Sunday , 24 February 2019

Pantai Takisung Pelaihari, Destinasi Liburan Keluarga Terbaik di Kalsel

Pantai Takisung

Pantai Takisung Pelaihari, Destinasi Liburan Keluarga Terbaik di Kalsel – Jika memiliki rencana untuk menghabiskan masa liburan Anda bersama orang-orang terkasih atau keluarga besar, sepertinya provinsi Kalimantan selatan layak untuk Anda jadikan tujuan destinasi wisata Anda bersama orang-orang terkasih.

Tahukah Anda bahwa ada salah satu kabupaten yang populer dengan suguhan wisata baharinya yang sangat beragam sehingga memiliki daya tarik dan keunikan tersendiri, objek wisata tersebut adalah Pantai Takisung Pelaihari. Pensaran dengan destinasi satu ini? Yuk simak ulasannya.

Keindahan Pantai Takisung Pelaihari Cocok untuk Wisata Keluarga

Banyak yang menjadikan Pantai Takisung ini sebagai tujuan destinasi wisata, karena selain menarik dengan suguhan panorama alamnya, jaraknya lokasi wisata ini tak terlalu jauh dari pusat kota Pelaihari atau sekitar 22 KM saja dari ibukota Tanah Laut. Namun jika Anda dari Banjarmasin tentunya akan memakan waktu yang lumayan lama dan jarak tempuh yang cukup panjang yaitu 87 KM. Meskipun demikian, akses menuju tempat wsiata ini sudah baik karena menggunakan aspal hotmix mulus dan termasuk jalan milik pemerintah provinsi Kalimantan selatan.

Tak heran jikalau setiap tahunnya pengunjung yang menyambangi kawasan wisata Pantai Takisung Pelaihari ini mengalami peningkatan, sebab selain suguhan panorama dan keindahan yang ditawarkan, pemerintah setempat juga memperhatikan akan saranan serta fasilitas yang dapat menunjang aktivitas liburan kita. Oleh sebab itu, tak heran jikalau pada tahun 2018 ini spot wisata Pantai Takisung Pelaihari dimasukkan ke dalam usulan agenda kunjungan wisata terbaik di Kalimantan Selatan.

Pantai Takisung dari Ketinggian
Pantai Takisung dari Udara

Sesampainya di objek wisata Pantai Takisung Pelaihari ini kita akan dimanjakan dengan panorama indahnya laut dengan air yang berwarna biru jernih lengkap dengan hamparan pasir yang berwarna kecoklatan semakin menambah keelokan Pantai Takisung ini.

Baca Juga:  Pantai Ujung Pandaran yang Mempesona

Tak hanya itu, dipinggir pantai ini juga terdapat deretan pohon kelapa yang menjulang tinggi dengan rindangnya membuat kesejukan di kawasan wisata Pantai Takisung semakin terasa. Namun, uniknya pantai ini memiliki sebuah batu yang terdapat di tengah-tengah pantai yang kerap disebut dengan Batu Gosongan. Dikarenakan letak Batu Gosongan ini berada di tengah laut maka untuk mengunjunginya Anda bisa menyewa banana boat, perahu atau jetsky yang telah di sedikan oleh pengelola.

Aktivitas Seru di Objek Wisata Pantai Takisung Pelaihari

Melihat banyaknya panorama yang disuguhkan oleh Pantai Takisung Pelaihari tentunya juga akan menambah aktivitas liburan Anda guna menikmati pesona yang ditawarkan oleh tempat wisata bahari ini. Banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan di kawasan wisata pantai ini, mulai dari berenang dan bermain air di bibir pantai, memacu adrenalin dengan mencoba berbagai olahraga air seperti jetsky dan banana boat sembari melihat Batu Gosongan dengan tarif Rp. 20.000 perorang dewasa dan Rp. 15.000 untuk anak-anak.

Selain itu, bagi Anda yang ingin berkeliling di sekitar pantai sembari menikmati udara dan hamparan lautnya yang luas bisa menyewa motor racing dengan tarif Rp. 50.000 per setengah jamnya, atau bersantai sembari menikmati makanan yang dijajakan oleh pedagang keliling dibawah payung-payungan yang beralaskan karpet tepat dibibir pantai dengan tarif Rp. 25.000 sampai Rp. 50.000 perharinya.

Tak hanya itu destinasi wisata Pantai Takisung ini juga merupakan salah satu titik spot terbaik guna menikmati keindahan matahari tenggelam lho, maka tak heran jikalau menjelang sore tiba kawasan wisata ini selalu dipadati pengunjung yang ingin mengabadikan momen bumi menelan matahari yang cukup menawan.

Baca Juga:  Menara Pandang Banjarmasin, Ikon Kota Yang Wajib Dikunjungi
Main ATV di Pantai Takisung
Main ATV di Pantai Takisung

Untuk menambahkan kenyamanan bagi wisatawan yang berkunjung kesini, pemerintah yang dibantu oleh pengelola setempat menyediakan berbagai macam fasilitas yang dapat menambah semaraknya waktu liburan Anda bersama keluarga tercinta. Mulai dari ban atau pelambung yang dapat disewa untuk bermain air atau berenang di pinggir Pantai Takisung Pelaihari, deretan gazebo, tenda dan payung-payungan yang dapat Anda gunakan untuk tempat beristirahat sejanak dan berteduh dari sinar matahari, berbagai wahana permainan air menguji adrenalin seperti banana boat dan jetsky dapat ditemui di Pantai Takisung.

Selain itu terdapat motor racing yang bisa digunakan menyusuri tepi Pantai Takisung Pelaihari sembari menikmati semilir angin yang sepoi-sepoi berkat deretan pohon kepala yang menjulang tinggi dengan kokohnya. Tak perlu khawatir Anda akan kelaparan saat berwisata kesini sebab selain terdapat para penjaja makanan khas asongan yang berjualan keliling, kawasan wisata ini juga sudah dilengkapi pula dengan deretan resort yang menawarkan masakan khas daerah Kalimantan selatan dan beberapa makanan hidangan khas nusatara lainnya yang menggugah selera.

Tak hanya itu, kini kawasan wisata Pantai Takisung juga sudah dilengkapi dengan kedai-kedai yang menjajakan berbagai jenis hasil tangkapan laut seperti cumi, ikan dan olahan seafood lainnya hingga souvenir khas Kabupaten Tanah Laut yang dapat Anda boyong sebagai buah tangan orang di rumah. Nah bagi yang berasal dari luar Provinsi Kalimantan selatan, jangan takut sebab pemerintah yang dibantu oleh masyarakat setempat juga menyediakan akomodosi berupa penginapan lengkap dengan fasilitas yang menarik dan  mumpuni yang dijamin mampu mengobati rasa lelah setelah seharian berwisata.

Baca Juga:  Wisata Malam Balikpapan yang Wajib Dikunjungi
Kerennya Pantai Takisung
Kerennya Pantai Takisung

Perlu diketahui bahwa setiap tahunnya pada awal bulan Desember kawasan wisata Pantai Takisung Pelaihari ini selalu diadakan bazaar, pertunjukan seni daerah, dan panggung musik yang tentunya menambah keceriaan bersama orang-orang tersayang saat berlibur di wisata satu ini. Tak hanya itu pada saat yang sama kawasan wisata Pantai Takisung ini juga kerap dijadikan sebagai tempat perlombaan perahu hias serta lomba layang-layang yang sekaligus dijadikan sebagai peringatan hari jadi Kabupaten Tanah Laut.

Tarif Masuk Pantai Takisung Pelaihari

Tak perlu khawatir akan menghabiskan banyak biaya sebab guna menikmati pesona yang disuguhkan oleh tempat wisata Pantai Takisung Pelaihari ini, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 5.000 saat hari biasa dan Rp. 10.000 saat masa liburan atau akhir pekan tiba yang ditambah dengan biaya parkir, maka Anda sudah bisa menikmati keindahan pesona alam khas Pantai Takisung ini sepuasnya.

Biaya yang dikeluarkan tersebut sudah termasuk asuransi jiwa jika terjadi kecelakaan air atau hal-hal yang tak diinginkan selama berada disini.

Nah, itulah ulasan mengenai salah satu rekomendasi tempat wisata bahari yang terdapat di Kalimantan selatan tepatnya di Kabupaten Tanah Laut dengan ibu kota Pelaihari yaitu objek wisata Pantai Takisung Pelaihari yang wajib Anda ketahui sebelum kesana. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan.