Friday , 22 February 2019

Pantai Turki Banjarmasin, Pantai Eksotis Yang Sangat Memikat

pantai turki banjarmasin borneo web id
Credit: borneo.web.id

Banjarmasin, sebuah kota yang cukup luas terletak di Kalimantan Selatan yang memiliki potensi wisata alam menakjubkan. Tak heran jikalau Banjarmasin terkenal dengan objek wisata baharinya yang menawan sebab kawasan ini memiliki garis pantai cukup panjang dan luas. Nah, bagi yang ingin berlibur ke Banjarmasin tak ada salahnya menungjungi spot wisata terbaru di Banjarmasin yaitu Pantai Turki Banjarmasin.

Pantai Tungkaran Kiri atau yang populer dengan Pantai Turki Banjarmasin ini dulunya bukanlah sebuah objek wisata yang dibuka untuk umum. Sebab pantai yang berada di Kecamatan Jorong Kabupaten Tanah Laut ini merupakan sebuah pantai milik pribadi yang dikelola oleh keluarga Triswanto yang masih memiliki keturunan Turki.

Namun karena keindahannya yang mempesona banyak wisatawan terutama wisatawan lokal yang sering memadati spot wisata Pantai Turki Banjarmasin setiap akhir pekan atau masa liburan tiba, oleh sebab itu Pantai Turki dibuka sebagai destinasi pantai baru di Banjarmasin.

Daya tarik dari Pantai Turki Banjarmasin ini salah satunya ialah pantainya yang bersih bebas dari sampah dan terjaga rapi serta bentang alam yang luas dan eksotis lengkap dengan air lautnya yang jernih berwarna biru serta hamparan pasir putih sedikit kekuningan menambah keeksotisan yang dimiliki Pantai Turki. Banyak aktivitas yang dapat dilakukan di spot wisata Pantai Turki Banjarmasin ini seperti bermain air, berenang, berswa foto berlatarkan indahnya pantai atau bersantai di deretan gazebo yang di bangun dibawah rindangnya pepohonan.

Baca Juga:  Pantai Angsana Banjarmasin, ‘Bunakennya’ Kalimantan Selatan

Pantai yang dikelola sejak 1 tahun silam ini juga sudah memiliki beberapa fasilitas guna menunjang liburan bersama keluarga. Mulai dari deretan gazebo, payung-payungan lengkap dengan bangku dan alas untuk rebahan, rumah pohon serta hamparan luasnya lapangan hijau yang bersih dari sampah yang juga digunakan sebagai area camping ground. Namun meskipun di sekitar lokasi Pantai Turki belum banyak berdiri resort, tetapi Anda diperbolehan membawa bekal makanan sendiri asalkan selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

pantai turki banjarmasin
Pantai Turki

Akses untuk menuju kawasan wisata Pantai Turki ini terbilang mudah karena sudah bisa dilewati oleh kendaraan roda empat bahkan bus pariwisata sekalipun, namun Anda harus tetap berhati-hati saat berpapasan dengan sesama pengguna kendaraan roda empat. Meskipun jarak tempuh yang harus Anda lewati lumayan jauh yaitu sekitar 45 KM dari kota Pelaihari namun sesampainya di Pantai Turki rasa lelah Anda terbayar lunas dengan keindahan panorama yang disuguhkan.

Untuk memasuki kawasan wisata Pantai Turki Banjarmasin ini Anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam sebab tarif masuk yang dibandrol cukup murah yaitu sekitar Rp. 10.000 saja perorang serta diwajibkan membayar retribusi guna pembangunan tempat ibadah di lokasi wisata. Tentunya hal tersebut menjadi daya pikat tersendiri bagi para wisatawan, selain berlibur menikmati indahnya pantai Anda juga bisa bersedekah dalam pembangunan tempat ibadah.

Baca Juga:  Pantai Kesirat Gunungkidul, Tempat Camping Sekaligus Spot Memancing Yang Indah

Nah, bagi Anda yang ingin kesana tapi tidak tahu jalan silahkan ikuti koordinat google maps Pantai Turki disini. Itulah ulasan mengenai tempat wisata Pantai Turki Banjarmasin yang bisa dijadikan referensi untuk mengisi waktu liburan bersama orang-orang tersayang. Yuk agendakan liburanmu di akhir bulan nanti.