Sunday , 24 February 2019

Pulau Maratua, Pesona Kepingan Surga di Kalimantan Timur

Eksotisme Pulau Maratua yang merupakan pecahan surga di selatan Kepulauan Derawan. Pulau ini terletak di selatan pulau Tarakan yang keberadaannya di lautan Sulawesi. Pulau yang bentuknya sangat unik ini mempunyai eksotisme dan keindahan yang menawan sekali. Karakteristik dari pulau ini hampir sama seperti pulau derawan. Pulau nan indah ini menjadi sebuah pulau kecil yang berpenduduk sekitar 3.000 jiwa. Penduduk asli dari pulau ini yakni suku Bajo yang terdiri dari 4 desa. Mata pencaharian utama sebagaian masyarakat pulau ini adalah nelayan.

Para pengunjung akan disuguhi suasana kental yang masih alami sewaktu menginjakkan kaki di pulau ini. Air laut yang kebiru-biruan disertai hembusan gelombang laut menenangkan, ditambah lagi semilir angin pantai yang sepoi-sepoi akan membuat siapapun betah berlama-lama tinggal di sini. Tujuan utama dari para pengunjung ke tempat ini selain untuk berlibur yakni juga untuk ber-diving. Beberapa gugusan pulau kecil di sekitar akan menjadi pemandangan yang berbeda dari tempat ini.

pulau maratua

Asal Mula Pemberian Nama Pulau Maratua

Nama Maratua ini diambil dari kata Masak, konon katanya pada jaman dahulu pulau ini ditinggali oleh sebuah makhluk atau yang sering disebut Kokok. Berdasarkan cerita warga, Kokok ini berbentuk makhluk separuh manusia dan separuhnya lagi iblis. Ia mengambil para perempuan di daerah tersebut untuk bisa dinikahinya, masyarakat setempat pun mulai khawatir sekaligus geram dengan adanya Kokok di kampung mereka. Saat itu warga berinisiatif memasak air tuba seperti air susu, dengan tujuan meracuni si Kokok tersebut.

Menurut cerita setempat, Kokok mendiami di sebuah Goa sebagai tempat tinggalnya, yang sekarang ini nama goa tersebut adalah Goa Kabok. Suatu ketika, ada seorang suami yang sedang melaut dan harus meninggalkan istrinya di rumah. Kokok pun menculik sang istri nelayan tersebut, warga pun geram dengan kelakuannya tersebut. Pada akhirnya semua orang memasak air tuba dan menaruhnya di goa tersebut. Sehingga si Kokok pun berhasil meminum racunnya dan ia pun mati seketika.

Baca Juga:  Pantai Melawai, Pantai Favoritnya Muda-Mudi Balikpapan

Hingga sekarang ini ritual ke goa masih dilakoni oleh masyarakat setempat secara simbolis saja. Dengan alasan ritual ini diwariskan oleh para leluhurnya terdahulu.

Keindahan Pulau Maratua

Keindahan pulau ini diibaratkan sebagai pecahan surga yang jatuh di timur pulau Kalimantan. Selain dari keindahan lautnya, pengunjung juga dapat menikmati wisata budaya. Pengunjung pun juga dapat berkomunikasi langsung dengan suku bajo. Penduduk asli dari pulau ini sangat terkenal dengan keahlian melautnya, jadi pengunjung pun bisa belajar langsung dari masyarakat setempat di pulau ini.

Penduduk asli pulau ini yakni suku bajo memang sangat ramah dan sopan kepada pengunjung, jadi apabila berkunjung ke tempat ini jangan sungkan-sungkan untuk bercakap langsung dengan mereka. Pengunjung pun juga bisa membeli beberapa souvenir asli buatan masyarakat suku bajo. Keindahan lautan dan pemandangan pulau Maratua ini memang sudah tidak diragukan lagi. Pulau ini sangat menawan dan alami. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatwan lokal dan wisatawan mancanegara untuk bisa berkunjung ke tempat wisata yang satu ini.

pantai maratua

Pemandangan laut yang sangat mempesona dengan beragam jenis ikan laut yang berwarna-warni akan menjadi keindahan tersendiri bagi siapapun yang melihatnya, di tambah lagi keindahan terumbu karangnya sangat menganggumkan.

Pulau Maratua merupakan sebuah pulau yang masih bersih dan sangat alami. Jadi usahakan bagi setiap wistawan yang ingin berkunjung ke tempat ini untuk tetap menjaga kebersihan dan keindahannya. Janganlah sekali-kali untuk membuang sampah ke laut, hal tersebut tentunya akan merusak ekosistem pesona keindahan bawah lautnya.

Kepulauan Maratua ini bagaikan surga yang tersembunyi, pulau ini menyajikan hamparan laut kebiru-biruan yang bersanding manis dengan pasir putihnya di pantai Maratua. Apalagi keelokan alam bawah laut yang begitu menakjubkan untuk dilihat.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata disana menyebutkan bahwa Pulau Maratua ini merupakan destinasi anggun yang berada di tanah Borneo, sehingga sangat ideal sekali untuk dijadikan destinasi liburan. Pulau ini mempunyai terumbu karang yang sangat indah bertipe fringing reef.

Bagi para penyelam, menyelam di pulau ini ibarat menemukan surga baru. Pulau ini di dominasi padang lamun berjenis Halodule Uninervis dengan keaneka ragaman jenis ikan lautnya. Pulau ini mempunyai banyak spot diving antara lain Jetty Dive, Mid Reef, Turtle Traffic, Hanging Garden, Cabbage Garden, Eel Garden dan The Channel. Pulau ini sangat jauh dari polusi kota dan memiliki udara yang sangat segar.

Baca Juga:  Rute, Fasilitas dan Harga Tiket Wisata Hijau Kebun Raya Balikpapan

Pulau Maratua ini juga sangat indah apabila menikmatinya di waktu senja. Suasana hening pun akan terasa disini dengan disertai deburan ombak yang menyapu ke daratan, tentunya hal ini akan memberikan sensasi yang berbeda. Di pagi harinya pengunjung pun juga menyaksikan matahari bangkit dari tidurnya seakan-akan membangkitkan kehidupan pengunjung di waktu itu, karena keindahan yang begitu menawan.

Para pengunjung di pulau ini juga bisa berenang dengan ratusan ubur-ubur tanpa perlu khawatir dengan sengatannya. Apabila ingin melakukan hal ini pengunjung bisa menuju ke Danau Haji Buang, dengan waktu tempuh sekitar 15-30 menit dengan menggunakan perahu. Air danau ini sangat tenang dengan airnya yang berwarna kebiru-biruan, hal tersebut menjadi pemandangan yang sangat indah.

Banyak wisatawan mancanegara yang berbondong-bondong untuk datang langsung ke Pulau Maratua ini dikarenakan pelayanan yang sudah mumpuni, akses yang memadai dan pesona keindahan alam laut yang luar biasa. Tak salah jika pulau ini menjadi destinasi wajib untuk bisa dikunjungi.

Indonesia memang memiliki pesona bahari yang tak terbantahkan dikarenakan kaya destinasi coastal zone, termasuk kepulauan Maratua ini. Inilah yang telah diakui dunia bahwa Indonesia juaranya destinasi bahari dengan beragam torehan penghargaan yang diperolehnya.

Fasilitas di Pulau Maratua

Kepulauan Maratua merupakan wisata bahari yang sangat menawan dan banyak diminati oleh para wisatwan. Di pulau ini juga telah menyediakan beberapa resort dan fasilitas yang cukup mendukung bagi para pengunjung. Apabila para pengunjunng ingin mencoba olahraga diving di tempat wisata ini, telah disiapkan beberapa penyewaan peralatan untuk diving dan menyelam di sana.

Baca Juga:  4 Wisata Bahari di Kecamatan Biduk-Biduk, Surga Tersembunyi di Berau

pulau maratua kaltim

Di Pulau tersebut ada sebuah resort yakni Maratua Paradise. Penginapan tersebut terbagi menjadi 2 area antara lain water villa yang keberadaannya di atas perairan pantai Maratua. Harga yang ditawarkan sekitar Rp. 600.000 per malam. Sedangkan untuk area keduanya yaitu Beach Villa, yang keberadaannya di pinggir pantai Maratua. Harga tarif yang di tawarkannya sekitar Rp. 500.000 per malam. Fasilitas di penginapan atau resort di pulau itu sudah termasuk pendingin ruangan, fasilitas makan 3 kali sehari, bathup dan lainnya.

Akses / Rute Menuju ke Pulau Maratua

Untuk bisa sampai ke pulau ini tidak begitu sulit. Ada beberapa alternatif lain yang bisa digunakan untuk menuju ke sana. Apabila melalui jalur laut pengunjung bisa memulai perjalanan dari kota Tarakan. Sebelum menuju ke sana, pengunjung harus menggunakan akomodasi penerbangan dengan tujuan Bandara Tanjung Redeb di Kabupaten Berau. Dari kota Tanjung Redep, selanjutnya pengunjung dapat menyewa speed boat untuk menuju ke Pulau Maratua. Perjalanan laut untuk menuju ke Pulau Maratua dari Tanjung Redep memerlukan waktu sekitar 3 jam dengan kecepatan sedang.

Alternatif lain yakni bisa dengan jalur udara. Di awal tahun 2015 lalu, pengunjung wisata di kepulauan Maratua ini meningkat secara drastis sehingga pemerintah Kalimantan Timur mendirikan sebuah bandara di kota Maratua agar lebih memudahkan akomodasi bagi para wisatawan. Perjalanan ini di mulai dari kota Tarakan, dari Bandara pengunjung bisa langsung memesan tiket penerbangan untuk menuju ke bandara pulau Maratua. Penerbangan tersebut memerlukan waktu hingga 30 menit dngan menggunakan pesawat perintis jenis cesna.

Itulah beberapa informasi mengenai Pulau Maratua, semoga penjelasan ini bisa bermanfaat untuk Anda apabila hendak berlibur ke Kalimantan Timur.