Sunday , 24 February 2019

Pantai Melawai, Pantai Favoritnya Muda-Mudi Balikpapan

sunset di pantai melawai
Sunset di Pantai Melawai

Pantai Melawai merupakan salah satu tujuan wisata yang wajib dikunjungi sewaktu berlibur ke Kalimantan Timur, lebih tepatnya di kota Balikpapan. Kota Balikpapan sendiri merupakan pintu gerbang utama berbagai aktivitas di Provinsi Kalimantan Timur. Hal tersebut lah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi sejumlah wisatawan dari luar daerah yang ingin menyaksikan keelokan alam Kalimantan, terutama di Kalimantan Timur ini.

Tempat-tempat wisata alam yang cukup menjanjikan mulai dikelola secara baik oleh pemerintah agar menjadi pusat perhatian bagi sejumlah wisatawan domestik maupun mancanegara. Salah satu destinasi wisata yang sangat populer di Balikpapan yakni Pantai Melawai. Pantai ini menjadi ikon atau menjadi tempat tongrongan anak-anak muda yang tinggal di Balikpapan dan menjadi pariwisata menarik di pulau Kalimantan ini.

Pantai Melawai terkenal karena lokasinya yang terbilang mudah untuk dijangkau dan juga memiliki pemandangan alam yang khas sekali. Pantai ini seakan-akan telah menjadi cerminan kota Balikpapan sendiri. Hal tersebut bisa tergambarkan dari beragam aktivitas dan fasilitas serta bangunan yang berdiri berjajar di sekitar pantai ini.

Apabila memandang ke arah laut, wisatawan akan disuguhkan pemandangan laut yang begitu menarik. Di pantai ini terdapat berbagai jenis kapal dengan berbagai jenis ukuran seperti perahu nelayan, kapal-kapal tongkang dan beragam jenis kapal tanker serta berbagai aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Semayang.

Apabila memandang ke arah daratan, wisatawan akan menyaksikan keramaian lalu lintas, bangunan gedung-gedung, perkantoran perusahaan tambang, kafe, hotel dan bangunan lainnya. Hal inilah yang menjadi keunikan tersendiri dari Pantai Melawai ini yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman.

Baca Juga:  Taman Bekapai, Taman Asri Nan Indah Di Kalimantan Timur

Secara harfiah pantai ini mempunyai pasir berwarna putih dengan bentuknya yang landai. Pantai ini merupakan bibir laut yang dibatasi dengan batu karang dan tembok beton yang melintasi bagian atasnya jalur transportasi darat.

Sunset di Pantai Melawai

Apabila Anda berada di Kalimantan Timur, khususnya kota Balikpapan, untuk menyaksikan sunset mustahil untuk dilakukan. Hal tersebut dikarenakan letak kota Balikpapan berada di Kalimantan Timur, secara geografis daerah ini terletak di bagian paling timur Kalimantan. Jadi pemandangan yang mudah sekali ditemui yakni menikmati matahari terbit (sunrise) bukan menyaksikan matahari terbenam (sunset). Akan tetapi teori tersebut tidak berlaku di pantai ini, dikarenakan lokasi pantai Melawai terletak di teluk kecil dan pemandangannya tidak terhalang apapun. Nah, jadinya pemandangan sunset pun akan tampak sempurna dan indah apabila melihatnya di pantai ini.

sunset di pantai melawai
Sunset di Pantai Melawai

Selain bisa menyaksikan sunset yang mempesona, di sekitaran pantai juga terdapat pulau kecil bernama Pulau Tukung atau sering dikenal dengan Pulau Babi. Di juluki pulau Babi karena banyak sekali disinggahi binatang bulu babi. Apabila airnya sedang surut, Anda bisa langsung menuju ke pulau ini dengan berjalan kaki karena lokasinya tak begitu jauh dari pantai ini.

Kuliner Pantai Melawai

Pantai yang memiliki keindahan yang khas dan cukup unik ini juga memiliki sejumlah kuliner yang menjadi santapan favorit bagi masyarakat Kalimantan Timur. Dengan keindahan pemandangan sunset yang sangat memanjakan mata membuat siapa saja betah berlama untuk menikmati pantai ini. Suasana gemerlap lampu kapal-kapal yang mulai menerangi malam hari menjadikan magnet tersendiri bagi sejumlah wisatawan yang berkunjung ke destinasi ini.

Baca Juga:  Souvenir Khas Balikpapan yang Menyimpan Kenangan

Kuliner Pantai Melawai

Suasana malam semakin lengkap dengan sejumlah kafe-kafe yang siap menawarkan sejumlah menu makan malam lengkap disana. Kafe tersebut ada menyajikan dengan cara lesehan sebagai tempat menikmati semilirnya angin pantai nan sejuk yang disertai keindahan laut di malam hari sambil menyantap hidangan makan malam yang ditawarkan. Destinasi wisata ini sangatlah baik untuk dijadikan pilihan tempat berkumpulnya keluarga atau bersama teman-teman.

Lokasi Pantai Melawai

Pantai ini berlokasi di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur dan merupakan salah satu dari sekian lokasi wisata populer di Balikpapan. Pantai ini berdekatan langsung dengan Pelabuhan Semayang Balikpapan dan Teluk Banua Patra.

Harga Tiket Masuk Pantai

Para wisatawan cukup dimanjakan sewaktu berlibur ke lokasi wisata ini, pasalnya pengunjung bisa masuk ke wisata pantai secara gratis tanpa dipungut uang tiket. Jadi para pengunjung bisa menikmati sepuasnya untuk bersantai di pantai nan indah ini.

Akses atau Rute Menuju Pantai Melawai

Untuk menuju ke pantai ini, para wisatawan bisa memakai kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Kendaraan umum yang disediakan disana yakni taksi dan angkutan kota. Angkutan kota yang biasanya melintasi jalan di pinggir pantai ini yakni angkutan kota bernomor 6 (enam). Tidaklah sulit untuk bisa sampai ke lokasi pantai, dikarenakan pantai ini letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota Balikpapan. Dari pusat kota berjarak sekitar 3 km dan Anda bisa menempuhnya sekitar 10-15 menit untuk menuju pantai.

Baca Juga:  Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Fasilitas dan Akomodasi

Di pantai tersebut telah disediakan berbagai fasilitas yang cukup mendukung diantaranya tempat parkir di sepanjang pinggir jalan pantai, hotel, restoran dan berbagai jenis warung makan di sekitaran pantai, tempat karaoke, arena olahraga, bank dan rumah sakit.

Apabila ingin menginap, wisatawan akan disuguhkan beberapa pilihan hotel dekat pantai yang dapat dijadikan pilihan. Pilihan hotel tesebut diantaranya Swiss-Belhotel, Aston Balikpapan Hotel & Residence, Ibis Balikpapan, hotel Gran Senyiur dan Novotel Balikpapan. Selain itu, ada sejumlah penginapan menengah ke bawah yang harganya lebih terjangkau untuk wisatawan.

melawai
Sudut Pantai Melawai

Tips Berlibur Ke Pantai Melawai

Apabila Anda ingin berkunjung di puncak keramaian pantai, usahakan untuk datang di sore dan malam hari. Selain malam minggu, hari selasa malam juga biasa dijadikan muda-mudi nongkrong di pantai ini. Usahakan untuk selalu menjaga kebersihan ketika sedang berada di tempat wisata termasuk pantai ini.

Demikian informasi mengenai Pantai Melawai, pantai ini bisa dijadikan destinasi wisata menarik ketika Anda sedang berlibur di Kalimantan Timur. Jadi jangan sampai terlewatkan liburan murah ini yaa…