Sunday , 24 February 2019

Tempat Rekreasi di Balikpapan yang Wajib Dikunjungi

Tempat Rekreasi di Balikpapan yang Wajib Dikunjungi

Tempat rekreasi di Balikpapan saat ini telah berkembang pesat. Bahkan saat ini jumlah tempat rekreasi di Balikpapan telah meningkat pesat setelah dikelola oleh pemerintah daerah untuk mengembangkan potensi wisata di Balikpapan. Berbagai jenis wisata dikelola dan dikembangkan oleh pemerintah daerah untuk memajukan Balikpapan dari segi pariwisata.

Beberapa tempat rekreasi di Balikapapn merupakan wisata alam yang mempesona dan memukau pengunjung. Beberapa tempat rekreasi lainnya adalah wisata buatan, dan tempat rekreasi bersejarah. Semua ini dikembangkan untuk bisa menarik wisatawan, baik itu domestik maupun mancanegara. Dengan banyaknya wisatawan yang masuk ke Balikpapan, maka kota ini akan semakin dikenal oleh dunia, berkembang, dan mensejahterakan masyarakat.

Tempat Rekreasi di Balikpapan yang Wajib Dikunjungi Ketika Liburan

Beberapa tempat rekreasi di Balikpapan yang wajib dikunjungi ketika liburan telah tiba di antaranya sebagai berikut:

1. Tempat Rekreasi di Balikpapan: Hutan Bakau Margomulyo

Salah satu tempat rekreasi di Balikpapan yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan adalah Hutan Bakau Margomulyo. Hutan Bakau ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam menjaga kelestarian alam sekaligus menjadikannya sebagai tempat rekreasi. Di dalam Hutan Bakau Margomulyo, pengunjung dapat menikmati keindahan hamparan bakau yang sangat rapat dan begitu hijau.

Hutan Mangrove Margomulyo Balikpapan
Hutan Mangrove Margomulyo Balikpapan

Pengunjung dapat melalui jembatan kayu yang telah dibangun oleh pihak pengelola, yang terbentang cukup panjang dan menambah keunikan tersendiri dari Hutan Bakau Margomulyo ini. Hutan bakau ini juga menjadi habitan kawanan Bekantan dan monyet lain. Di sini juga tersedia menara intai untuk mengamati burung-burung yang hidup di dalam hutan bakau. Dengan suasana yang begitu asri dan tenang seperti ini, pengunjung dapat bersantai, menghilangkan penat dan merefresh pikiran.

2. Tempat Rekreasi di Balikpapan: Pantai Lamaru

Tempat rekreasi di Balikpapan yang juga menjadi favorit para pengunjung adalah Pantai Lamaru. Pantai ini menyajikan pemandangan pantai yang masih sangat asri, dengan hamparan pasir cokelatnya, serta dihiasi oleh deretan pohon cemara yang digunakan sebagai penghalang angin dan suara kerasnya ombak pantai.

Pantai Lamaru Balikpapan
Pantai Lamaru Balikpapan

Dengan biaya retribusi yang hanya Rp 2000 rupiah saja, serta biaya parkir antara 2500 – 15000, pengunjung dapat menikmati keindahan Pantai Lamaru. Pengunjung juga bisa menikmati sunset di Pantai ini sembari menikmati makanan dan minuman dari sejumlah warung yang ada di sepanjang Pantai Lamaru.

Baca Juga:  Mengetahui Tempat Bersejarah di Balikpapan, Peninggalan Jepang

3. Tempat Rekreasi di Balikpapan: Hutan Lindung Sungai Wain

Tempat rekreasi di Balikpapan yang tak kalah menarik minat pengunjung adalah Hutan Lindung Sungai Wain. Di tempat rekreasi alam ini, maskot Kota Balikpapan banyak berkembang biak, yakni beruang. Hutan ini memang ditujukan sebagai hutan lindung untuk melindungi kelestarian berbagai macam flora dan fauna yang dilindungi oleh pemerintah.

Hutan Lindung Sungai Wain
Hutan Lindung Sungai Wain

Berbagai hewan seperti Bekantan, Orangutan, serta berbagai tumbuhan endemik Balikpapan, Kalimantan juga tersedia di dalam Hutan Lindung Sungai Wain. Hutan ini terletak di Jalan Balikpapan – Samarinda, KM 23. Pengunjung dapat menikmati keindahan flora dan fauna di dalam hutan lindung ini dengan biaya sekitar 350 ribu untuk 1 – 6 orang. Pengunjung dapat memilih tour yang tersedia yang telah disertakan dengan pemandu wisata yang akan menemani dan menjelaskan dalam penyusuran Hutan Lindung Sungai Wain.

4. Tempat Rekreasi di Balikpapan: Pantai Manggar

Tempat rekreasi di Balikpapan yang menjadi favortit para pengunjung adalah Pantai Manggar. Pantai ini selalu ramai oleh pengunjung yang ingin menikmati pesona dan keindahan Pantai Manggar. Hamparan pasir cokelatnya yang begitu lembut, ombak yang tenang, serta banyaknya tempat naungan pohon cemara menjadikan Pantai ini sangat cocok untuk bermain dan bersantai bersama dengan keluarga maupun bersama dengan teman-teman.

Pantai Manggar Balikpapan
Pantai Manggar Balikpapan

Pantai ini juga telah menyediakan berbagai fasilitas untuk meningkatkan kenyamanan para pengunjung, seperti toilet, tempat ibadah, warung makan, jet ski, dan banana boat. Dengan biaya retribusi dan biaya parkir yang sangat terjangkau, pengunjung dapat menghabiskan waktu berlibur di Pantai Manggar yang sangat nyaman dan menenangkan. Apabila berkunjung ke Balikpapan, maka Pantai Manggar harus masuk ke dalam daftar kunjungan.

5. Tempat Rekreasi di Balikpapan: Bukit Bangkirai Balikpapan

Bukit Bangkirai juga merupakan salah satu tempat rekreasi di Balikpapan yang menjadi unggulan. Di tempat rekreasi ini, pengunjung dapat menikmati keindahan Bukit Bangkirai di Balikpapan yang ditutupi oleh hutan pepohonan yang lebat dan tinggi. Selain itu, di bukit ini telah disediakan jembatan tali dan papan yang menghubungkan 5 Pohon Bangkirai. Pengunjung pun dapat menikmati keindahan hutan dari atas jembatan ini, atau mengabadikan momen dari atas rumah pohon. Pengamatan burung juga dapat dilakukan dari atas rumah pohon tersebut karena posisinya yang cukup tinggi.

Baca Juga:  Indahnya Pantai Kemala Balikpapan
Jembatan Gantung Bukit Bangkirai
Jembatan Gantung Bukit Bangkirai

6. Tempat Rekreasi di Balikpapan: Pantai Melawai

Pantai Melawai merupakan salah satu pantai dari deretan pantai di Balikpapan. Keindahan alam yang ditawarkan di Pantai Melawai begitu mempesona. Terlebih lagi apabila berkunjung ke Pantai Melawai ketika sore hari. Maka pengunjung dapat menikmati keindahan sunset di Kota Balikpapan. Bersama dengan pasangan atau bersama dengan keluarga, maka sunset di Balikpapan menjadi lebih berkesan dan begitu indah, sembari menikmati makanan dan minuman dari warung-warung di pesisir pantai.

sunset di pantai melawai
Sunset di Pantai Melawai

7. Tempat Rekreasi di Balikpapan: Keindahan Gunung Dubs

Salah satu tempat rekreasi di Balikpapan yang cocok dinikmati ketika senja atau malam hari adalah keindahan kota dari Gunung Dubs. Dari atas gunung ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan yang luar biasa berupa langit dan permukaan pantai yang jingga di senja hari. Selain itu, dari atas Gunung Dubs ini, gemerlap kapal dan lampu dari bangunan-bangunan nampak begitu indah. Dari atas sini, juga nampak tangki-tangki dari kilang minyak yang ada di Balikpapan. Pemandangan seperti ini sangat menenangkan ketika dinikmati bersama dengan pasangan maupun dengan keluarga ketika berjunjung ke Balikpapan.

View Dari Gunung Dubs
View Dari Gunung Dubs

8. Tempat Rekreasi di Balikpapan: Pulau Segajah

Pulau Segajah merupakan salah satu tempat rekreasi di Balikpapan yang menjadi rekomendasi bagi wisatawan yang berlibur di Kalimantan. Pulai ini memiliki keindahan yang begitu luar biasa, terlebih lagi pada dunia bawah lautnya. Banyak flora dan fauna yang beraneka ragam yang tinggal di kawasan terumbu karang Pulau Segajah. Hal ini menjadikan para pengunjung yang menikmati keindahan bawah laut Pulau Segajah begitu betah. Namun demikian, Pulau Segajah hanya bisa dikunjungi ketika siang hari, sebab ketika malam hari, pulau ini tertutup oleh kondisi pantai yang pasang. Meskipun hanya bisa diakses ketika siang hari, keindahan yang ada di Pulau Segajah ini sungguh luar biasa dan tidak boleh dilewatkan para wisatawan ketika berkunjung di Balikpapan.

Pulau Segajah Kaltim
Pulau Segajah Kaltim

9. Tempat Rekreasi di Balikpapan: Danau Cermin Lamaru

Danau Cermin Lamaru merupakan salah satu tempat rekreasi di Balikpapan yang telah banyak dikenal oleh para traveller. Hal ini sangat pantas, sebab keindahan di danau ini sangat mempesona sekaligus menimbulkan ilusi mata yang begitu memukau. Ketika pengunjung menaiki perahu kecil khas Kalimantan, karena jernihnya air danau, bayangan perahu nampak sampai ke dasar. Hasilnya adalah timbulnya sebuah tipuan mata yang menjadikan perahu seakan-akan melayang di atas permukaan air danau. Mungkin hal tersebutlah yang menjadi asal usul nama danau ini, yakni Cermin Lamaru.

Baca Juga:  Pulau Kakaban, Asiknya Berenang Bareng Ubur-Ubur Dan Koral di Kalimantan Timur
danau cermin balikpapan lamaru
Credit: genmuda.com

Kondisi air di Danau Cermin Lamaru memang begitu jernih, dengan dasar danau yang berupa bebatuan, sehingga bayangan dari benda di permukaan danau akan jatuh pada bebatuan. Kemudian, jika foto diambil dari angel yang pas, maka akan muncul sebuah ilusi yang menjadikan benda tersebut seakan-akan melayang. Danau Cermin Lamaru harus menjadi salah satu tujuan wisata ketika berlibur di Balikpapan. Dijamin pengunjung akan takjub melihat keindahan Danau Cermin Lamaru.

10. Tempat Rekreasi di Balikpapan: Penangkaran Buaya Teritip

Penangkaran Buaya Teritip menjadi salah satu tempat rekreasi di Balikpapan yang memberikan edukasi mengenai buaya lokal. Penangkaran buaya ini terdapat di Kelurahan Teritip, Balikpapan Timur, Balikpapan, Kalimantan Timur. Terdapat lebih dari 1.450 ekor buaya dengan berbagai spesies yang ditangkar di penangkaran ini. Penangkaran ini dikategorikan menjadi 4 kategori, yakni anakan, penggemukan, remaja, serta induk. Dengan biaya sekitar 10 ribu sampai 15 ribu, pengunjung dapat melihat dan mendapatkan wawasan mengenai buaya di penangkaran ini. Bagi pengunjung yang hobi untuk berwisata kuliner, penangkaran ini juga menyediakan wisata kuliner berupa berbagai olahan daging buaya. Berdasarkan penuturan warga setempat, daging buaya mampu memiliki berbagai khasiat bagi kesehatan. Produk yang tersedia di penangkaran ini antara lain adalah sate buaya, minyak buaya, tangkur, serta berbagai jenis souvenir yang bisa didapatkan oleh pengunjung dengan harga yang terjangkau.

Tempat rekreasi di Balikpapan menyajikan pesona alam serta kekayaan alam yang begitu luar biasa bagi para wisatawan. Beberapa tempat rekreasi di Balikpapan tersebut harus masuk ke dalam daftar kunjungan wisatawan ketika liburan.