Sunday , 24 February 2019

Pulau Kakaban, Asiknya Berenang Bareng Ubur-Ubur Dan Koral di Kalimantan Timur

Puau kakaban

Pulau Kakaban merupakan salah satu tujuan wisata yang cukup unik di kawasan Kalimantan Timur. Pulau ini mempunyai danau yang letaknya di tengah pulau. Keunikan lain dari pulau ini yakni memiliki spesies ubur-ubur langka yang hanya ada dua di dunia. Ubur-ubur tersebut hidup di Kepulauan Micronesia di kawasan Tenggara Laut Pasifik dan di Kepulauan Kakaban ini.  Walaupun memiliki nama Pulau Kakaban tetapi bagi kalangan wisatawan, tempat ini lebih dikenal sebagai Danau Kakaban.

Danau ini sudah mulai terbentuk sejak zaman prasejarah, lebih tepatnya pada masa peralihan Holosin. Danau Kakaban ini mempunyai luas 5 km2 yang dilengkapi dengan dinding karang terjal dengan ketinggian sekitar 50 meter. Menurut mitosnya, Danau Kakaban ini bisa terbentuk akibat air laut yang terperangkap kemudian tidak dapat kembali lagi menuju ke lautan lepas.

pulau kakaban, indah memang
Pulau Kakaban, Indah Memang

Dengan melihat keunikan yang dimiliki oleh pulau ini, tak jarang para wisatawan rela merogoh koceknya untuk bisa berlibur ke tempat menarik ini.

Menikmati Keindahan Pulau Kakaban

Di Danau ini para wisatawan juga bisa berenang bersama ubur-ubur tanpa haru khawatir dengan sengatannya dikarenakan ubur-ubur di Danau Kababan ini sama sekali tidak menyengat. Sehingga para wisatawan dapat berenang dengan nyaman bersama sejumlah ubur-ubur yang berwarna jingga di tengah danau ini. Danau ini memiliki air yang tenang dan berwarna biru jernih.

surga ubur ubur pulau kakaban
Surga Ubur Ubur Pulau Kakaban

Ada beberapa jenis ubur-ubur di danau ini, diantaranya adalah ubur-ubur terbalik (Cassiopea ornata) berukuran 15-20 cm, ubur-ubur bulan (Aurelia aurita) berukuran 5-50 cm, ubur-ubur kotak (Tripedalia cystophora) berukuran sebesar jari telunjuk yakni sekitar 7-10 mm dan ada juga ubur-ubur totol (Mastigias papua) berukuran 1-20 cm.

Baca Juga:  Taman Bekapai, Taman Asri Nan Indah Di Kalimantan Timur

Sebaiknya ketika para wisatawan ingin melakukan berenang disini bersama dengan unur-ubur, jangan menggunakan kaki katak atau fin. Hal tersebut dikarenakan ubur-ubur yang berada di danau Kakaban ini rentan dengan sentuhan, oleh karena itu akan lebih baik jika wisatawan berenang dengan kaki telanjang. Selain itu, wisatawan sebaiknya tetap menggunakan kaca mata renang karena danau Kakaban memiliki kandungan garam yang bisa menimbulkan mata terasa perih ketika berenang.

Usahakan juga tidak menggunakan bahan-bahan kosmetik seperti sun block atau sun screen, hal tersebut bisa jadi mencemari air danau dan mengganggu kehidupan ribuan ubur-ubur tersebut.

Mengintip Kekayaan Pulau Kakaban

Sebelum mencapai Danau Kakaban ini, wisatawan harus terlebih dahulu dengan cara menyusuri hutan yang ada disana. Kawasan hutan terasa sejuk, rimbun dan masih alami. Hutan di Pulau Kakaban ini ditumbuhi beragam jenis tumbuhan langka yang bisa jadi belum pernah di jumpai oleh wisatawan sebelumnya. Hutan ini menjadi salah satu bukti nyata bahwa Indonesia menyimpan kekayaan alam yang luar biasa.

Adapun berbagai jenis tumbuhan besar di hutan ini diantaranya pohon Bakung, Ligayan, Ubal, Asin-asin, Puut, Ipil dan Bullung-bullung dan masih banyak lagi tumbuhan yang hidup di hutan Pulau Kakaban ini.

Untuk bisa sampai ke kawasan Danau Kakaban ini, wisatawan perlu melintasi sejumlah anak tangga yang menanjak. Di sana wisatawan akan menemukan satu spot menarik dimana bisa mengabadikan foto Danau Kakaban dari atas ketinggian. Sehingga akan tampak birunya air danau yang berlatarkan panorama hutan lebat dan asri.

Penginapan Di Pulau Kakaban

Kurang lengkap rasanya apabila wisatawan tidak menginap di salah satu resort-resort yang telah disediakan di Pulau ini. Penginapan dengan panorama alam yang menakjubkan tentunya akan menjadikan malam hari wisatawan menjadi nikmat setelah seharian menikmati berjalan-jalan menyusuri ke berbagai spot menarik.  Birunya air laut dengan ditemani kesegaran udara pantainya tentunya akan memanjakan setiap wisatawan yang berkunjung dan menginap di sekitar pulau ini.

Baca Juga:  Tempat Nongkrong di Berau yang Wajib Kamu Kunjungi Terbaru

Salah satu resort terdekat dari pulau ini yakni Green Nirvana Maratua Resort yang lokasinya sekitar 8,2 km dari Pulau Kakaban. Resort ini dibangun berdasarkan konsep eco green atau dari bahan bangunan ramah lingkungan. Bahan-bahan bangunan tersebut dapat didaur ulang lagi apabila sudah tidak dipergunakan.

Kolam Renang Green Nirvana Maratua Resort
Kolam Renang Green Nirvana Maratua Resort

Keindahan alam yang disuguhkan dari Green Nirvana Maratua Resort merupakan pemandangan pantai Maratua yang memiliki hamparan pasir berwarna putih. Resort ini letaknya tidak jauh dari bandara, sehingga akses transportasi pun lebih mudah. Lokasi resort yang berdekatan dengan Pulau Kakaban lebih memudahkan wisatawan apabila berkunjung ke objek wisata Kakaban.

Adapun beberapa resort dan penginapan lain yang letaknya tak jauh dari Pulau ini seperti diantaranya Pratasaba Resort (9,8 km), Maratua Paradise Resort (10,2 km), Nunukan Island Resort (10,4 km), Maratua Guesthouse (13,3 km), Nouri Cottages (13,8 km), Virgin Cocoa (21,2 km) dan Nabucco Island Resort (21,4 km). Resort-resort tersebut sangat direkomendasikan sebagai resort romantis di Kalimantan Timur untuk berbulan madu.

Kuliner Unik dan Menarik Khas Pulau Kakaban

Pulau cantik mempunyai beberapa kuliner khas yang wajib dicicipi oleh wisatawan, diantaranya kima-kima, elai dan tehe-tehe. Olahan seafood pun menjadi pelengkap kuliner di pulau ini karena sebagian besar mata pencaharian masyarakat setempat adalah nelayan. Tehe-tehe adalah sejenis kuliner yang dibungkus menggunakan cangkang landak laut. Isian dari makanan tersebut berupa beras ketan yang bercampur santan kemudian ditutup menggunakan daun pandan, memasaknya sekitar 1 jam. Rasa dari tehe-tehe tersebut seperti ketupat namun cara pengemasannya yang berbeda yakni dengan cangkang landak laut.

Baca Juga:  Batu Dinding Balikpapan, Tempat Wisata Hits dan Wajib Dikunjungi

Kima-kima yang menjadi kuliner khas dari Pulau Kakaban ini terbuat dari kerang laut, cara pembuatanya seperti pengolahan ikan asin yang dikeringkan. Harga dari kuliner yang satu ini terbilang cukup mahal, untuk setengah kilonya sekitar Rp 50.000,-.

Akses atau Rute Menuju ke Pulau Kakaban

Memang Provinsi Kalimantan Timur memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik, salah satu Pulau Kakaban ini. Pulau Kakaban ini dikelilingi oleh sejumlah pulau-pulau lainnya, diantaranya Pulau Derawan, Maratua, Sangalaki, Samawa dan Sambit. Waktu tempuh menuju Kakaban sekitar 1-1,5 jam perjalanan dari Pulau Derawan. Perjalanan tersebut bisa ditempuh dengan menggunakan speedboat.

Gapura Selamat Datang Pulau Kakaban
Gapura Selamat Datang Pulau Kakaban

Setibanya di Kakaban, wisatawan nantinya disambut dengan jembatan panjang yang diujungnya bertuliskan “Selamat Datang di Pulau Kakaban”. Apabila wisatawan ingin snorkiling atau diving bisa menyewanya seharga Rp 20.000,-. Para penyelam pun bisa menikmati pesona bawah laut menakjubkan nan indah yang ada di destinasi wisata ini, curam yang tajam sewaktu menyelam akan menjadi suatu tantangan tersendiri bagi para penyelam.

Demikian informasi singkat mengenai wisata di Pulau Kakaban ini, semoga penjelasan ini bisa dijadikan referensi menarik apabila hendak berlibur ke Kalimantan Timur.