Sunday , 24 February 2019

Tempat-Tempat Wisata Di Kota Batu

Berkunjung ke Malang tanpa mampir sebentar di Kota Batu rasanya apes banget. Suasana sejuk kota kecil ini emang sayang banget kalau kamu lewatkan begitu saja. Kota Batu terletak sekitar 90 km sebelah Barat Daya Surabaya atau 15 km sebelah barat laut Malang.

Berada di ketinggian 700-1. 700 meter dpl, Kota Batu dikelilingi banyak banget gunung yaitu Gunung Anjasmoro, Gunung Arjuno, Gunung Banyak, Gunung Kawi, Gunung Panderman, Gunung Semeru, Gunung Welirang dan Gunung Wukir. Gimana guys, bisa kamu bayangkan seberapa sejuk atau seberapa dingin kota ini?

Kota Batu memang surganya wisata guys. Banyak banget tempat wisata kece yang bisa kamu kunjungi disini dan Simak ulasan dibawah ini.

Biar Liburanmu Spektakuler, Kamu Wajib Ke Batu Night Spectaculer

BNS Foto by @odvultdarmawan

Batu Night Spectacular atau yang sering disingkat BNS adalah objek wisata yang tercipta karena terinspirasi oleh kemolekan Kota Batu dengan pemandangan alamnya yang tiada hentinya menarik wisatawan. BNS merupakan tempat hiburan keluarga yang menyatukan konsep mall, market, permainan, sport, dan tentunya hiburan.

Berada di Jl. Hayam Wuruk No. 1, Oro-oro Ombo, Kota Wisata Batu, Kecamatan Batu, BNS menyajikan wahana-wahana kece yang siap menghilangkan letihmu, diantaranya Night Market, Karaoke Keluarga, Game Room, Go Kart, Battle Area, Sirkuit Drag Race, Food Court, Spectacular Show, Panggung Hiburan, Lampion Garden, Bioskop 4 Dimensi, Rumah Hantu, Berburu Hantu, Rumah Kaca, Road Race dan Slalom.

Gak hanya wahana, di BNS juga ada permainan karnival loh, seperti Mini Boom-Boom Car, Mini Train, Rumah Kaca, Rodeo, Sepeda Gila, Trampoline, Playground, Fun House, Gravitron, Laser Mission, Trick Art Gallery, Joy Land, Jump Around, Monkey Jump, Baby Wheel, Sepeda Udara, Disco Bumper Car, Kursi Terbang, Marry Go Round, Ali Baba, , Rockin Tug, Mega Mix, Magic Bounce dan masih banyak lagi.

Wisata BNS buka dari Senin-Kamis mulai pukul 15.00-23.00 dan hari Jumat-Sabtu atau hari libur pada pukul 15.00-24.00. Sedangkan harga tiket yang ditawarkan BNS yaitu saat weekdays sebesar Rp. 20.000 sedangkan saat weekend menjadi Rp. 30.000. Terjangkaukan?

Pengen Lihat Alat Transportasi yang Unik? Ke Museum Angkut Aja

Museum Angkut Foto by @shiddiq_wotu

Siapa yang gak kenal Museum Angkut? Apa, kamu gak kenal? Berarti kamu jalan-jalannya kurang jauh. Museum Angkut adalah museum kece di Kota Batu yang cocok banget buat kamu yang pecinta otomotif. Museum Angkut berlokasi di Jalan Terusan Sultan Agung No. 2 Batu.

Museum Angkut buka tiap hari mulai pukul 12.00  hingga pukul 20.00. Sedangkan untuk tiket masuk museum pada hari biasa cukup Rp 60.000 saja. Tiket saat akhir pekan atau liburan naik menjadi Rp 80.000 per orang.

Ada juga pilihan tiket terusan Museum Angkut & D’topeng Kingdom pada hari biasa di bandrol seharga Rp70.000 per orang. Sedangkan pada akhir pekan dan hari libur cuma Rp 90.000 per orang. Buat kamu-kamu yang suka foto-foto, kameramu gak bisa masuk secara gratis ya guys. Kamu harus bayar Rp30.000 per kamera. Masih mahalan harga lensalah.

Museum Angkut berdiri di atas lahan seluas 3, 7 hektar dan dinobat sebagai museum transportasi terlengkap di Asia. Wuuuuuih. Koleksi transportasi di museum ini lengkap loh. Mulai dari perahu, dokar, pedati, becak, dan sepeda onthel. Bahkan ada juga kapal terbang dan kapal laut dan masih banyak lagi. Museum Angkut terbagi dalam beberaa zona seperti Zona Hall Utama, Zona Edukasi, Zona Sunda Kelapa & Batavia, Zona Gangster Town & Broadway Street, Zona Jepang, Zona Eropa, Zona Istana Buckingham, Zona Las Vegas, Zona Hollywood, Zona Pasar Apung, Zona D’topeng Kingdom.

Wahana udah. Kira-kira Museum Angkut punya fasilitas gak sih? Naah, Museum Angkut ini juga punya fasilitas loh diantaranya tempat beristirahat, ruang merokok, ruang untuk ibu dan anak, toilet untuk penyandang cacat, kursi roda, toilet umum, tempat parkir yang luas, dan paket prewedding. Guys, perlu kamu ketahui kamu tidak diperkenankan membawa makanan di dalam museum jadi sebelum keliling museum, isi perutmu dengan baik dan benar ya guys.

Dinner Romantis Bareng Doi di Pasar Apung

Pasar Apung Foto by @explore_batu

Pasar Apung masuk dalam kawasan Museum Angkut jadi kamu bisa membeli tiket terusan saat akan masuk menuju Museum Angkut. Apa yang bisa kamu lakukan di Pasar Apung? Gak usah pura-pura nanya. Ya belanjalah! Belanja makanan atau oleh-oleh khas Kota Batu dan Malang.

Bayangkan betapa nikmatnya secangkir kopi atau teh panas saat malam di Kota Batu yang menggigil. Duh, kok rasa-rasanya enak banget yak. Gak hanya makan dan beli oleh-oleh, disini kamu juga bisa loh berkeliling Pasar Apung dengan perahu. Biaya sewa perahunya cuma Rp. 10.000 guys.

Tongkrongannya Anak Gaul Batu Saat Malam Minggu

Puncak Panderman Kota Batu Foto by @rezatri

Namanya Puncak Panderman? Ok, jadi ini adalah Gunung Panderman. Itu loh gunung yang menjadi background Kota Batu. Jadi saat di Kota Batu, dimanapun kamu berdiri, kamu akan dibayang-bayangi pesona Gunung panderman ini. Nah, puncak gunung ini sering banget dipakai anak gaul Kota Batu dan Malang untuk menghabiskan malam minggu.

Untuk mendaki Gunung Panderman ada dua jalur ya guys. Ada jalur via Dukuh Toyomerto, Desa Pesanggrahan dan jalur Curah Banteng. Kamu sebaiknya memilih jalur pertama yang sudah biasa digunakan oleh para pendaki yak.

Kamu bisa langsung cus ke Dukuh Toyomerto, Desa Pesanggrahan yang merupakan dukuh terakhir sebelum petualanganmu dimulai. Disini kamu bisa menitipkan kendaraan dan mengurus perijinan. Gimana guys? Kamu tertarik?

Meskipun Kota Batu Dingin, Bukan Berarti Kamu Gak Bisa Main Air. Mari Main Air di Coban Rais

Coban Rais Dusun Dresel Desa Oro-Oro Ombo Kota Batu Foto by @alwi_sm

Coban Rais terletak di Dusun Dresel, Desa Oro-Oro Ombo, Batu. Pokoknya lokasinya gak jauh-jauh amat kok dari Kota Batu. Akses menuju Coban Rais bisa kamu mulai dari BNS, lalu lurus kearah Kota Wisata Batu dan belok kiri pada pertigaan pertama lalu terus memacu kendaraan kamu sampai kantor BATU TV.

Nah dari sini Coban Rais tuh udah gak jauh-jauh amat kok. Kamu akan menemukan loket masuk menuju Coban Rais. Disini kamu tinggal membayar tiket masuk sebesar Rp. 5000/orang dan parkir motor Rp. 1000/motor. Kalau kamu bawa mobil, kamu cukup membayar Rp. 5000 aja.

Ok, dari loket ini kamu masih harus berjalan kaki menuju lokasi Coban Rais, kira-kira 2 km. Gak apa-apalah yak. Kamu bakal melewati sungai kecil. Nah setelah itu kamu bisa langsung nyebur ke kolam air terjun ini. Gak hanya main air, buat kamu yang ingin camping, boleh kok. Soalnya disini juga udah ada camping groundnya.

Main Ke Kebun Binatang Modern Yuk

Batu Secret Zoo Jatimpark 2 Kota Foto by @titusmahardika

Lagi nyari tempat wisata kebun binatang plus tempat wisata dengan konspe modern? Ok, kamu wajib pake banget mengunjungi Batu Secret Zoo. Wisata kece ini terletak di jatung Kota Batu dengan luas lahan sekitar 14 ha. Wooow, itu isinya apa aja yak?

Yang pasti karena ini adalah kebun binatang, so disini pasti punya koleksi hewan yang lucu-lucu banget. Rata-rata koleksi hewan di Batu Secret Zoo adalah hewan dari Asia dan Afrika seperti singa putih, kijang afrika, burung macau, dan bermacam-macam reptil, dan juga gajah Sumatra. Itu hewan-hewan agak nyeremin sih. Tapi ada juga kok hewan-hewan yang lucu. Gak hanya melihat-lihat hewan, disini kamu juga bisa bermain sepuasnya di Giant Wheel, Log Flume, Kidz Zone, dan River Adventure yang kece abis.

Batu Secret Zoo buka setiap hari loh, mulai pukul 10.00 – 18.00. Sedangkan harga tiketnya untuk hari Senin-Kamis sebesar Rp 55.000,00. Tapi buat kamu yang berkunjung saat hari Jumat-Minggu, kamu wajib bayar Rp 65.000,00. Gak mahal-mahal amatlah.

Olahraga Ekstrim Tapi Kece di Gunung Banyak

Puncak Paralayang Gunung Banyak Kota Batu Foto by @chalriz

Naah saat kamu berada di Gunung Banyak, jangan sampai melewatkan olahraga kecenya. Olahraga apa sih? Paralayang. Bayangkan bagaimana kamu akan terbang sejenak, mengamati Kota Batu yang memesona dari ketinggian.

Gunung Banyak memiliki ketinggian sekitar 1315 mdpl  dan selalu dijadikan tempat untuk eksekusi olahraga Paralayang. Jadi, buat kamu yang pecinta olahraga Paralayang, kamu wajib kesini deh. Lokasi Paralayang berada sekitar Kecamatan Pujon atau tidak jauh dari Coban Rondo.

Tertarik mencoba? Kamu wajib membayar tiket dulu ya. Mulai dari Rp.350.000 plus instruktur berlisensi, transportasi kembali ke tempat terjun dan asuransi. Gimana? Sudah tidak sabar

Yang Suka Main Ke Taman, Kamu Wajib Ke Taman Selecta

Selecta Kota Batu Foto by @akbarirwansyahIni dia wisata favoritnya anak muda hingga anak yang gak muda di Kota Batu dan sekitarnya. Hehehe. Pokoknya Taman Selecta ini adalah wisata sejuta umat gitu deh.  Taman Selecta  berlokasi di Desa Tulungrejo Kota Batu.

Untuk masuk ke kawasan Taman Selecta, kamu harus membayar Rp. 15.000/orang. Gimana guys murahkan? Nah untuk fasilitas di Taman Selecta sendiri ada taman wisata hiburan, taman bunga, kolam renang, dan area outbond/flying fox.

Puncak Selecta merupakan favorit pengunjung. Matamu akan dimanjakan oleh pemandangan pegunungan dan taman bunga yang luas membentang. Asal muasal nama Taman Selecta konon merupakan kata dalam bahasa Belanda yang artinya adalah pilihan. Emang iya sih, Taman Selecta memang pilihan wisata semua orang. Termasuk kamu! So, ayo siap-siap kesini.

 Omah Kayu. Omah yang Lagi Ngetrend Banget

Omah Kayu Puncak Paralayang Foto by @chalriz

Nah, yang satu ini juga gak jauh dari lokasi Paaralayang loh. Masih sama-sama berada di kawasan Gunung Banyak. Hanya berjarak sekitar 25 km dari Malang.

Omah yang berarti rumah dan kayu. Aaah, masa sih kamu gak tahu kayu itu apa. Intinya Omah Kayu adalah rumah yang berdiri gagah di atas kayu gitu. Jadi Omah Kayu ini adalah penginapan yang disewakan untuk umum. Didirikan pada tahun 2014, Omah Kayu menyiapkan 6 unit kamar dengan kapasitas 2 orang atau 3 orang. Rumah ini bertengger dengan cantiknya di atas batang pohon yang menjulang sekitar 10 meter.

Biaya untuk menginap di rumah pohon ini sama sekali gak mahal kok guys. Kamu cukup merogoh kantong sekitar Rp 300.000 untuk weekday dan Rp 450.000 untuk weekend untuk melewati malammu di sini.

Nah yang kecenya adalah kalau kamu menginap disini, kamu akan diberi 2 bibit pohon yang wajib ditanam disekitar area Omah Kayu. Ini wajib loh guys. Uniknya, kamu bisa kok menamai pohonmu sendiri. Buat kamu yang gak kuat nginep tapi pengen moto-moto di Omah Kayu, boleh banget. Kamu cukup bayar tiket masuk sebesar Rp 5.000.

Main Airnya Belum Berakhir. Mari Ke Coban Talun

Coban Talun Waterfall Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu Foto by @restii_ariani

Nah, Coban Talun ini sama halnya dengan Coban Rais juga gak susah dicapai kok. Soalnya Coban Talun berada tidak jauh dari Taman Selecta atau tepatnya berada di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu . Untuk menikmati kesejukan air di Coban Talun, kamu cukup membayar Rp. 4.000 per orang. Kalau kamu bawa motor, motormu cukup bayar Rp. 1.000 aja. Nah, setelah membayar tiket di pintu masuk, kamu bisa kembali melanjutkan perjalanan dengan kondisi jalan yang lebih ekstrim lagi.

Tidak lama kemudian kamu akan tiba di parkiran. Nah, disini juga ada sebuah warung kecil jadi kalau kamu mau jajan, silakan jajan saja sebelum kamu berangkat ke lokasi Coban Talun. Untuk mencapai lokasi Coban Talun kamu harus melewati sungai. Di tepi sungai ini juga disiapkan camping ground loh. Setelah melewati sungai, kamu akan masuk lebih jauh ke dalam hutan. Hingga menemukan persimpangan lalu belok kiri. Hati-hati ya guys soalnya tidak ada petunjuk jalan menuju Coban Talun.

Jarak dari parkiran tadi ke Coban Talun sekitar 1 km aja. Ok, siap-siap nyebur ya. Hati-hati ya guys, soalnya aliran Coban Talun cukup deras jangan sampai kamu kebawa arus. Hehehe. Dan kabar baiknya, Coban Talun masih sangat alami dan cukup hening jadi kamu bisa relasasi seharian disini.