Sunday , 24 February 2019

Eloknya Pantai Lamaru Balikpapan Berpagar Cemara

Eloknya Pantai Lamaru Balikpapan Berpagar Cemara

Balikpapan adalah kota besar di Kalimantan Timur dengan deretan pantainya yang sangat mempesona. Bagi wisatawan yang datang ke Balikpapan, harus menikmati keindahan pantai di sana, salah satunya adalah Pantai Lamaru Balikpapan. Pantai ini memiliki pesona alam yang masih sangat asri dan begitu menyejukkan.

Pantai Lamaru Balikpapan ini, terletak di Desa Teritip, Balikpapan Timur, Kalimantan Timur. Pantai ini berjarak sekitar 24 km jika ditempuh dari pusat Kota Balikpapan, atau kira-kira selama 30 menit perjalanan normal. Pantai ini menjadi salah satu tujuan utama para wisatawan yang datang ke Balikpapan untuk berlibur. Di pantai ini, wisatawan mengincar suasana pantai yang asri dan tenang untuk melepas penat dan bersantai dengan pasangan, keluarga, maupun teman-teman.

Keindahan Pantai Lamaru Balikpapan

Pantai Lamaru Balikpapan memiliki hamparan pasir putih yang terbentang cukup luas. Pantai ini menghadap ke Selat Sulawesi dengan air yang berwarna biru muda dan begitu jernih, dengan ombak yang kecil, serta angin yang menyejukkan. Yang lebih istimewa lagi dari Pantai Lamaru Balikpapan adalah terdapat deretan pepohonan Cemara tidak jauh dari pesisir pantai. Hal ini menciptakan suasana yang begitu asri.

Baca Juga:  Penginapan Murah di Berau, Kalimantan Timur
Pantai Lamaru Balikpapan
Pantai Lamaru Balikpapan

Wisatawan dapat beristirahat, menimati makanan dan minuman, atau menunggu yang lainnya berenan, sembari menikmati suasana asri di bawah pepohonan Cemara. Wisatawan tidak perlu lagi menyewa tenda atau payung untuk berteduh, sebab pepohonan Cemara di pantai ini telah memberikan keteduhan serta kesejukan.

Biaya Tiket dan Operasioal di Pantai Lamaru Balikpapan

Untuk bisa masuk dan menikmati keindahan alam di Pantai Lamaru Balikpapan, wisatawan harus membayarkan biaya retribusi sebesar Rp 15 ribu per orangnya. Selain itu, wisatawan yang membawa kendaraan juga dikenakan tarif kendaraan yakni RP 5 ribu untuk roda dua, Rp 15 ribu untuk roda 4, serta Rp 50 ribu untuk kendaraan roa 6.

Biaya tiket retribusi di Pantai Lamaru Balikpapan memang cenderung lebih mahal jika dibandingkan pantai lain yang ada di Balikapan. Hal ini dikarenakan Pantai Lamaru dikelola oleh pihak swasta, bukan pemerintahan, sehingga harganya cenderung lebih mahal. Namun demikian, biaya tersebut akan terbayarkan ketika telah memasuki kawasan Pantai Lamaru Balikpapan. Pesona pantainya yang begitu indah, dipadukan dengan pepohonan Pinus, menjadikan suasana Pantai Lamaru Balikpapan sangat menenangkan.

Baca Juga:  5 Tempat Wisata di Kalimantan yang Terkenal Instagenik

Fasilitas Pantai Lamaru Balikpapan

Fasilitas yang ada di Pantai Lamaru Balikpapan telah banyak tersedia dan dikembangkan oleh pihak pengelola. Di tempat ini telah banyak tersedia toilet, warung makan, tempat ibadah, dan wahana permainan. Deretan warung makan yang ada di Pantai Lamaru Balikpapan menyediakan berbagai jenis menu makanan dan minuman yang begitu lezat dengan harga yang terjangkau.

Adapun wahana permainan yang tersedia di pantai ini adalah banana boat. Dengan mengumpulkan penumpang sejumlah maksimal 6 orang, wisatawan dapat menikmati bermain air dengan menaiki banana boat. Wisatawan bisa menikmati wahana permainan ini dengan membayar Rp 15 ribu rupiah.

Suasana Pantai Lamaru Balikpapan
Suasana Pantai Lamaru Balikpapan

Selain itu, untuk menjaga keamanan dan keselamatan di Pantai Lamaru Balikpapan, pihak pengelola telah menyediakan security intern beserta adanya sejumlah petugas kepolisian yang berjaga di tempat tertentu.

Bagi yang ingin menikmati keindahan pantai yang dipadukan dengan keindahan alam berupa adanya pepohonan yang meneduhi sekitar pesisir pantai, Pantai Lamaru Balikpapan adalah solusinya. Jika berlibur ke Balikpapan, maka juga harus berkunjung ke pantai ini.

Baca Juga:  Pantai Melawai, Pantai Favoritnya Muda-Mudi Balikpapan