebo tersebut sebelummengambil gambar moment teristimewa di telaga.

Selamat Berlibur !