Saturday , 15 December 2018

Pulau Manimbora, Pulau Spongebob yang Sedang Hits

Pulau Manimbora Berau
Pulau Spongebob

Pulau Manimbora, Pulau Spongebob – Selayaknya kita patut bersyukur hidup dan tinggal di negara Indonesia yang terlintasi oleh zamrud khatulistiwa sehingga membuat Indonesia tak ada habisnya menyuguhkan pesona destinasi wisata yang sangat unik dan menakjubkan. Negara yang populer dengan keanekaragaman hayati dan di kelilingi oleh banyak pulau-pulau kecil yang menawan ini merupakan salah satu negara favorit wisatawan mancanegara untuk menghabiskan masa liburannya. Selain Pulau Dewata, ada salah satu objek wisata yang indah di Kalimantan timur, namun jarang sekali di singgahi para wisatawan yaitu Pulau Manimbora.

Tempat wisata Pulau Manimbora ini juga kerap dijuluki sebagai Pulau Spongebob, asal muasal penamaan pulai ini berasal dari wisatawan asing yang berasal dari Jerman yang secara spontan menyebut Pulau Manimbora ini sebagai pulau Spongebob. Hal ini mungkin disebab karena pulau ini memiliki pohon kelapa yang menjulang tinggi dengan kokohnya membuat tampilan dari Pulau Manimbora ini seperti Pulau Bikini Bottom yang berada dibagian pembukaan film  kartun spongebob. Meskipun pulau ini tak berpenghuni, namun banyak sekali pohon kelapa yang tumbuh subur di pulau-pulau kecil objek wisata ini.

Selfie dengan Pulau Spongebob Manimbora
Selfie dengan Pulau Spongebob

Keindahan Pulau Manimbora Kalimantan Timur

Tak sedikit wisatawan melewatkan begitu saja keindahan yang disuguhkan oleh Pulau Manimbora, namun tak sedikit pula wisatawan yang terhipnotis akan keindahan panorama yang di tawarkan oleh Pantai Spongebob ini.  Setelah melihat keindahannya, pastilah tak ada satupun orang yang sanggup menolak akan panorama keindahan yang disuguhkan oleh Pulau Manimbora ini. Pasalnya pulau ini memiliki hamparan pasir putih bersih, terlebih jika air laut surut Anda akan disuguhkan dengan luasnya hamparan pasir putih yang memanjang ke tengah laut yang dikelilingi oleh laguna pada bagian tepi yang seakan membelah laut menuju ke sebuah pulau kecil yang hanya di tumbuhi oleh 3 pohon kelapa.

Baca Juga:  7 Tempat Wisata Di Tanjung Selor Paling Menarik
Pulau Manimbora
Pulau Manimbora

Tak hanya itu, kita juga akan disuguhkan dengan hamparan lautnya yang memiliki air yang jernih dan berwarna biru dengan debit cukup tenang lengkap dengan lantunan desir ombak yang terkadang menyapu tepi pantai, sembari menikmati angin yang semilir dengan lembutnya menyentuh pipi membuat enggan untuk meninggalkan Pulau Manimbora ini segera. Selain itu, Manimbora ini semakin cantik dan indah berkat adanya sekumpulan burung bangau yang kerap mampir di Pulau Manimbora ini untuk sekedar mencari makanan. Perlu Anda ketahui jika memutuskan untuk menyambangi atau mampir sejenak di pulau, sebaiknya Anda memakai sunblok guna melindungi kulit supaya tak terpapar sinar mataharai secara langsung, sebab cuaca di Pulau Manimbora ini cukup terik saat siang hari.

Aktivitas Seru di Pulau Manimbora Kaltim

Melihat panorama yang disuguhkan yang sangat menakjubkan, tentunya membuat aktivitas liburan Anda semakin banyak disana. Mulai dari berjalan kaki menyusuri hamparan pasir putih bersih yang seakan membelah lautan menuju ke pulau kecil yang bisa Anda jelajahi dalam waktu 15 menit saja, bermain air, berenang hingga diving bisa dilakukan di Pulau Manimbora sepuasnya.

Baca Juga:  Rute, Fasilitas dan Harga Tiket Wisata Hijau Kebun Raya Balikpapan
Pantai di Pulau Manimbora
Pantai di Pulau Manimbora

Nah, bagi Anda yang menyukai dunia fotografi tak ada salahnya untuk menyalurkan hasrat fotografi Anda di Pulau Manimbora, sebab pulau yang terkenal akan keindahnnya ini sangat fotogenik sekali. Namun tahukah di balik megahnya keindahan yang ditawarkan, Manimbora ini juga menyimpan banyak sekali cerita mistis yang hingga kini masih santar terdengar.

Foto dengan Latar Pulau Manimbora
Foto dengan Latar Pulau Manimbora

Di kawasan wisata Pulau Manimbora ini akan dijumpai sebuah nisan yang terbuat dari kayu serta tulang belulang manusia yang hingga sekarang belum diketahui asal muasal tulang belulang tersebut berasal. Bagi Anda yang ingin berwisata sembari menguji adrenalin dengan cerita mistis di Pulau Manimbora ini Anda bisa mencoba mengitari dan mengunjungi keberadaan nisan tersebut.

Spot wisata Pulau Manimbora ini salah satu wisata yang tak boleh dilewatkan apabila Anda mengunjuni Pulau Derawan, sebab pulau ini akan dilewati oleh kapal yang membawa Anda pada saat perjalanan pulang menuju ke dermaga yang terletak di Kecamatan Biduk-Biduk. Tak sedikit banyak wisatawan yang memutuskan untuk sejenak mampir di Pulau Manimbora ini untuk menikmati keindahan yang disuguhkan sembari berswafoto guna mengabadikan keindahan yang di tawarkan oleh pulau cantik ini.

Baca Juga:  4 Wisata Bahari di Kecamatan Biduk-Biduk, Surga Tersembunyi di Berau

Akses Menuju ke Pulau Manimbora

Bagi kalian yang berasal dari luar kota mungkin akan kebingungan jalan menuju ke Pulau Manimbora. Oleh sebab itu, sebaiknya ikuti koordinat google maps disini supaya lebih cepat sampai lokasi. Namun bagi Anda masyarakat setempat tentunya bisa langsung bertanya warga sekitar bilamana memang belum pernah kesana. Tenang, aksesnya mudah kok. Dijamin perjalanmu akan terbayarkan.

Tetapi perlu diingat, supaya keindahan dan suasana di Pulau Manimbora ini tetap terjaga dengan asri, alangkah lebih baiknya jikalau Anda juga harus tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar, janganlah membawa sampah memasuki pulau yang tak berpenghuni ini. Tentu apabila pantainya bersih wisata bahari yang ada di kawasan ini juga akan semakin nyaman untuk liburan bersama keluarga.

Itulah ulasan mengenai kawasan wisata Pulau Manimbora yang menawarkan sejuta keindahan yang memanjakan mata. Meskipun akses menuju Pulau Manimbora ini cukup rumit dan panjang, namun lelah Anda akan lunas terbayarkan dengan suguhan panoramanya yang sangat amat menakjubkan. Sekian ulasan mengenai wisata bahari di Kalimantan Timur pada kesempatan kali ini. Masih ada banyak wisata unik di daerah ini yang layak untuk Anda masukkan dalam list wisata keluarga. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan.