Saturday , 15 December 2018

Pulau Kaniungan, Keelokan Tersembunyi di Ujung Selatan Berau

Pulau Kaniungan

Pulau Kaniungan Berau – Tak kalah dengan pulau-pulau besar lainnya di Indonesia, Kalimantan Timur juga menyimpan banyak sekali pesona alam yang menawan. Mengingat bahwa Kalimantan timur termasuk salah satu pulau yang terlewati oleh garis khatulistiwa maka tak heran jikalau banyak keanekaragaman hayati dan wisata baharai yang layak untuk dieksplor, salah satunya adalah di Kecamatan Biduk-Biduk, Berau Kalimantan Timur.

Biduk-Biduk sangat terkenal sekali dengan objek wisata baharinya yang sangat menawan mengingat bahwa Kecamatan Biduk-Biduk ini terdapat banyak pulau yang sudah tersohor hingga ke mancanegara maka tak heran jikalau setiap akhir pekan atau masa liburan tiba selalu dipenuhi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang ingin menikmati keindahan dari objek wisata yang ada di Kecamatan Biduk-Biduk ini.

Selain Kepulauan Derawan dan Teluk Sulaiman, salah satu kawasan wisata di kecamatan Biduk-Biduk yang masih terjaga keasriannya adalah Pulau Kaniungan. Pulau ini merupakan salah satu pulau yang masih sangat asri dan belum banyak terjamah oleh tangan-tangan jahil yang berusaha mengotorinya, sebab akses menuju ke lokasi wisata Pulau Kaniungan ini lumayan susah dan panjang. Nah bagi Anda yang memiliki rencana untuk pergi ke Kalimantan Timur tak ada salahnya memasukan kawasan wisata Pulau Kaniungan ini ke dalam list tujuan destinasi wisata.

Rayuan Pulau Kaniungan
Rayuan Pulau Kaniungan

Lokasi Pulau Kaniungan

Meskipun perjalanan yang harus ditempuh lumayan panjang dan melelahkan, pasalnya harus melakukan perjalanan darat dari Tanjung Redep selama 5 hingga 6 jam ke dermaga Teluk Sulaiman. Namun tenang, bagi Anda yang lelah dan ingin beristirahat sejenak bisa melepas lelah di dermaga Sulaiman yang nantinya adalah akses perjalanan laut menuju ke objek wisata ini. Di Teluk Sulaiman ini Anda akan menikmati indahnya suasana dengan hamparan laut yang luas lengkap dengan air yan jernih dan tenang serta pasir putih yang bersih membuat waktu istirahat Anda semakin sempurna.

Baca Juga:  Pulau Kakaban, Asiknya Berenang Bareng Ubur-Ubur Dan Koral di Kalimantan Timur

Tak hanya itu, Anda juga bisa bercengkrama dengan warga sekitar sekaligus menyaksikan kearifan lokal yang mungkin jarang Anda temui di lingkungan sekitar Anda. Nah setelah puas beristirahat ke Teluk Sulaiman Anda bisa melanjutkan perjalanan lagi ke spot wisata Pulau Kaniungan menggunakan kapal yang di motori oleh warga setempat yang mampu menampung 6 hingga 8 orang dengan tarif Rp. 400.000 hingga Rp. 500.000 selama 15 menit perjalanan laut.

Pantai Pulau Kaniungan
Pantai Pulau Kaniungan, Mempesona.

Pesona Keindahan di Pulau Kaniungan

Sesampainya di Pulau Kaniungan Anda akan disuguhkan dengan dua pulau yang terpisah menjadi dua bagian yaitu Kaniungan besar dan Kaniungan kecil yang sama-sama memiliki panorama cukup mempesona. Pulau ini memang tergolong sebagai pulau yang sepi penduduk pasalnya kita hanya akan menemukan 18 kepala keluarga saja yang tinggal di Pulau Kaniungan ini dengan mayoritas warganya bermata pencaharian sebagai nelayan dan produsen minyak goreng dari kelapa atau yang akrab disebut dengan kopra.

Di spot wisata Pulau Kaniungan ini Anda bisa menikmati indahnya hamparan laut yang luasnya tiga kali lipat dari Kepulauan Derawan yang dikelilingi oleh ribuan pohon kepala menjulang tinggi dengan rimbun dan rindangnya, yang menurut warga sekitar ribuan pohon kelapa ini tumbuh karena adanya pertukaran budaya dengan mayarakat Sulawesi sembari merasakan sejuknya udara yang masih sangat asri dan alami ini.

Baca Juga:  Pulau Sangalaki, Surganya Snorkling dan Penyu Laut Kalimantan Timur
Pesona Pulau Kaniungan
Pesona Pulau Kaniungan, Indah!

Kawasan wisata Pulau Kaniungan ini juga kerap dijadikan sebagai tempat bertelur para penyu dan terkadang jika Anda beruntung akan menjumpai sekelompok lumba-lumba dan ikan hiu kecil yang bermain di tengah laut dengan riangnya. Selain itu, Anda juga bisa menikmati suguhan alam bawah lautnya yang menimbulkan decak kagum dengan terumbu karang yang masih rapi dan dilengkapi pula dengan biota laut yang cukup lengkap membuat betah berlama-lama di kawasan wisata ini.

Mengingat panorama Pulau Kaniungan ini sangat indah maka tak heran jikalau banyak aktivitas yang bisa kita lakukan seperti berenang dan bermain air. Tak hanya itu, kita juga bisa diving atau snorkling untuk menikmati suguhan indah bawah lautnya yang menawan. Sedangkan bila Anda tak ingin berbasah-basahan juga bisa duduk di tepi pantai dengan alas hamparan pasir putih bersihnya dan beratapkan rindangnya pohon kepala yang tumbuh subur di tepi Pulau Kaniungan ini. Saat senja tiba Anda juga dapat menikmati keajaiban matahari tenggelam di spot terbaik, sembari ditemani dengan hembusan angin khas Pulau Kaniungan.

Baca Juga:  Warna-Warni Kampung Teluk Seribu Balikpapan
Pulau Kaniungan kecil
Pulau Kaniungan Kecil

Namun, sangat disarankan bagi Anda yang ingin mengunjungi kawasan wisata Pulau Kaniungan ini untuk membawa makanan ringan sendiri, sebab tidak ada penjual makanan di objek wisata ini. Meskipun di objek wisata Pulau Kaniungan ini banyak aktivitas yang bisa dilakukan, namun karena pulau ini jarang disambangi wisatawan dan hanya beberapa kepala keluarga saja yang berdiam di pulau ini maka fasilitasnya memang belum cukup memadai. Meski demikian wisata Pulau Kaniungan ini sudah memiliki 2 tempat penginapan yang dapat Anda sewa untuk melepas lelah setelah seharian plesiran di Pulau Kaniungan ini.

Nah, itulah ulasan yang bisa kami paparan mengenai tempat wisata Pulau Kaniungan yang sayang sekali untuk dilewatkan apabila plesiran di Kecamatan Biduk-Biduk Kalimantan Timur. Supaya pulau ini tetap terjaga kebersihannya, maka jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihannya supaya tak menggangu penduduk sekitar dan beberapa satwa yang hidup bebas di kawasan wisata Pulau Kaniungan. Sekian ulasan kali ini dan semoga bermanfaat untuk Anda.

NB: bagi Anda yang berasal dari luar kota sekaligus bingung menuju ke lokasi silahkan ikuti koordinat google maps disini agar lebih cepat sampai ke pulau ini.