Sunday , 24 February 2019

Tempat Wisata di Demak Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Demak Yang Wajib Dikunjungi – Demak merupakan daerah yang di kenal masyarakat Indonesia dengan destinasi wisata religi. Banyak orang yang berkunjung ke Demak untuk ziarah ke makam Sunan Kali Jaga ataupun Raden Fatah dan sebagai pelengkap ziarah makam, pastilah pengunjung mengunjungi Masjid Agung Demak.

Kota dengan ciri khas tugu blimbing yang juga sering disebut kota wali ini juga memiliki tempat-tempat wisata yang wajib Anda kunjungi. Untuk mempermudah Traveler dalam menjelajahi wisata di Demak. Kami akan mengulas singkat Objek wisata di Demak sebagai berikut:

Masjid Agung Demak

Foto by: akarnews.com

Masjid Agung Demak berdiri sekitar abad ke-15 dan dibangun oleh sultan pertama yang berasal dari Kesultanan Demak yang bernama Raden Patah, serta di bantu oleh para Wali Songo yang dikenal  sebagai penyiar agama Islam di tanah Jawa. Kabarnya, pembangunan masjid Agung Demak ini dapat selesai dalam waktu tak lebih dari sehari.

Alamat: Kampung Kauman, Kel. Bintoro, Kec. Demak, Bintoro, Kec. Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah

Museum Masjid Agung Demak

Foto by: javaloka.com

Museum Masjid Agung Demak merupakan sebuah museum yang berada  di dalam kompleks Masjid Agung Demak masih di dalam lingkungan alun-alun kota Demak. Museum ini memang tidak terlalu besar, hanya kurang lebih sekitar 4×4 meter. Namun akan tetapi banyak koleksi peninggalan sejarah menarik yang tersimpan di dalamnya.

Alamat: Jl. Sultan Fatah No.41, Bintoro, Kec. Demak, Kabupaten Demak

Makam Sunan Kalijogo

foto by: NasirullahSitam.com

Makam Keramat yang patut untuk di ziarahi adalah makam Kanjeng Sunan Kalijaga. Sunan Kalijaga atau orang jawa juga menyebutnya Sunan Kalijogo merupakan salah satu dari 9 Wali yang menyiarkan agama islam di tanah Jawa.

Kepiawaian beliau dalam menyiarkan ajaran agama islam di tanah Jawa sudah sangat di kenal, bahkan cara beliau dalam menyampaikan agama islam kepada masyarakat dengan gaya yang cukup unik membuat Sunan Kalijaga bisa mendapatkan tempat tersendiri di hati masyarakat Jawa.

Alamat: Kadilangu, Kec. Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah

Makam Terapung Syekh Mudzakir

Foto by: wisataterbaru.com

Kiai mudzakir merupakan salah satu pejuang kemerdekaan dan juga seorang ulama besar di masa nya yaitu di kisaran tahun 1900 hingga 1960 an yang demi memperjuangkan dan menyiarkan ajaran agamanya serta memperjuangkan kemerdekaaan indonesia maka beliau menetap dan melakukan syiar agama islam di pesisir pantai morosari sayung demak.

Alamat: Desa bedono, kecamatan sayung, kabupaten demak

Hutan Mangrove Morosari Sayung

foto by: bentengkampus.com

Di Hutan Mangrove Morosari pangunjung akan menjumpai sebah pemandangan hutan mangrove yang arsi, alami dan sejuk. Ribuan hektar pohon bakau dan ratusan macam jenis burung hidup di kawasan dampak abrasi tersebut. Uniknya lagi tak jauh dari kawasan taman mangrove ini terdapat sebuah makam apung yakni Makam Syekh Mudzakir.

Alamat: Bedono, Sayung, Bedono, Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah

Brown Canyon Demak

foto by: tribunnews.com

Tak perlu jauh-jauh liburan ke Amerika untuk menikmati keindahan atau sekadar berselfie dan groufie berlatar ngarai yang indah.Karena di Indonesia juga ada. Lokasi yang booming di demak ini, setelah gambar-gambarnya tersebar di dunia maya ini dijuluki Brown Canyon Demak.

Layaknya Grand Canyon di Amerika, Brown Canyon di Demak ini juga berupa tebing-tebing hasil pengikisan. Bedanya, tebing di Brown Canyon Demak dikikis manusia sebagai dampak penambangan batu padas.

Alamat: Desa Kebonbatur, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak

Sentra Kerajinan Kaligrafi

Foto by mytrip123.com

Alamat: Kota Demak

Desa Wisata Tlogoweru

foto by: bentengkampus.com

Bermula dari kejengkelan petani di daerah Tlogoweru akibat ulah hama tikus yang merusak Padi. Para petani pun bersepakat untuk memelihara burung hantu dalam jumlah yang cukup besar. Ada lebih dari 200 burung hantu hidup bebas di Desa Tlogoweru,  yang sebagian besar penduduknya seorang petani. Di Desa ini pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan burung hantu jenis tyto alba dan juga ada penangkarannya yang bisa dilihat.

Alamat: Desa Tlogoweru Kecamatan Guntur Kabupaten Demak

Agrowisata Belimbing dan Jambu Merah Delima

foto by DemakCity.Doc

Ada di Desa Betokan, Tempuran, Sidomulyo, Wonosari, dan Mranak

Sentra Batik Demak

foto by demakkublog.wordpress.com

Desa Wedung, Desa Karangmlati, Desa Wedung, Dempet, Bonang, Kauman, Kelurahan Mangunjiwan, Kelurahan Bintoro dan Kelurahan Kadilangu.

Sentra Kerajinan Rebana

Foto by Google

Alamat: Kota Demak

Pantai Moro Demak

Foto by visitmodem.wordpress.com

Alamat: Desa Purworejo Kecamatan Bonang, Demak

Pantai Morosari Demak

Foto by Google

Alamat: Bedono, Sayung, Bedono, Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah

Pantai Glagah Wangi

Foto by Google

Alamat: Desa Tambakbulusan Kecamatan Karangtengah, Demak.

Selamat Berlibur !