Sunday , 24 February 2019

Souvenir Khas Balikpapan yang Menyimpan Kenangan

Souvenir khas Balikpapan menjadi salah satu buruan para wisatawan yang berkunjung di salah satu kota di Kalimantan Timur ini. Setiap daerah memiliki budaya dan ciri khas yang berbeda-beda, di mana budaya dan ciri khas ini biasanya akan dijadikan sebagai tema souvenir suatu daerah pariwisata. Dengan adanya souvenir yang khas dari masing-masing daerah, maka wisatawan dapat menyimpan kenang-kenangan daerah wisata yang telah dikunjunginya.

Liburan terasa tak lengkap jika tidak ada oleh-oleh yang akan diberikan bagi teman-teman, saudara, atau tetangga. Oleh-oleh menjadi barang bawaan bagi orang yang pulang berlibur di suatu tempat. Biasanya, oleh-oleh yang akan dibawa oleh wisatawan adalah berbagai makanan dan souvenir yang khas dari tempat berliburnya tersebut.

Beberapa Souvenir Khas Balikpapan yang Menarik

Souvenir khas Balikpapan sendiri terdiri dari berbagai hal yang mencirikan Kota Balikpapan dan dapat kamu temui di banyak tempat wisata Balikpapan. Berikut beberapa souvenir khas Balikpapan yang menarik dan bisa dijadikan sebagai oleh-oleh bagi para wisatawan:

Baca Juga:  Warna-Warni Kampung Teluk Seribu Balikpapan

1. Souvenir Khas Balikpapan: Songket Balikpapan

Salah satu souvenir khas Balikpapan adalah kain songket. Balikpapan juga memiliki kain songket yang khas dan terkenal. Umumnya, yang dijadikan sebagai souvenir adalah kain songket yang masih berbentuk bahan kain, sampai dengan ada yang telah dibuat menjadi sarung. Wisatawan dapat memilih warna dan pola dari kain songket Balikpapan sesuai dengan keinginannya. Kain songket Balikpapan merupakan souvenir khas Balikpapan yang sangat tepat dan berkesan untuk dijadikan sebagai cindera mata.

Songket Balikpapan
Songket Balikpapan

2. Souvenir Khas Balikpapan: Batu Mulia

Souvenir khas Balikpapan lainnya adalah batu mulia. Umumnya, batu mulia dari Balikpapan dijadikan sebagai gantungan kunci, kalung, serta cincin. Batu mulia menjadi salah satu souvenir khas Balikpapan dan menjadi favorit wisatawan dari Kota Balikpapan. Berbagai warna dari batu mulia Balikpapan juga sangat beragam, sehingga wisatawan dapat memilih sesuai dengan seleranya. Bagi yan gingin mengoleksi barang antik, batu mulia juga bisa menjadi salah satu koleksi yang berasal dari Balikpapan.

Batu Mulia Balikpapan
Batu Mulia Balikpapan

3. Souvenir Khas Balikpapan: Tas Manik

Tas Manik juga menjadi salah satu  souvenir khas Balikpapan yang menjadi favorit para wisatawan untuk dijadikan sebagai oleh-oleh, khususnya bagi kalangan wanita. Yang menjadikan tas manik dari Balikpapan memiliki ciri khas tersendiri adalah motif dari tas manik itu sendiri. Ukuran dan warna tas manik khas Balikpapan sangat bervariasi, sehingga wisatawan dapat memilih berbagai model untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

Baca Juga:  Taman Bekapai, Taman Asri Nan Indah Di Kalimantan Timur
Tas Manik Balikpapan
Tas Manik Balikpapan

Selain menjadi souvenir khas Balikpapan, tas manik juga telah diekspor sampai ke mancanegara. Ternyata orang-orang asing juga berminat memiliki tas manik khas Balikpapan ini. Tas manik dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, yakni di bawah Rp 100 ribu rupiah.

4. Souvenir Khas Balikpapan: Miniatur Mandau dan Tameng Balikpapan

Souvenir khas Balikpapan yang tidak kalah populer adalah miniatur Mandau dan Tameng dari Balikpapan. Sejumlah pengrajin di Balikpapan membuat miniatur kedua alat perang tersebut sebagai souvenir khas Balikpapan. Meskipun Mandau merupakan senjata khas Suku Dayak, namun belakangan ini, baik senjata aslinya maupun miniaturnya telah populer sebagai souvenir khas Balikpapan.

Mandau dan Tameng Balikpapan
Mandau dan Tameng Balikpapan

Souvenir khas Balikpapan sangatlah bervariasi, serta dengan harga yang cukup terjangkau. Wisatawan yang berlibur ke Balikpapan dapat membeli berbagai souvenir seperti batu mulia, miniatur senjata, tas manik, serta songket Balikpapan sebagai oleh-oleh untuk teman, saudara, maupun tetangga. Dengan adanya souvenir khas Balikpapan ini, meskipun telah pergi dari Kota Balikpapan, namun kenangannya akan selalu tersimpan di souvenir tersebut.

Baca Juga:  Bukit Alpha Balikpapan Menampilkan Keindahan Ilalang yang Mempesona