Sunday , 24 February 2019

Pesona Wisata Klaten Bersinar

Pesona Wisata Klaten Bersinar – Klaten bersinar adalah slogan kota yang bertetangga dekat dengan Kota Jogja. Kota dengan limpahan airnya tersebut memang tidak ada habisnya menarik perhatian pengunjung wisata untuk kembali ke sana. Bukan hanya dari Klaten saja, banyak juga travelers dari luar Klaten yang berkunjung untuk menikmati pesona wisata di Klaten. Bahkan, spot-spot baru pun mulai bermunculan, dari wisata keluarga sampai wisata air! Emangnya ada apa sih di Kota Klaten? Yuk simak ulasan di bawah ini.

Umbul Ponggok

Umbul Ponggok Foto by @umbul_ponggok

Umbul Ponggok berada di desa Ponggok, Klaten, Jawa Tengah. Umbul Ponggok adalah kolam alami yang cocok banget buat main air sepuasnya. Eiiits, jangan salah. Disni kamu gak sekedar main air, buat kamu yang ingin snorkeling tapi gak punya waktu untuk ke pantai, Umbul Ponggok adalah tempat yang siap memuaskan dahag snorkelingmu. Umbul dengan ukuran mencapai 50 x 25 meter dan kedalaman rata-rata 1,5 – 2,6 meter ini sudah ada sejak zaman Belanda loh. Umbul Ponggok buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB.

Baca Juga:  Tempat Wisata Saat Lebaran di Jakarta, Bandung, Jogja dan Bali Yang Buka Favorit Murah Sepi

Untuk masuk ke Umbul Ponggok kamu wajib bayar retribusi Rp 5.000 per orang. Buat kamu yang ingin snorkeling, disini sudah ada jasa penyewaan peralatan snorkeling jadi gak usah repot-repot bawa dari rumah. Takut kantong jebol buat nyewa peralatan snorkeling? Gak perlu, karena biaya sewanya murah banget cuma Rp.5000-Rp. 10000 aja.

Gak hanya snorkeling, di Umbul Ponggok kamu juga bisa motret-motret di dalam air. Gak punya kamera underwater? Gak usah baper, karena pengelola sudah menyiapkan jasa penyewaan kamera. Heeeeem, wajib nyoba nih.

Candi Sojiwan

Candi Sojiwan Foto by @spade.picnic

Candi Sojiwan terletak di Desa Kebon Dalem Kidul, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten. Sama halnya dengan Candi Plaosan, candi ini juga berada tidak jauh dari Candi Prambanan. Candi Sojiwan diperkirakan dibangun pada tahun 842 dan 850 Masehi. Pada masa yang hampir bersamaan dengan pembangunan Candi Plaosan. Untuk memasuki kompleks candi dengan 20 relief ini kamu cukup mengisi buku tamu guys.

Umbul Kemanten

Umbul Manten Foto by @ebinico

Berbeda banget dari Umbul Ponggok yang riuh dan sedikit modern, Umbul Kemanten justru sebaliknya. Umbul ini masih sangat alami dan sangat seger tingkat dewa. Umbul Manten berada di Dusun Janti, Kelurahan Janti, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Lokasinya bisa dikatakan tidak jauh dari Umbul Ponggok. Untuk retribusi masuk Umbul Manten murah gilak. Hanya Rp. 5.000, sedangkan untuk parkir kendaraan bermotor cukup bayar Rp 2.000.

Baca Juga:  Tempat Wisata Saat Lebaran di Jakarta, Bandung, Jogja dan Bali Yang Buka Favorit Murah Sepi

Candi Plaosan

Candi Plaosan Foto by @ceritamata

Jangan sampai kamu berpikir candi kece itu Cuma Candi Prambanan atau Candi Borobudur ya. Meski gak sepopuler dua candi tadi, Candi Plaosan yang terletak di Dukuh Plaosan, Desa Prambanan, Kabupaten Klaten ini patut kamu kunjungi meski pesonanya yang tersembunyi di balik perkampungan penduduk.

Konon, kompleks Candi Plaosan di bangun pada abad ke-9 oleh Raja Rakai Pikatan sebagai wujud cintanya kepada Pramodyawardani. Candi ini terdiri dari dua bagian yaitu Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul. Nah, buat kamu yang ingin menunjukan rasa cintamu pada kekasihmu, gak usahlah pake bikin candi segala cukup ajak doi ke Candi Plaosan aja. Gimana guys, kamu tertarik?

Benteng Joho

Benteng Joho Foto by @supernorcho

Benteng ini tidak jauh dari saluran air atau jolontoro yang dibangun pada masa penjajahan Belanda. Lokasinya berada di Dusun Padanjero, Desa Joho, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten. Ketuaan benteng ini terlihat jelas dari dindingnya yang sudah mengelupas. Tapi bukannya itu keren banget ya kalau di foto? Apalagi, senja di sini yang kece.

Waduk Rowo Jombor

Bendungan Rowo Jombor Foto by @_khrisna_

Udah cukup mainan airnya. Saatnya kita beralih ke Waduk Rowo Jombor. Memang sih masih gak jauh-jauh dari air tapi ada hal kece di Rowo Jombor yang siap menuntaskan rasa laparmu. Apakah itu? Apalagi kalau bukan Warung Apung. Waduk Rowo Jombor terletak di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat. Dari pusat kota Klaten berjarak sekitar 8 km. Tidak hanya mengisi perut di Warung Apung, kamu juga bisa berolahraga di area waduk. Buat Ibu-Ibu yang membawa anak-anak, tenang aja disini ada arena bermain untuk anak-anak juga loh Buk.

Di area Waduk Rowo Jombor yang luas ini juga terdapat museum pusat pertanian, pusat kerajinan, Taman Bukit Sidagora, dan tentunya panorama bendungan yang ciamik jika di jepret. Lengkapkan, padahal biaya masuknya cuma Rp.5000.

Candi Sewu

Candi Sewu Foto by @abisyarif

Sama halnya dengan Candi Plaosan, Candi Sewu juga tenggelam bersama populernya dua candi kece di Jawa Tengah. Tapi jika kamu tidak terburu-buru, tidak ada salahnya mampir sebentar ke candi ini. Candi Sewu terletak tidak jauh dari Candi Prambanan, tepatnya di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten.  Candi Sewu adalah candi Budhha terbesar kedua setelah Candi Borobudur yang didirikan pada pada abad ke-8. Yuk, mampir jangan ke Borobudur melulu!

Umbul Cokro

Jalan Menuju Umbul Cokro Foto by @vitto_vitto74

Umbul yang satu ini berada tidak jauh dari Umbul Ponggok. Namnya adalah Umbul Cokro. Umbul ini berada di Desa Cokro, Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten atau hanya berjarak sekitar 15 menit dari Umbul Ponggok.

Semula lokasi pemandian ini dikemas seperti kali atau sungai loh guys. Tapi saat ini pengelola sudah menyiapkan water boom, kolam renang untuk balita, remaja, dan dewasa. Tapi dijamin Umbul ini masih teduh banget karena banyak pohon disekitarnya. Untuk masuk ke kawasan wisata, kamu wajib membayar tiket masuk sebesar Rp.10000. Setelah mebayar tiket masuk, kamu akan melintasi jembatan yang cukup menegangkan untuk mencapai lokasi umbul.

Hutan Kota Gergunung

Hutan Kota Foto by @sedutsaja

Yang kece dan hits dari Hutan Kota Gergunung adalah rumah-rumah burung warna-warni yang berdiri memesona. Lokasinya di Jalan Ki Ageng Gribig, Klaten Utara. Waktu terbaik mengujungi tempat ini adalah saat sore hari. Jadi kamu bisa buat foto siluet yang bakal bikin teman-temanmu bertanya: “Itu di mana sich?”

Umbul Sigedang

Umbul Sigedang Cokro Foto by @timo_dark

Naaaah, kalau kamu sering minum salah satu merek air mineral terkenal di Indonesia, di Umbul ini kamu bisa merasakan sensasi berendam dalam air mineral terkenal itu. Hahahaha, kecekan? Umbul ini memang berada tidak jauh dari pabrik air mineral terkenal itu guys atau lebih tepatnya di pojok Desa Ponggok, Dusun Umbulsari, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Ingin berendam dalam air a**a? Kesini aja!

Umbul Susuhan

Umbul Susuhan Foto by @raisnh

Klaten kayanya pantas menyandang predikat sebagai surga umbul deh. Kali ini kamu bisa intip kesegaran Umbul Susuhan yang berada di Desa Manjungan, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Klaten guys. Air di Umbul Susuhan bisa banget memuaskan dahaga renangmu. Berbeda dengan Umbul Ponggok dan Umbul Manten yang udah populer, Umbul Susuhan justru masih digunakan masyarakat sekitar untuk aktivitas sehari-hari. Naaah, buat kamu yang ingin berendam dengan tenang bisa nyoba ke umbul ini.

Demikianlah ulasan mengenai destinasi wisata kota klaten,semog dapat menjadi alternatif liburan ketika kamu hendak liburan keklaten,semoga bermanfaat !