Sunday , 24 February 2019

Pulau Sangalaki, Surganya Snorkling dan Penyu Laut Kalimantan Timur

Pulau Sangalaki

Sangalaki adalah salah satu pulau yang berada di gugusan Kepulauan Derawan selain Pulau Kakaban dan Pulau Derawan sendiri. Objek wisata Pulau Sangalaki ini memiliki luas hingga 15 hektar. Tempat wisata Pulau Sangalaki ini terletak diperairan Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur ini juga terkenal sekali sebagai salah satu tempat wisata konservasi dan ekologi di samping sebagai objek wisata favorit para wisatawan dari berbagai daerah hingga mancanegara.

Tak butuh waktu lama untuk menikmati panorama yang disuguhkan oleh spot wisata Pulau Sangalaki ini. Hanya dengan melakukan perjalanan selama kurang lebih 1 jam saja dari Kepualuan Derawan dengan menyewa kapal atau speedboat Anda sudah bisa menikmati suguhan indahnya Pulau Sangalaki ini lengkap dengan pasir putih bersihnya dan hamparan lautnya yang landai dan indah ditemani pula dengan hembusan angin yang semilir semakin menambah semarak destinasi wisata Anda ke Pulau Sangalaki bersama keluarga.

Pulau Sangalaki dari laut
Pulau Sangalaki dari laut

Tak hanya menikmati suguhan keindahan yang ditawarkan oleh tempat wisata Sangalaki saja, namun Anda juga akan disuguhkan dengan keindahan alam bawah laut yang dapat memanjakan mata bagi setiap pengunjung, sebab terumbu karang yang tumbuh di lokasi wisata Sangalaki ini masih alami dan terjaga dengan baik lengkap dengan biota lautnya yang tergolong cukup bervariasi.

Pulau Sangakali Tempat Bertelur Penyu dari Berbagai Jenis

Pulau ini termasuk salah salah satu pulau sempurna yang berada di Kepualuan Derawan yang digunakan sebagai tempat konservasi hewan penyu. Banyak sekali jenis penyu yang datang ke Pulau Sangalaki ini hanya itu bertelur, sebab pulau ini memiliki pasir putih yang halus dan dirasa oleh penyu sebagai tempat yang aman dan strategis untuk menetaskan telur. Setiap harinya pengelola setempat mencatat ada puluhan penyu yang singgah ke Pulau Sangalaki terutama saat air laut sedang pasang untuk bertelur.

Baca Juga:  Souvenir Khas Balikpapan yang Menyimpan Kenangan
Penyu di Pulau Sangalaki
Penyu di Pulau Sangalaki

Menurut catatan pengelola setempat setiap satu ekor induk penyu bisa bertelur sebanyak 100 butir telur penyu, maka tak heran jikalau ada 3.700 telur penyu yang berhasil menetas di Pulau Sangalaki ini. Namun, sayangnya dari ribuan tukik yang menetas hanya beberapa saja yang mampu bertahan hidup hingga dewasa, hal ini disebabkan karena banyak sekali predator seperti biawak yang juga hidup bebas di Pulau Sangalaki ini hingga predator-predator laut saat tukik ini dilepaskan ke laut. Tak hanya itu, ada salah satu keunikan lainnya saat terang bulan tiba, sebab kawasan Pulau Sangalaki ini juga dijadikan sebagai tempat berkumpulnya ikan pari manta yang notabene ikan pari tersebut adalah salah satu jenis ikan pari langka yang sering berkumpul dengan kelompoknya untuk mencari makan berupa plankthon-plankthon.

Aktivitas Seru di Pulau Sangalaki

Banyak aktivitas yang dapat kita lakukan yaitu berenang atau bermain air. Sedangkan bagi Anda yang memiliki hobi snorkling layaknya Pulau Sangalaki ini juga bisa dijadikan sebagai kunjungan wajib guna memenuhi hasrat bersnokling Anda. Namun, bagi yang tak mau berbasah-basah bermain air bisa berjalan-jalan di pinggir Pulau Sangalaki sembari menikmati sejuknya suasana karena di pinggir pulau ini juga ditumbuhi oleh beberapa tumbuhan yang menjulang tinggi dengan rindangnya. Saat senja tiba, kawasan wisata Pulau Sangalaki ini adalah salah satu spot yang paling cocok untuk menikmati indahnya matahari tenggelam.

Pantai Pulau Sangalaki
Selfie di Pantai Pulau Sangalaki

Selain itu kita juga bebas untuk berselfie atau hunting foto di lokasi wisata Pulau Sangalak sepuasnya. Karena kawasan ini dikelilingi oleh panorama yang indah, sehingga Sangalak dikenal memiliki lokasi yang sangat fotogenik. Maka tak jarang banyak sekali pasangan yang rela melakukan perjalanan jauh demi melakukan foto preweding di spot wisata Pulau Sangalaki ini.

Baca Juga:  Daftar Penginapan Murah Di Anyer Yang Pas Untuk Keluarga

Fasilitas di Pulau Sangalaki

Nah guna mendukung semua aktivitas, pengelola menyediakan beberapa fasilitas yang menarik seperti adanya perahu dan speadboat yang dapat kita gunakan untuk menyebarangi pulau menuju Pulau Sangalaki ini. Meskipun tarif yang dibandrol untuk menyewa perahu atau speadboat menuju ke Pulau Sangalaki ini jauh lebih mahal dibanding dengan tarif perahu ke Pulau Derawan yang setiap minggunya ada kapal nelayan yang bisa ditumpangi guna menyebrangi pulau ini.

Lain halnya dengan Pulau Sangalaki, Anda harus menyewa sendiri transportasi untuk menuju ke lokasi wisata ini sebab tak ada perahu nelayan yang melintasi pulau ini. Namun meskipun demikian biaya yang dikeluarkan akan terbayar lunas dengan suguhan panorama yang menakjubkan yang ditawarkan oleh kawasan wisata Pulau Sangalaki ini. Jika beruntung saat malam tiba Anda juga dapat melihat para petugas konservasi melepas para tukik kelaut lepas.

Tak hanya itu, di pinggir pulau ini juga ada 10 chalets atau pondok penginapan yang langsung menghadap ke Pulau Sangalaki secara langsung. Nah, bagi yang memasukkan Pulau Sangalaki ini ke list tujuan wisata di Kalimantan selatan, ada baiknya untuk memesan tempat penginapan ini jauh-jauh hari. Mengingat chalets yang terdapat di pulau ini hanya ada 10 buah saja lengkap dengan beberapa fasilitas yang mumpuni seperti dua buah tempat tidur, AC, view yang cantik dan kamar mandi dalam lengkap dengan air hangatnya dengan tarif permalamnya sekitar Rp. 1.225.000 per orang atau permalamnya.

Sementara itu bagi Anda yang ingin berwisata kuliner di kawasan wisata Pulau Sangalaki ini tak perlu khawatir, sebab di pulau ini juga sudah dilengkapi dengen deretan resort yang menyajikan beberapa makanan yang mampu menggugah selera mulai dari masakan khas Kalimantan selatan, aneka macam seafood hingga makanan nusantara lainnya yang lezat. Tentu adanya aneka kuliner ini semakin menambah kenikmatan berlibur di Pulau Sangakali bukan?

Baca Juga:  5 Tempat Wisata di Kalimantan yang Terkenal Instagenik

Nah, dari sekian banyak aktivitas yang sudah ditunjang pula dengan fasilitas yang mumpuni, tentunya tak ada salahnya jikalau memasukkan Pulau Sangalaki ini sebagai tujuan destinasi Anda di Kalimantan selatan bersama orang-orang terkasih guna menghabiskan masa liburan. Perlu diingat bahwa sebagian besar kawasan wisata Pulau Sangalaki ini dijadikan sebagai tempat konservasi dan ekologi, jadi kita harus tetap berhati-hai dan selalu menjaga lingkungan sekitar.

Akses Menuju ke Pulau Sangakali

Pulau Sangakali sangat direkomendasikan untuk liburan bersama keluarga atau rombongan, karena memang lokasinya cukup nyaman sekali. Oleh sebab itu, segera agendakan liburanmu di Kalimantan Timur untuk segera kesana. Jangan lupa abadikan setiap momentmu ketika berada di pulau indah tersebut ya. Oiya, bagi Anda yang masih bingung akses ke lokasi ini silahkan ikuti koordinat google maps disini agar lebih cepat sampai tujuan, apalagi untuk yang dari luar kota.

Mungkin itulah ulasan singkat mengenai tempat wisata di Pulau Sangakali yang bisa kami sajikan pada kesempatan kali. Tidak hanya pulau satu ini saja, Kalimantan Timur juga menyimpan banyak objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Anda pun bisa membaca ulasan kami di blog ini. Sekian dan jangan lupa share artikel ini apabila bermanfaat untuk Anda. Salam.