Saturday , 15 December 2018

Pasar Terapung Lok Baintan, Wisata Belanja Paling Unik di Kalsel

Pasar Terapung Lok Baintan – Berwisata tak lengkap rasanya jikalau tak membawa buah tangan khas tempat tujuan yang dituju seperti makanan khas hingga souvenir yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh orang terkasih yang menunggu kehadiran Anda di rumah. Nah tak terkecuali jikalau plesiran di Kalimantan Selatan, tak hanya terkenal dengan objek wisata baharinya yang menawan, namun ada wisata belanja yang tak dapat Anda jumpai di semua daerah.

Memilih barang dan bertransaksi di darat umumnya pernah dilakukan oleh semua orang, lantas bagimana rasanya jikalau Anda berbelanja dan bertransaksi ditemani dengan riak sungai Martapura yang menggoyang perahu Anda? Nah, objek wisata itu adalah Pasar Terapung Lok Baintan.

Sesuai namanya, pasar yang lebih populer dengan nama Pasar Terapung Sungai Martapura ini berada di aliran Sungai Martapura yang merupakan salah satu tempat berbelanja yang paling unik di Indonesia dan mengundang banyak wisatawan untuk merasakan sensasi berbelanja di atas perahu klotok atau sejenis sampan yang digerakkan oleh mesin.

Pasar Apung Lok Baintan
Pasar Terapung Lok Baintan

Keunikan Pasar Terapung Lok Baitan

Secara umum, Pasar Terapung Lok Baintan ini memiliki kesamaan dengan Pasar Terapung yang berada di Sungai Kuin atau Sungai Barito, sebab kedua jenis pasar ini sama-sama menjajakan berbagai kebutuhan kaum urban mulai dari buah-buahan, makanan khas Kalimantan Selatan, kopi hingga souvenir diatas perahu yang sesekali tersiak terbawa arus Sungai Martapura.

Baca Juga:  Candi Agung Amuntai, Kerajaan Hindu yang Masih Terkoneksi Alam Ghaib
Matahari Terbit Pasar Terapung Lok Baintan
Matahari Terbit di Pasar Terapung Lok Baintan

Setiap harinya mulai dari pukul 06.00 hingga 09.30 WITA, para pedagang yang berasal dari anak Sungai Martapura seperti Sungai Lenge, Sungai Bakung, Sungai Paku, Sungai, Alam, Sungai Saka Bunut dan anak sungai lainnya bertemu di satu titik yaitu Sungai Martapura untuk menjajakan dagangannya yang sangat beragam dan segar-segar mulai buah-buahan hingga souvenir juga segala rupa kebutuhan kaum urban dapat Anda jumpai di Pasar Terapung Lok Baintan. Para pedagang di pasar ini memang didominasi oleh wanita, lengkap dengan tutup kepala yang disebut dengan tanggui yang jadi ciri khas pedaganag di Pasar Terapung Lok Baintan ini.

Jika ingin menikmati sensasi berbelanja yang unik dan berbeda menggunakan sebuah perahu Anda bisa mengunjungi Pasar Terapung Lok Baintan ini setiap harinya melalui jalur darat dan jalur laut yang bisa Anda pilih. Salah satu alternatif yang paling efektif untuk menjangkau Pasar Terapung Lok Baintan ini adalah dengan menggunakan perahu yang dapat disewa dengan patokan tarif setiap rombongan Rp. 350.000 saja yang dapat menampung kurang lebih 20 wisatawan dengan jarak tempuh sekitar 30 menit.

Baca Juga:  Menara Pandang Banjarmasin, Ikon Kota Yang Wajib Dikunjungi

Namun jikalau tak ingin menggunakan jalur laut Anda juga bisa menempuh jalur darat yang pastinya waktu tempuh lumayan cukup lama kurang lebih mencapai 1 jam perjalanan. Mengingat medan dan akses menuju Pasar Terapung Lok Baintan ini cukup curam dan berliku sehingga membutuhkan waktu yang lumayan lama dibanding dengan menggunakan jalur laut yang hanya bisa di tempuh dalam 30 menit saja.

Pasar Terapung Lok Baintan Kalsel
Transaksi di Pasar Terapung Lok Baintan

Nah, uniknya jika ada perahu klotok yang membawa wisatawan para pedagang dengan sigapnya mengayuh perahunya yang berisikan bahan dagangan untuk mendekati perahu klotok wisatawan dengan harapan dagangannya dilarisi oleh para wisatawan tersebut. Setiap perahu tak ada henti-hentinya menjajakan bahan dagangannya kepada pembeli dengan harga yang relatif terjangkau sama layaknya pasar yang berada di darat pada umumnya. Tak perlu ragu menawar, sebab semua barang dagangan di Pasar Terapung Lok Baintan ini boleh ditawar, hingga mencapai harga yang disepakati antara pedagang dan pembeli.

Umumnya zaman sekarang pembayaran dengan sistem barter dirasa kurang efektif dalam dunia perdagangan, terlebih kini uang dianggap nilai tukar yang pasti saat melakukan transaksi jual beli. Tetapi sepertinya anggapan tersebut salah, sebab Anda masih bisa menemukan pembayaran dengan sistem barter di Pasar Terapung Lok Baintan ini.

Baca Juga:  Tempat Wisata di Banjarmasin yang Wajib Dikunjungi

Para pedagang menganggap bahwa uang bukanlah sebagai alat transaksi yang paling utama. Biasanya barang dagangan yang boleh diberlakukan sistem barter berupa hasil bumi seperti sayur mayur dan buah-buahan dengan besaran dan keberimbangan sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak. Jika kesepakatan sudah disetujui oleh kedua belah pihak maka masing-masing akan secara otomatis mendapatkan barang yang diinginkan yang nantinya akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Jikalau ingin merasakan sensasi belanja yang berbeda di temani dengan goyangan riak Sungai Martapura tak ada salahnya Pasar Terapung Lok Baintan ini Anda masukkan ke dalam list tujuan destinasi wisata di Kalimantan Selatan. Selain sayur mayur dan buah-buahan Anda juga bisa mendapatkan berbagai makanan dan kue khas Kalimantan selatan serta beberapa souvenir cantik yang bisa digunakan sebagai buah tangan sanak saudara di rumah. Untuk menuju ke pasar ini Anda bisa mengikut koordinat google maps disini agar lebih cepat sampai.

Mungkin itulah sedikit ulasan mengenai Pasar Terapung Lok Baitan yang bisa kami sajikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda seputar wisata belanja di Kalimantan Selatan. Salam.