Sunday , 24 February 2019

Tempat Wisata di Magetan

Tempat Wisata di Magetan – Magetan adalah sebuah kota Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Ngawi, Madiun, Ponorogo dan Karanganyar. Magetan terkenal dengan kerajinan kulit, anyaman bambu, rengginan, dan pamelo.

Kerajinan tangan udah, makanan juga udah. Kok kaya ada yang kurang yak? Ya, tentu saja! Kamu-kamu pasti penasarankan sama potensi wisata di kota yang tidak jauh dari Gunung Lawu ini? Yuk, cek rangkuman Ngadem.com!

Gunung Lawu

hargo dumilah foto by @rjvlp

Naaah ini dia gunung kece yang berada antara Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Jawa Timur. Gunung dengan tiga puncak yaitu Puncak Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan Hargo Dumilah sebagai puncak yang tertinggi ini selalu berhasil menarik pendaki untuk kembali kesana padahal konon katanya gunung ini cukup mistis gimana gitu.

Pendakian Gunung Lawu bisa dilakukan via jalur Cemorokandang di Tawangmangu dan Cemorosewu di Sarangan. Kedua basecamp ini hanya berjarak sekitar 200m. Selain cerita-cerita misteri yang mewarnai keberadaan Gunung Lawu, gunung ini termasuk unik karena ada sebuah warung makan yang tidak jauh dari lokasi puncak. Ini warung makan beneran loh guys. Masakannya enak dan murah meriah banget. Heeeem, kamu bisa gagal fokus neh.

Baca Juga:  Rumah Hobbit Wonomulyo Magetan

Air di Curug Pundak Kiwo

curug pundak kiwo foto by @lugas_setiadji

Air Terjun atau Curug Pundak Kiwo terletak di Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan. Sebenarnya disekitar kawasan curug ini juga ada dua air terjun lain yaitu Air Terjun Watu Ondo dan Air Terjun Jarakan tapi karena debit air di curug Pundak Kiwo jauh lebih besar dari dua curug lainnya, membuat curug Pundak Kiwo menjadi tujuan utama para pengunjung. Padahal letak curug ini cukup menantang.

Pemandangan sepanjang jalan menuju curug adalah suasana khas pegunungan yang dengan hutan pinus yang berjajar rapi. Siap-siap kedinginan masal. So, kamu harus bawa jacket ya guys. Curug Pundak Kiwo sudah dilengkapi berbagai fasilitas loh, diantaranya toilet, warung makan, gazebo. Bahkan juga ada spot foto favorit pengunjung yaitu Watu Ongko. Cucokkan?

Telaga Sarangan

Telaga Sarangan, Magetan by dari @_mpii

Telaga Sarangan atau yang juga dikenal dengan nama Telaga Pasir adalah telaga alami yang terletak di lereng Gunung Lawu, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan. Telaga ini berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut atau hanya berjarak sekitar 16 kilometer arah barat kota Magetan. Telaga dengan luas sekitar 30 hektare dan berkedalaman 28 meter ini menjadi pilihan tempat wisata masyarakat Magetan dan sekitarnya karena udaranya yang sejuk. Sangat cocok untuk menenangkan diri sejenak dari kesibukan kota.

Telaga ini sudah sejak lama dikembangkan menjadi tempat wisata hal ini ditandai dengan banyaknya fasilitas yang sudah disiapkan di telaga ini misalnya penginapan, kios cendera mata, toilet, mushola, lahan parkir yang luas, gazebo, rumah makan, tempat bermain, dan taman. Lengapkan?

Gunung Blego Parang

gunung blego parang foto by @gopta69

Gunung Blego Parang wajib buat kamu sambangi. Why? Karena gunung yang berada di Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan ini menyajikan panorama sunset yang ciamik banget. Gunung ini dikelilingi beberapa desa diantaranya Desa Somblo dan Ngunut di Utara, Desa Trosono dari timur, Desa Sayutan di Selatan, dan Desa Nguneng di Barat. Jadi, dari ketinggian gunung kamu bisa menyaksikan kesederhanaan desa dari ketinggian.

Yang tidak kalah ciamiknya yaitu adanya kawah mati di tengah-tengah gunung. Untuk mencapai lokasi gunung dari terminal induk Magetan kamu hanya perlu mengeluarkan ongkos sekitar 10 ribu lalu turun di terminal Parang. Dari terminal ini kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 2-3 jam. Dari gunung ini kamu bisa melihat kemegahan gunung Lawu yang merupakan Ikon dari Kota Magetan, dan di sebelah timur pesona Gunung Wilis sempurna meneduhkan mata hatimu.

Telaga Wahyu

Telaga Wahyu, Magetan foto by @arry_muhammad

Telaga Wahyu mungkin gak seterkenal Telaga Sarangan tapi sesungguhnya telaga ini juga gak kalah memesona seperti halnya Telaga Sarangan. Telaga Wahyu berada tidak jauh dari Telaga Sarangan atau hanya berjarak sekitar 3 kilometer dari sisi timur Telaga Sarangan. Telaga dengan luas 10 hektare bisa jadi adalah surga buat kamu yang hobby memancing. Gak hanya memancing, Telaga ini juga sering digunakan sebagai tempat berkemah. Wow, cucok neh. Patut dicoba!

Petirtaan Dwi Sri

pertirtaan dwi sari foto by @samuel_kondang

Kamu pasti kenal Dewi Sri? Naah di Magetan ada sebuah tempat yang bisa membuatmu merasa dekat dengan Dewi Sri. Tempatnya adalah Petirtaan Dewi Sri. Tempat wisata ini terletak di Desa Simbatan, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Magetan. Tempat ini telah disahkan menjadi obyek Wisata Budaya loh.

Situs yang diperkirakan sebagai jejak peninggalan Kerajaan Mataram Hindu atau Mataram kuno ini terdiri atas sebuah bilik utama yang di dalamnya terdapat arca seorang perempuan yang oleh warga sekitar dianggap sebagai Dewi Sri. Dewi Sri merupakan tokoh penting dalam mitologi masyarakat Hindu-Jawa sebagai simbol sumber kehidupan.

Di sekitar Pertirtaan Dewi Sri juga bisa kamu temukan miniatur lumbung 7 buah, fragmen arca 7 buah, palung batu 1 buah, fragmen yoni 1 buah, sumur kuno 1 buah, fragmen kemuncak 1 buah dan lumbung baru 4 buah.

Curug Tirtosari

Curug Tirtosari foto by @menuk.aishi

Curug ini juga terletak di Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan. Harga tiket masuk ke curug ini dijamin sangat terjangkau. Cukup membayar Rp. 9000 yang sudah termasuk parkir, kamu dijamin gak akan nyesel. Untuk mencapai lokasi curug, dari tempat parkir kamu masih harus berjalan kaki sekitar 1 km.

Curug dengan ketinggian terjun sekitar 50 meter ini berada di ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut. Heeem, bisa kamu bayangkan seberapa seger airnya? Curug Tirtosari sebenarnya berada tidak jauh dari Telaga Sarangan.

Lokasi curug ini dapat kamu tempuh dengan kendaraan roda empat dan roda dua. Bahkan sudah ada jasa ojek loh. Setiba di loket kamu masih harus berjalan sekitar 1 km menuju lokasi curug. Jalan setapak menuju lokasi curug dalam keadaan yang sangat baik tapi kamu harus tetap berhati-hati, apalagi saat kamu berkunjung ketika musim hujan.

Sungai Gandong

sungai gandong, Magetan foto by @y_ricky18

Buat masyarakat Magetan Sungai Gandong atau Kali Gandong udah terlalu familiar. Lokasi Sungai Gandong juga gak sulit-sulit amat. Kamu cukup berjalan kaki menyusuri jalan setapak tapi memang harus ekstra hati-hati seh. Sungai Gandong sangat cocok untuk bermain air maklum sungai ini berada tidak jauh dari lereng Gunung Lawu, jadi kesegaran dan kejernihan airnya emang cocok banget buat main air seharian. Yang tak akalah menarik tentunya suasana tenang yang ditawarkan sungai ini. Gak hanya itu, keberadaan bebatuan besar khas daerah pegunungan juga ciamik banget untuk background fotomu.

Demikianlah temapat-temapt wisata yang ada diMagetan,jika ada temapt menarik lainnya diMagetan silahkan tambahkan kekolom komentar yaa.