Sunday , 24 February 2019

Teluk Sulaiman, Pesona Keindahan Tersembunyi di Ujung Timur Berau

Teluk Sulaiman

Teluk Sulaiman, Pesona Keindahan Tersembunyi di Ujung Timur Berau – Beberapa bulan lagi tak terasa sudah memasuki penghujung di akhir tahun 2018, pastinya banyak dari Anda yang merencanakan konsep dan letak perayaan malam tahun baru bersama orang-orang tersayang mulai dari sekarang.

Terlebih kini banyak objek wisata di Indonesia yang layak untuk dieksplor akan keindahannya yang menakjubkan dan tak kalah dengan tempat wisata di negara-negara besar lainnya di Asia. Lantas kemana tempat plesiran untuk merayakan malam tahun baru 2019 ini?

Nah, banyak orang yang mengetahui bahwa Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang menawan yang dilengkapi pula dengan kawasan wisata yang menarik perhatian. Pastilah objek wisata Pulau Dewata banyak disesaki oleh pengunjung lokal dan mancanegara, nah tak kalah indah dengan Pulau Dewata, cobalah Anda mengagendakan plesiran di Kalimantan Timur tepatnya di Kabupaten Biduk-Biduk yaitu Teluk Sulaiman.

Keindahan di Teluk Sulaiman Biduk Biduk

Tak kalah menariknya dengan Bali, Kaltim khususnya Biduk-Biduk ini memiliki objek wisata favorit banyak wisatawan untuk menghabiskan masa liburannya bersama orang-orang terkasih. Sesuai namanya, objek wisata Teluk Sulaiman ini berupa wisata bahari yang sangat elok nan menakjubkan, pasalnya kita disuguhkan dengan luasnya hamparan laut yang berdindingkan perbukitan hijau nan rindang menambah suasana semakin sejuk dan asri. Keelokan kawasan wisata Teluk Sulaiman ini semakin tak lengkap dengan puluhan ekor burung camar yang melik-liuk dengan lincahnya diatas laut dengan debit tenang ini.

Indahnya Teluk Sulaiman
Indahnya Teluk Sulaiman

Teluk Sulaiman termasuk salah satu dermaga yang berada di Kabupaten Biduk-Biduk, Kalimantan Timur yang digunakan untuk akses menuju Kepulauan Derawan dan Singalaki. Tak heran jikalau setiap harinya banyak kapal yang berlalau lalang di objek wisata Teluk Sulaiman ini untuk mengantarkan pengunjung ke pualu-pulau dan teluk-teluk sekitar lokasi wisata Teluk Sulaiman ini. Sebab selain dapat berkunjung ke Kepulauan Derawan dan Singalaki, jika Anda berkunjung ke spot wisata Teluk Sulaiman ini Anda juga bisa sekalian menyambangi Teluk Sumbang dan Pulau Kaniungan yang letaknya tak jauh dari Teluk Sulaiman ini.

Baca Juga:  Rute, Fasilitas dan Harga Tiket Wisata Hijau Kebun Raya Balikpapan

Namun bagi yang enggan berwisata ke Kepulauan Derawan karena satu dan lain hal Anda bisa memilih objek wisata Teluk Sulaiman ini sebagai pilihan liburan Anda. Selain menikmati indahnya panorama yang dilengkapi dengan laut dan hamparan pasir putih yang bersih dan luas, Anda juga bisa berinteraksi atau bercengkrama dengan warga sekitar sembari menyaksikan kearifan lokal yang mungkin jarang dijumpai di lingkungan sekitar Anda. Melihat potensi alamnya yang sangat menakjubkan, maka tak heran jikalau saat senja tiba kawasan wisata Teluk Sulaiman ini selalu dipadati banyak pengunjung mulai dari wisatawan asing yang istirahat sejenak sembari menunggu kapal untuk mengantaraknnya ke Kepulauan Derawan dan warga sekitar untuk menyaksikan indahnya keajaiban matahari tenggelam di spot terbaik Bumi Sanggam ini.

Aktivitas Seru di Teluk Sulaiman

Banyak sekali aktivitas yang bisa kita lakukan di wisata Teluk Sulaiman ini, seperti berenang atau bermain air. Namun jika tak ingin basah-basahan Anda bisa menyewa perahu kepada masyarakat sekitar untuk mengitari Teluk Sulaiman sembari merasakan indah dan sejuk panorama yang ditawarkan oleh lokasi wisata terbaik di Kalimantan Timur ini.

Baca Juga:  4 Tempat Hunting di Balikpapan yang Begitu Indah
Dermaga Teluk Sulaiman
Dermaga Teluk Sulaiman

Sedangkan bagi Anda yang memiliki hobi fotografi, kawasan wisata Teluk Sulaiman ini juga memiliki tempat yang sangat fotogenik sekali lengkap dengan dermaga yang menjorok ke tengah laut yang tentunya bisa digunakan sebagai salah satu spot foto terbaik. Bahkan jikalau beruntung dan cuaca cerah bisa melihat secara langsung deretan pegunungan yang ada di seberang lautan tepatnya di kota Palu dengan mata telanjang.

Fasilitas Lengkap di Teluk Sulaiman

Pemerintah bersama warga sekitar senantiasa menjaga dan merawat kawasan wisata Teluk Sulaiman ini beserta objek wisata lainnya di Kalimantan Timur guna menarik perhatian pengunjung, selain menjaga kebersihan dan keamanan tentunya juga tersedia deretan fasilitas yang sudah memadai dan dapat menunjang aktivitas liburan Anda. Seperti peralatan snorkling yang dapat Anda sewa guna menikmati keindahan bawah laut Teluk Sulaiman yang memiliki terumbu karang rapi lengkap dengan biota lautnya yang cukup bervariasi, terlebih Teluk Sulaiman ini memiliki debit air yang tenang sehingga memudahkan Anda menikmati keindahan dasar teluk ini.

Fasilitas lain yang ada di Teluk Sulaiman adalah adanya tempat penginapan lengkap dengan fasilitas yang mumpuni terlebih jika Anda berasal dari luar kota pastilah keberadaan tempat penginapan cukup membantu guna melepas rasa lelah setelah seharian berkeliling disini. Anda juga akan dimanjakan dengan deretan kedai yang menjajakan berbagai jenis makanan laut hingga makanan khas nusantara dengan berbagai macam pilihan dijamin mampu menggoyang lidah Anda dengan perpaduan bumbu-bumbu yang memiliki aroma menggugah selera.

Baca Juga:  Bukit Alpha Balikpapan Menampilkan Keindahan Ilalang yang Mempesona

Akses Lokasi Teluk Sulaiman

Meskipun untuk menuju Teluk Sulaiman ini perlu melakukan perjalanan darat yang panjang dan melelahkan, sebab lama perjalanan yang wajib Anda tempuh kurang lebih sekitar 6 jam lamanya dari Tanjung Redeb ibukota Kabupaten Berau. Tetapi tak perlu khawatir akan jenuh di perjalanan, sebab di perjalanan Anda juga akan melewat dua objek wisata terkenal lainnya di Kalimantan Timut yaitu Danau Dua Rasa dan Air Panas Biatan dengan deretan pepohonan yang menjulang tinggi dengan rindangnya semakin membuat perjalanan panjang tak terasa melelahkan. Sesampainya disana Anda juga akan disambut dengan hembusan angin semilir dengan lembutnya, seraya memberi sambutan kepada siapaun yang datang.

Sementara itu bagi Anda yang berasal dari luar kota mungkin akan kebingungan mencari akses menuju ke lokasi teluk paling cepat. Oleh sebab itu, sebaiknya ikuti koordinat link google maps disini agar cepat sampai tujuan tanpa harus tersesat terlebih dulu. Namun bila memang masih bingung, Anda pun masih bisa bertanya masyarakat setempat yang biasanya banyak beraktivitas disana.

Nah, itulah pembahasan mengenai tempat wisata Teluk Sulaiman yang bisa Anda jadikan referensi sebagai detinasi wisata untuk mengisi waktu liburan tahun baru Anda bersama kekasih atau keluarga tercinta. Selamat menikmati suguhan yang ditawarkan oleh objek wisata yang maha menakjubkan ini. Semoga artikel diatas bermanfaat dan menambah wawasan Anda sebelum berlibur kesana. Salam.