Sunday , 24 February 2019

Pantai Pagatan Batulicin, Wisata Bahari Sambil Belajar Adat Setempat

Pantai Pagatan Kalimantan Selatan

Pantai Pagatan Batulicin, Wisata Bahari Sambil Belajar Adat Setempat – Banjarmasin adalah sebuah kota besar yang terletak di Kalimantan Selatan yang menyuguhkan berbagai jenis tempat wisata menarik. Banyak objek wisata di Banjarmasin yang menjadi tempat favorit para wisatawan baik itu lokal maupun mancanegara untuk menghabiskan liburannya bersama keluarga. Namun tahukah, kota yang didominasi oleh objek wisata bahari ini juga memiliki spot wisata yang diklaim sebagai kawasan wisata bahari terbaik yang kerap dijadikan sebagai tempat penyelanggaraan berbagai acara, yaitu Pantai Pagatan Batulicin.

Pantai yang populer karena perayaan tradisi rutin setiap tahunnya ini menjadi daya pikat tersendiri bagi para wisatawan untuk menjadikan spot wisata ini pilihan terbaik saat liburan. Tak heran jikalau setiap akhir pekan atau saat liburan tiba objek wisata Pantai Pagatan Batulicin selalu disesaki para pelancong yang ingin menikmati keindahan sembari menyaksikan acara adatnya yang cukup khas.

Selain dapat menikmati suguhan indahnya hamparan laut lepasnya yang luas, pantai yang memiliki garis pantai sejauh 200 meter ini juga dilengkapi pula dengan pasir putih bersih diiringi dengan angin sepoi-sepoi berkat deretan pohon kepala yang tumbuh rindang di pinggir pantai. Tentu hal ini akan semakin menambah suasana kesejukan dan keasrian di Pantai Pagatan Batulicin.

pantai pagatan kalsel

Upacara Ritual di Pantai Pagatan Batulicin

Nah, jika kita beruntung akan disuguhkan dengan ritual adat istiadat yang masih dijaga hingga saat ini oleh masyarakat setempat. Acara adat yang kerap disebut dengan Mappanretasi ini merupakan salah satu ritual adat Bugis yang setiap tahunnya rutin dilakukan pada awal minggu pertama bulan April hingga akhir bulan April oleh penduduk sekitar.

Baca Juga:  Keindahan Palangkaraya Kota Cantik, Tujuan Destinasi Wisata Terbaik

Acara tradisi yang masih dilestarikan hingga sekarang ini adalah salah satu wujud rasa syukur kepada Tuhan dari masyarakat sekitar, apalagi yang menggantungkan hidupnya dari hasil kekayaan Pantai Pagatan Batulicin atas hasil lautnya yang melimpah ruah setiap tahunnya. Selain itu acara adat Mappanretasi juga bertujuan untuk meminta perlindungan dan keselamatan kepada Tuhan saat melaut sehingga terhindar dari mara bahaya.

Acara adat yang setiap tahunnya digelar selama hampir satu bulan penuh ini tak hanya melabuhkan sesajian yang berupa makanan, buah-buahan dan kepala kerbau saja ke tengah laut oleh Bupati Tanah Bambu, namun juga dilengkapi dengan berbagai acara adat lainnya berupa tari-tarian adat Kalimantan Selatan serta panggung hiburan yang dimeriahkan oleh artis lokal dan artis ibukota.

Tak hanya itu di pinggir Pantai Pagatan juga dilengkapi pula dengan berbagai stand yang menjajakan berbagai makanan, souvenir, hingga pakaian, dan deretan warung kopi yang tentunya semakin menambah semarak acara Mappanretasi.

Aktivitas Seru di Pantai Pagatan Batulicin

Namun, bagi Anda yang tak bisa berkunjung pada bulan April tak perlu khawatir. Karena meskipun belum bisa menyaksikan ritual adat kabupaten Tanah Bambu , Anda masih bisa melakukan berbagai aktivitas liburan yang menarik lainnya di Pantai Pagatan ini. Seperti bermain air atau berenang di tepian pantai dengan menyewa pelampung atau ban yang disediakan oleh pengelola dengan tarif murah. Tenang, kondisi ombak di Pantai Pagatan Batulicin ini sangat bersahabat sebab memiliki debit ombak yang tenang, jadi aman jika ingin berenang di sekitar pantai ini. Namun meskipun demikian, Anda harus tetap berhati-hati dan menjaga keselataman diri.

Baca Juga:  14 Ide Kunjungan Tempat Wisata Menarik di Banjarmasin

Selain itu, juga dapat berkeliling Pantai Pagatan Batulicin ini dengan menggunakan banana boat dan jetsky dengan biaya sewa yang pas di kantong. Tetapi bagi Anda yang tak ingin basah-basahan, Anda cukup bersantai di deretan gazebo yang  telah disediakan oleh pengelola atau menyewa payung-payungan yang dapat digunakan sebagai tempat bersitirahat sejenak dan berteduh sembari menikmati suguhan yang ditawarkan oleh Pantai Pagatan Batulicin ini.

Guna memberi kenyamanan aktivitas liburan, kawasan wisata Pantai Pagatan ini juga dilengkapi dengan berbagai akomodasi berupa fasilitas yang menarik mulai dari olahraga air yang cukup lengkap, deretan resort yang menjajakan berbagai olahan seafood dan makanan khas Kalimantan Selatan, hingga tempat penginapan yang dapat digunakan guna melepas lelah baik itu hotel melati hingga hotel berbintang tersedia lengkap disini.

Bagi Anda yang berada dari kota yang jauh, jangan takut jika kehabisan tempat penginapan, sebab masyarakat sekitar juga membuka pintu rumahnya seluas-luasnya yang dapat kita jadikan tempat penginapan dengan tarif sukarela saja. Wah menarik sekali ya?

Baca Juga:  5 Tempat Wisata di Pelaihari yang Wajib Dikunjungi
Dermaga Baru Pantai Pagatan
Dermaga Baru Pantai Pagatan

Tak salah jikalau memasukkan Pantai Pagatan Batulicin ke dalam list daftar liburan. Mengingat selain memiliki panorama elok dan masih menjunjung tinggi adat istiadat, lokasinya yang berada disamping jalan utama trans-Kalimantan ini juga mudah diakses oleh kendaraan pribadi. Meskipun dari kota Banjarmasin lumayan jauh yaitu sekitar 300 KM namun perjalanan panjang akan terbayarkan dengan suguhan panorama Pantai Pagatan Batulicin ini serta keindahan lainnya.

Jika berminat plesiran ke kota Banjarmasin jangan lupa untuk mampir di objek wisata Pantai Pagatan Batulicin yang tepatnya terletak di Desa Pagatan Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan ini. Apabila masih bingung silahkan ikuti koordinat gmaps disini, terutama untuk kalian yang berasal dari luar kota.

Berlibur ke Pagatan Batulicin selain menyenangkan, kita juga akan disuguhkan dengan berbagai acara adat istiadat yang mungkin jarang sekali ditemui didaerah-daerah lain. Sekian ulasan mengenai wisata pantai pada kesempatan kali ini. Semoga info yang kami berikan bisa bermanfaat sekaligus menjadi referensi bagi Anda sebelum berlibur kesana. Yuk agendakan liburanmu bulan depan kesana.