Sunday , 24 February 2019

Pantai Parangkusumo Bantul Yang Berselimut Cerita Mistis

pantai parangkusumo mistis

Pantai Parangkusumo Bantul Yang Berselimut Cerita Mistis – Pantai Parangkusumo merupakan sebuah pantai yang terdapat di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta dan masih dalam satu kawasan dengan Pantai Parangtritis.

Pantai Parangkusumo jika ditempuh dari Kota Yogyakarta pantai ini berjarak sekitar tiga puluh kilometer. Pantai ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia yang memiliki ombak yang deras, sehingga bagi wisatawan harus berhati-hati.

Selain ombaknya yang tinggi dan berbahaya, pantai ini juga memiliki daya tarik lain berupa hamparan pasir yang luas serta keunikan budayanya, yang ditunjukkan dengan adanya penyelenggaraan ritual khusus pada waktu-waktu tertentu.

Cerita Mistis Pantai Parangkusumo

Ada cerita mistis yang berkembang di Pantai Parangkusumo, yaitu tentang Batu Cinta yang ada di pantai tersebut. Batu Cinta  di Pantai Parangkusumo ini terdapat dalam sebuah bangunan yang disebut Cepuri. Dua buah batu ini menurut mitos yang beredar di masyarakat merupakan tempat bertemunya Panembahan Senopati, Raja Kerajaan Mataram yang pertama dengan Ratu Kidul.

Dalam pertemuan itu Panembahan Senopati meminta kepada Ratu Kidul untuk dapat memerintah Mataram. Ratu Kidul menyanggupi, namun dengan syarat Panembahan Senopati dan keturunannya harus menjadi suaminya. Panebahan Senopati pun menyetujui, asalkan dalam hubungan itu tidak akan menghasilkan anak. Dan memang fakta sejarah membuktikan Panembahan Senopati dapat memerintah Mataram dan menjadikan Mataram sebagai penguasa di Tanah Jawa serta disegani oleh kerajaan di sekitarnya.

Baca Juga:  Surga Tersembunyi Pantai Teluk Hijau Banyuwangi

Mitos Pantai Parangkusumo

Keberhasilan Panembahan Senopati dalam bersemedi di Pantai Parangkusumo kemudian menginspirasi masyarakat umum. Mereka percaya kalau mau tirakat di Pantai Parangkusumo maka semua keinginannya dapat terkabul. Oleh karena itu tak heran pada saat-saat tertentu di batu Cinta ini banyak orang yang memanjatkan doa untuk memohon permintaan dengan berbagai macam cara.

Harga Tiket Masuk Pantai Parangkusumo

Tiket masuk yang berlaku di Pantai Parankusumo adalah tiket retribusi di gerbang depan atau sering disebut TPR. Tiket ini sudah termasuk tiket masuk ke Pantai Parangtritis karena memang kedua pantai ini masih dalam satu kawasan.

Berikut ini harga tiket masuk kawasan Pantai Parangkusumo dan Pantai Parangtritis:
Tiket masuk Rp. 3.000,- per orang
Tarif masuk motor Rp.1.000,-
Tarif masuk mobil Rp.5.000,-
Tarif parkir motor Rp. 2.000,-
Tarif parkir mobil Rp. 5.000,-
Tarif sewa ATV Rp. 50.000,- per 15 menit
Tarif sewa kereta kuda Rp. 20.000,- per 1 kali putaran

Bagaimana, tertarik berkunjung ke Pantai Parangkusumo? Selamat berlibur ke Parangkusumo dan menikmati keindahan Yogyakarta dan sekitarnya, ya!

Baca Juga:  Keindahan Pantai Kasap, Sensasi Raja Ampat Ala Pacitan (Rute dan Tiket Masuk)