Sunday , 24 February 2019

5 Tempat Wisata di Pelaihari yang Wajib Dikunjungi

Pesona Wisata Pelaihari
Pesona Wisata Pelaihari

Tempat wisata di Pelaihari saat ini telah berkembang pesat. Pemerintah daerah telah melakukan berbagai pengembangan dan perintisan tempat wisata di Pelaihari agar bisa menarik para wisatawan untuk bisa berkunjung ke Pelaihari. Alhasil, Pelaihari memiliki banyak sekali tempat wisata, baik dari wisata alam maupun wisata buatan.

Pelaihari sendiri merupakan ibukota dari Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan. Kota ini berlokasi di tepi Sungai Tabaneo yang berjarak sekitar 65 kilometer dari Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Kecamatan Pelaihari ini menjadi salah satu kecamatan besar di Kalimantan Timur dan menjadi salah satu daya tarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk berkunjung ke Kalimantan Selatan.

Tempat Wisata di Pelaihari yang Wajib Dikunjungi

Pelaihari telah dikembangkan sebagai salah satu kecamatan wisata yang menawarkan berbagai jenis tempat wisata bagi wisatawan yang datang ke Kalimantan Timur. Berikut beberapa tempat di Pelaihari yang wajib dimasukkan daftar kunjungan ketika ke Kalimantan Selatan:

1. Tempat Wisata di Pelaihari: Pantai Takisung

Pantai Takisung merupakan salah satu tempat wisata di Pelaihari yang menyajikan keindahan alam berupa pemandangan pantai yang begitu mempesona. Pantai ini terletak di Desa Takisung dan merupakan bagian dari laut Jawa, namun tidak memiliki ombak besar sebagaimana pantai selatan Jawa lainnya. Ombak di Pantai Takisung cenderung lebih tenang, sehingga menciptakan suasana pantai yang tenang dan begitu menenangkan.

Baca Juga:  Pantai Takisung Pelaihari, Destinasi Liburan Keluarga Terbaik di Kalsel
Kerennya Pantai Takisung
Kerennya Pantai Takisung

Keindahan di pantai ini tercipta dari hamparan pasir serta air pantainya yang begitu jernih. Selain itu, di pesisir pantai terdapat beberapa pohon kelapa yang menghiasi keindahan Pantai Takisung. Pemerintah juga telah berupaya mengembangkan Pantai Takisung agar bisa lebih menarik para wisatawan, di antaranya dengan mendirikan berbagai fasilitas yang dapat memberikan kenyamanan bagi para pengunjung.

2. Tempat Wisata di Pelaihari: Pantai Batakan

Tempat wisata di Pelaihari yang juga tidak kalah indahnya adalah Pantai Batakan. Pantai ini menyajikan pemandangan pantai yang masih begitu asri dipadukan dengan pemandangan hutan pinus dan cemara yang merupakan bagian dari Pegunungan Meratus.

Air yang jernih dengan ombak yang lirih menambah suasana ketenangan di Pantai Batakan. Mayoritas pengunjung yang datang ke pantai ini adalah untuk menikmati sunset. Sebab, lokasi dari Pantai Batakan sangat sesuai untuk menikmati keindahan sunset.

ramainya pantai batakan
Ramainya Pantai Batakan

Untuk mendukung pengembangan tempat ini, pemerintah juga telah mendirikan sejumlah fasilitas umum seperti masjid, toilet, rumah makan, tempat parkir yang luas, serta penginapan bagi pengunjung yang ingin menikmati menginap di Pantai Batakan.

Baca Juga:  Indahnya Pantai Batakan Kalimantan Selatan

3. Tempat Wisata di Pelaihari: Air Terjun Hamindrai

Air terjun Hamindrai juga termasuk tempat wisata di Pelaihari yang menjadi favorit para wisatawan. Air terjun dengan tinggi sekitar 22 meter ini menyajikan suasana air terjun yang eksotis di tengah hutan yang masih alami.

air terjun bajuin

Air terjun Hamindrai juga telah dikembangkan sebagai ekowisata bagi para wisatawan yang ingin melakukan trekking, climbing, ataupun hiking. Selain itu, di sekitar air terjun ini juga terdapat berbagai jenis burung dan tanaman anggrek hutan, yang merupakan bagian dari kawasan Pegunungan Maratus, sehingga dalam perjalanan menuju air terjun ini, wisatawan dapat menikmati keindahan alam dan isinya.

4. Tempat Wisata di Pelaihari: Bukit Rimpi, Bukit Teletubbies

Bukit yang ada di Pelaihari, yakni Bukit Rimpi, sering disebut sebagai Bukit Teletubbies karena mirip dengan perbukitan Teletubbies di New Zealand. Bukit Rimpi menyajikan pemandanan perbukitan yang ditutupi dengan rumput hijau yang mempesona. Di Bukit Teletubbies ala Pelaihari ini para pengunjung dapat mendapatkan spot foto seperti sedang di dunia Teletubies. Spot foto inilah yang saat ini tengah digandrungi oleh para generasi milenial. Bukit Rimpi atau Bukit Teletubbies ala Pelaihari ini termasuk tempat wisata di Pelaihari yang masih baru dan masih dalam tahap pengembangan oleh pemerintah daerah Pelaihari.

Baca Juga:  Wisata Malam Balikpapan yang Wajib Dikunjungi

Kamu bisa membaca artikel hobiholiday.com tentang Bukit Rimpi yang mempesona ini.

bukit rimpi indah
Bukit Rimpi, keren ya?

Tempat wisata di Pelaihari sangatlah beragam, dan telah dikembangkan oleh pemerintah setempat agar bisa lebih menarik minat wisatawan. Beberapa tempat wisata di Pelaihari ini dapat menjadi pilihan terbaik bagi wisatawan ketika berkunjung ke Kalimantan Selatan.