Sunday , 24 February 2019

Rute, Fasilitas dan Harga Tiket Wisata Hijau Kebun Raya Balikpapan

kebun raya balikpapan

Kebun Raya, tidak hanya ada di Bogor saja. Kebun Raya juga terdapat di Pulau Kalimantan yang bernama Kebun Raya Balikpapan. Kebun Raya ini terletak di daerah Hutan Lindung Sungai Wain (HLSW). Kawasan wisata ini dikelola langsung oleh LIPI. Lokasi Kebun Raya ini tepatnya yaitu berada di Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara, Kalimantan Timur. Tempat ini merupakan objek wisata yang memiliki luas area sekitar 309,8 hektar.

Fasilitas dan Keistimewaan Kebun Raya Balikpapan

1. Lokasi

Lokasi wisata ini juga tidak begitu jauh dari pusat kota Balikpapan yaitu sekitar 20 km atau bila ditempuh dengan kendaraan Anda hanya akan memakan waktu sekitar 20 hingga 30 menit perjalanan.

Anda pun dapat mencapai lokasi dengan menggunakan berbagai jenis kendaraan diantaranya yaitu angkutan umum, ojek, taksi, maupun kendaraan pribadi baik itu motor maupun mobil. Kondisi akses jalan menuju wisata Kebun Raya saat ini pun sudah direnovasi menjadi lebih baik sehingga Anda tidak perlu khawatir masalah akses lokasi.

Baca Juga:  Tempat Rekreasi di Balikpapan yang Wajib Dikunjungi

2. Keistimewaan

Kawasan Kebun Raya Balikpapan merupakan wisata dimana para pengunjung dapat menikmati dan menyaksikan langsung pertumbuhan berbagai jenis tanaman. Kebun raya ini diangkat dengan tema yaitu Konservasi Tumbuhan Kayu Indonesia. Oleh karena itu, kawasan ini memang dijadikan sebagai tempat studi, penelitian ilmiah, pendidikan dan berbagai kepentingan akademik lainnya.

Kebun Raya ini mencakup pertumbuhan berbagai jenis tanaman yang ada di Kalimantan dimana Pulau Kalimantan memang merupakan surganya tumbuhan.

penunjuk area kebun raya balikpapan
Petunjuk Kebun Raya Balikpapan

Kebun Raya Balikpapan juga berisi dengan berbagai tumbuhan-tumbuhan bertumbuh di alam terbuka layaknya kebun raya lainnya. Sehingga para pengunjung dapat dengan bebas melihat dan menikmati bahkan merasakan tekstur dari bentuk tumbuhan. Kebun raya ini memang didesain dengan konsep bebas dari polusi udara karena kebun raya berisi tentang tumbuhan-tumbuhan yang digunakan sebagai sarana edukasi serta penelitian lainnya.

Tempat ini sangat strategis untuk menjadi tempat pembelajaran bagi anak sekolah maupun perkuliahan yang berkaitan dengan tumbuhan dan alam. Karena para akademisi dapat melihat dan mengamati secara langsung bagaimana perkembangan tumbuhan yang ada di alam.

Baca Juga:  Pulau Kaniungan, Keelokan Tersembunyi di Ujung Selatan Berau

3. Fasilitas

Terdapat berbagai fasilitas yang ada di Kebun Raya Balikpapan ini. Tidak hanya fasilitas tetapi juga ruangan dan berbagai permainan seru. Beberapa fasilitas tersebut ialah ruang kaca, perpustakaan, ruang belajar, laboratorium dan juga ruang percobaan. Tempat ini selain sebagai wisata juga berfungsi sebagai sarana belajar bagi anak-anak dan mengenalkan kecintaan terhadap alam bagi anak usia dini.

Di kawasan wisata ini, juga sering digunakan sebagai tempat percobaan untuk mendapatkan tumbuhan yang berkualitas dan unggul. Berbagai tumbuhan yang dijadikan percobaan tersebut antara lain buah-buahan, tanaman obat, beserta industri.

spot kebun raya balikpapan
Salah satu spot di KRB

Jika Anda ingin pergi ke Kebun raya Balikpapan untuk sekedar refreshing, maka tentunya akan sangat menyenangkan. Anda bisa menyewa sepeda untuk berkeliling kebun yang cukup luas tersebut di bagian Information Center. Hal ini dikarenakan akan memakan waktu yang lama apabila Anda berkeliling dengan berjalan kaki saja.

Kebun Raya ini tidak memiliki fasilitas berupa kereta yang bisa membawa pengunjung berkeliling karena dari pihak pengelola sendiri tetap ingin mempertahankan keasrian serta kehijauannya. Pemandangannya yang sangat indah membuat Anda selalu ingin mengabadikan momen terindah di lokasi ini.

Baca Juga:  Keindahan Pulau Derawan, Surga Tersembunyi di Kalimantan Timur
kebun raya balikpapan konser
Panggung Terbuka Kebun Raya Balikpapan

Kebun Raya Balikpapan ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan terutama para pecinta alam. Namun apabila Anda berkunjung di hari biasa selain weekend, tentu suasana di lokasi wisata akan lebih sepi dibanding biasanya.

Jadi, tidak perlu ragu lagi bagi Anda yang ingin berwisata sambil menikmati wisata alam, jangan lewatkan kesempatan untuk berkunjung ke Kebun Raya Balikpapan. Kamu bisa mengikuti koordinat GPS ini jika belum tahu lokasi kebun raya. Semoga bermanfaat!