Sunday , 24 February 2019

Pantai Muara Kintap, Pantai Ayunan Jomblo Nge-hits di Tanah Laut

muara kintap

Pantai Muara Kintap, Pantai Ayunan Jomblo Nge-hits di Tanah Laut – Pantai Muara Kintap merupakan salah satu destinasi wisata terbaru di Pulau Borneo. Dulunya, pantai ini belum banyak dikenal oleh masyarakat umum seperti sekarang, hal ini disebabkan karena lokasi objek wisata Pantai Muara Kintap ini yang lumayan jauh sekaligus belum mendapat perhatian penuh dari pemerintah setempat, sehingga kondisinya terbengkalai dan memprihatinkan.

Namun karena masyarakat setempat ingin mengubah image Pantai Muara Kintap ini, kemudian pada tahun 2016 silam pemerintah setempat bersama masyarakat sekitar melakukan revitalisasi pantai baik itu dari sarana, prasarana serta akses jalan menuju lokasi wisatanya. Setelah kurang lebih setahun lamanya direnovasi dan diperbaiki, akhirnya pada bulan April tahun 2017, Pantai Muara Kintap ini resmi dibuka sebagai objek wisata di provinsi Kalimantan Selatan. Penasaran?

Keindahan Tempat Wisata Pantai Muara Kintap

Objek wisata yang terletak di Desa Kintap, Muara Kintap, Kabupaten Tanah Laut, provinsi Kalimantan Selatan ini menyuguhkan indahnya pesona pantai lengkap dengan hamparan pasir putih bersihnya di tepi pantai serta memiliki ombak dengan debit tenang dan ditemani pula dengan deretan pepohonan tumbuh rindang di pinggir pantai tentu semakin manambah kesejukan dan keasrian suasana di tempat wisata Pantai Muara Kintap ini.

Meskipun akses untuk menuju ke destinasi wisata ini sangat jauh dengan medan yang lumayan terjal meskipun sudah diperbaiki pemerintah sebelumnya, apalagi perjalanan menuju kawasan wisata ini cukup melelahkan pasalnya Anda harus menempuh perjalanan darat selama kurang lebih 3 jam sebab jarak kawasan wisata Pantai Muara Kintap dari pusat kota Banjarmasin sekitar 150 KM atau sekitar 11 KM dari simpang 4 Muara Kintap.

Baca Juga:  Lokasi dan Tiket Masuk Pantai Sedahan Gunungkidul

Walaupun demikian, Anda tak perlu khawatir akan bosan dalam perjalanan panjang menuju objek wisata ini, sebab disepanjang jalan menuju Pantai Muara Kintap ini Anda disuguhkan dengan berbagai macam pemandangan yang elok dan deretan rumah penduduk sekitar. Tetapi alangkah lebih baiknya jikalau Anda baru pertama kali menyambangi Pantai Muara Kintap ini, ajaklah seseorang yang sudah pernah berkunjung ke spot wisata ini sebelumnya. Mengingat Anda akan melalui perjalanan panjang yang berkelok-kelok dan pastinya akan membingungkan bagi yang baru pertama kali plesiran ke Pantai Muara Kintap ini.

muara kintap beach
Pantai Muara Kintap, keren baaat.

Sesampainya di lokasi wisata Pantai Muara Kintap, rasa lelah Anda akan terbayarkan dengan suguhan yang ditawarkan. Selain suguhan indahnya pantai lengkap dengan air yang berwarna biru jernih dan hamparan pasir yang putih bersih, Anda juga bisa berfoto bersama orang-orang terkasih di spot foto terfavorit berupa ayunan yang dilengkapi dengan tulisan yang menarik sengaja dibuat oleh karang taruna setempat yang tentunya semakin menambah semarak liburan Anda. dengan adanya tulisan Jomblo, Galau dan Muara Kintap.

Salah satu spot foto yang kerap digunakan untuk berswafoto adalah ayunan yang memiliki tulisan Jomblo bagi mereka datang sendiri, namun bagi mereka yang plesiran ke Pantai Muara Kintap bersama rombongan biasanya akan memiliki spot foto ayunan dengan latar belakang tulisan muara kintap. Banyak sekali aktivitas yang dapat Anda lakukan di kawasan wisata Pantai Muara Kintan ini seperti bermain air dan berenang di luasnya lautan dengan air yang jernih atau bersantai menikmati keelokan pantai di deretan gazebo yang bisa Anda sewa dengan tarif Rp. 10.000 hingga Rp. 20.000 saja per harinya.

Baca Juga:  Wisata Pantai Jodoh Banjarmasin nan Elok Menyejukan Mata

Tak hanya gazebo ternyata pengelola juga menyediakan tempat berteduh berupa payung-payungan berwarna-warni yang sengaja diletakkan di pinggir pantai yang cocok untuk dijadikan sebagai tempat beristirahat sembari menikmati angin semilir ditepi Pantai Muara Kintap. Bagi Anda yang memiliki hobi fotografi, kawasan wisata ini juga dilengkapi pula dengan berbagai background berupa ayunan yang mirip dengan objek wisata di Gili Trawangan yang cocok untuk Anda jadikan sebagai background foto bersama keluarga atau kekasih.

spot pelaminan muara kintap
Spot Pelaminan Pantai Muara Kintap

Banyak sekali aktivitas yang dapat dilakukan di wisata Pantai Muara Kintap ini, tentunya untuk menunjang seluruh aktivitas liburan kawasan wisata ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas menarik, seperti deretan gazebo dan payung-payungan yang dapat Anda sewa untuk melepas lelah sejenak dan berteduh dari teriknya sinar matahari, wahana olahraga air yang dapat menguji adrenalin hingga deretan warung yang menjajakan berbagai jenis makanan ringan yang dapat menemani Anda saat menikmati indahnya Pantai Muara Kintap ini.

Objek wisata Pantai Muara Kintap ini memang masih tergolong sebagai destinasi wisata terbaru di Kota Banjarmasin khususnya di Kabupaten Tanah Laut, maka tak heran jikalau tempat wisata ini belum dilengkapi dengan akomodasi berupa tempat penginapan yang dapat Anda gunakan sebagai tempat beristirahat dan bermalam. Namun tenang saja, meskipun demikian, Anda bisa membangun tenda di tepi Pantai Muara Kintan ini tanpa di pungut biaya apapun. Jika Anda berniat untuk membangun tenda Anda bisa membawa peralatan sendiri dari rumah atau menyewa kepada pengelola setempat dengan tarif yang murah.

Baca Juga:  5 Tempat Hunting di Banjarbaru yang Hits

Spot wisata yang selalu dipenuhi pengunjungi saat akhir pekan atau saat masa liburan tiba hingga hari-hari besar perayaan tertentu ini merupakan salah satu spot wisata bahari termurah di provinsi Kalimantan Selatan khususnya di Kabupaten Tanah Laut, pasalnya untuk menikmati suguhkan keelokan yang ditawarkan oleh Pantai Muara Kintap ini Anda tak harus mengeluarkan biaya sedikitpun guna membayar retribusi atau tiket masuk sebab tak ada tarif khusus yang dibandrol untuk memasuki kawasan wisata ini. Namun, bagi Anda yang membawa kendaraan, Anda akan dikenai biaya parkir sebesar Rp. 10.000 saja untuk kendaraan roda empat.

Nah, itulah ulasan mengenai tempat wisata di Pantai Muara Kintap yang dapat Anda jadikan sebagai referensi tujuan liburan diakhir pekan atau saat masa liburan tiba bersama orang-orang terkasih. Bagi Anda yang masih bigung khususnya yang berasal dari luar kota silahkan ikuti koordinat link gmaps disini. Anda bisa mengikuti sesuai dengan peta google maps agar cepat sampai tujuan. Eksplor terus keindahan pesona yang disuguhkan Indonesia, agar dapat menarik minat wisatawan mancanegara untuk mengunjungi spot-spot menarik lainnya di Indonesia. Sekian ulasan kali ini dan semoga bermanfaat untuk Anda semuanya.