Sunday , 24 February 2019

Tempat Rekreasi di Banjarmasin yang Begitu Memukau

Tempat Rekreasi di Banjarmasin yang Begitu Memukau

Tempat rekreasi di Banjarmasin menjadi tujuan para wisatawan ketika berkunjung di Kalimantan Selatan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan lokal. Sebab, Kota Banjarmasin menyediakan berbagai tempat rekreasi yang dapat memukau mata para wisatawan dengan keindahan alamnya yang luar biasa.

Kota Banjarmasin adalah salah satu kota terbesar di Kalimantan Selatan. Selain sebagai ibukota Kalimantan Selatan, Banjarmasin juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk bisa menikmati keindahan alam beserta berbagai objek wisata. Dengan banyaknya wisatawan yang datang ke Banjarmasin dapat memberikan berbagai keuntungan bagi pemerintah daerah serta bagi masyarakat.

Tempat Rekreasi di Banjarmasin yang Begitu Memukau

Berikut beberapa tempat rekreasi di Banjarmasin yang dapat memukau para wisatawan dengan keindahan alamnya:

1. Tempat Rekreasi di Banjarmasin: Pasar Apung Siring

Salah satu tempat rekreasi di Banjarmasin yang menjadi daya tarik wisatawan adalah Pasar Apung Siring. Pasar apung ini bisa dijumpai di Desa Gadang, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin. Tempat rekreasi di Banjarmasin ini menyajikan pemandangan yang sangat unik, di mana perahu-perahu khas Kalimantan memenuhi sebuah area sungai dengan membawa berbagai hasil bumi seperti buah-buahan dan sayuran segar.

Baca Juga:  Pasar Terapung Lok Baintan, Wisata Belanja Paling Unik di Kalsel
Pasar Terapung Siring
Pasar Terapung Siring

Perahu-perahu ini digunakan untuk melaksanakan transaksi jual beli berbagai hasil panen dan produk olahan antara masyarakat setempat. Transaksi jual beli yang ada di atas sungai ini juga bisa dilakukan dengan sistem barter atau pertukaran barang. Hal ini menjadikan suasana dan aktivitas di Pasar Apung Siring menjadi lebih tradisional dan sangat khas.

2. Tempat Rekreasi di Banjarmasin: Rafting Bambu Sungai Amandit

Tempat rekreasi di Banjarmasin yang satu ini menawarkan rekreasi dengan konsep petualangan berupa melakukan kegiatan rafting. Yang lebih menantang lagi, alat rafting yang digunakan adalah rakit dari bambu, bukan perahu karet seperti rafting pada umumnya. Tempat rekreasi ini terletak di Kawasan Wisata Laksodo di Sungai Amandit, Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Rakit Bamboo Sungai Amandit
Rakit Bamboo Sungai Amandit

Selain menjadi wisata petualangan yang menantang, tempat rekreasi di Banjarmasin ini juga menyajikan pemandangan alam yang luar biasa. Selama rafting, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan dinding-dinding sungai berupa bebatuan yang ditutupi oleh semak belukar. Air dari Sungai Amandit juga berwarna biru muda dan sangat jernih. Bagi wisatawan yang mencari rekreasi berupa petualangan alam, Rafting Bambu Sungai Amandit bisa menjadi salah satu pilihan yang paling direkomendasi.

Baca Juga:  Amanah Borneo Park, Wisata Keluarga Paling Rekomended

3. Tempat Rekreasi di Banjarmasin: Air Terjun Bajuin

Tempat rekreasi lain di Banjarmasin yang tak kalah memukau adalah Air Terjun Bajuin. Wisatawan yang hobi tracking untuk menikmati keindahan alam sangat direkomendasikan untuk berisata ke Air Terjun Bajuin. Untuk bisa menikmati keindahan alam dari air terjun ini, wisatawan harus berjalan kaki menembus hutan lebat terlebih dahulu.

Indahnya Air Terjun Bajuin
Indahnya Air Terjun Bajuin

Setelah berjalan kaki menembus hutan, maka wisatawan akan sampai di Air Terjun Bajuin yang masih sangat asri. Air Terjun Bajuin memiliki ketinggian sekitar 25 meter, dengan debit air yang cukup besar, sehingga tercipta pemandangan yang begitu indah. Air yang cukup deras menggerojog ke atas bebatuan menimbulkan suara yang cukup kencang serta menghasilkan percikan air yang menjadikan udara lembab. Batuan hitam yang tertutup lumut dan tubuhan paku membuat suasana di kawasan air terjun ini semakin alami.

4. Tempat Rekreasi di Banjarmasin: Malam di Jembatan Barito

Selain tempat rekreasi di Banjarmasin yang menyajikan pemandangan alam yang luar biasa, terdapat tempat rekreasi di Banjarmasin yang menyajikan keindahan jembatan yang melintang di atas Sungai Barito. Wisatawan yang datang ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan, dapat menikmati keindahan suasana yang tercipta dari lampu-lampu yang ada di Jembatan Barito. Lampu-lampu yang terpasang di Jembatan Barito menimbulkan pantulan cahaya di atas Sungai Barito, ditambah dengan suasana malam dengan langit yang penuh bintang.

Baca Juga:  Bukit Rimpi, Padang Sabana Tercantik asal Pelaihari Kalimantan Selatan

Wisatawan dapat menikmati pemandangan malam yang indah ini sambil menikmati makanan dan minuman yang bisa diperoleh dari warung makan yang ada di sekitar Sungai Barito. Temat rekreasi di Banjarmasin yang satu ini sangat tepat untuk menikmati waktu malam di Banjarmasin beserta pasangan atau keluarga.

Tempat rekreasi di Banjarmasin menyajikan berbagai pemandangan yang dapat memukau wisatawan. Berbagai tempat rekreasi di Banjarmasin tersebut di atas harus dimasukkan ke dalam daftar kunjungan ketika berlibur di Banjarmasin.