Monday , 25 February 2019

Pantai Kesirat Gunungkidul, Tempat Camping Sekaligus Spot Memancing Yang Indah

pantai Kesirat Gunungkidul

Gunungkidul memang menyimpan begitu besar potensi wisata di setiap jengkal wilayahnya. Deretan pantai indah di sisi selatan seolah menggambarkan betapa kaya kabupaten di ujung tenggara Daerah Istimewa Yogyakarta ini. Salah satunya adalah Pantai Kesirat yang terletak di desa Girikarto, kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Pantai Kesirat bertempat satu arah dengan Pantai Wohkudu. Jika kamu sudah menemukan area parkir Pantai Wohkudu, maka selanjutnya kamu tinggal mengikuti jalan utama terus sampai ke Pantai Kesirat. Adapun lokasi Pantai Kesirat dapat kamu kunjungi melalui Google Maps pada koordinat -8.096265,110.435195

Rute, Jalan, Peta Lokasi Menuju Pantai Kesirat Gunungkidul

Pantai Kesirat berjarak 60km dari pusat kota Yogyakarta dapat di tempuh dengan 1jam 30menit perjalanan menggunakan kendaraan pribadi roda empat ataupun roda dua. Ada dua rute utama yang paling efektif untuk menuju Pantai Kesirat.

Rute pertama, Yogyakarta > Jl. Wonosari > Piyungan > Patuk > Sambipitu > Gading (lapangan terbang) ambil kanan menuju arah Playen > Paliyan ( Pasar Paliyan ambil arah ke kiri) Puslatpur TNI > Saptosari > Lapangan Saptosari >arah pantai Gesing dan Kesirat > ( ambil arah ke kanan menuju Girikarto) > sampai di Girikarto (lurus hingga menjumpai pertigaan kemudian ambil kiri) menuju dusun Nglaos > ikuti terus jalan, ada pertigaan pertama kemudian ambil kanan > Pantai Kesirat.

Baca Juga:  Indahnya Pantai Kemala Balikpapan

Rute kedua, Yogyakarta > Imogiri Bantul > Siluk > Panggang > Saptosari > ada pertigaan (setelah MTS Yappi Jetis ambil ke kanan arah pantai Gesing dan Kesirat) > Girikarto > dusun Nglaos > (lurus terus) ada pertigaan ambil arah ke kanan > Pantai Kesirat.

Keindahan Pantai Kesirat ini semakin lengkap dengan banyaknya aktivitas yang bisa kita lakukan di Pantai Kesirat. Di pantai ini tersedia lahan yang cukup luas untuk camping, sama halnya dengan Pantai Wohkudu yang terpencil itu. Selain itu, Pantai Kesirat merupakan salah satu spot mancing favorit di daerah Gunungkidul. Jadi, jika kamu merupakan mancing mania, maka tak ada salahnya untuk mencoba spot mancing di Pantai Kesirat. Pantai Kesirat ini lebih ramai di malam hari lho, khususnya pada weekend.

Pantai Kesirat merupakan pantai yang tidak mempunyai hamparan pasir putih seperti pantai-pantai yang ada di Gunungkidul lainnya, yang ada di pantai ini hanyalah tebing tinggi nan curam. Meskipun begitu pantai ini tidak kalah bagusnya dengan pantai-pantai yang ada di Gunungkidul lainnya. Pantai ini menyajikan pemandangan laut lepas yang dapat kita lihat dari ketinggian. Deburan ombak menggelegar yang menerpa tebing di bawah kita akan membuat suara alam seakan berdendang menyambut kedatangan kami.

Baca Juga:  Berkunjung dan Menikmati Segarnya Air Terjun Kedung Kandang Gunungkidul

Pantai Kesirat ini mempunyai hamparan rumput yang cukup luas sehingga banyak traveler melakukan camping di sini untuk menikmati keindahan malam di Pantai ini.

Pantai Kesirat ini juga spot paling di cari bagi pecinta mancing mania, karena tebing-tebing tinggi nan curam yang berhubungan langsung dengan laut lepas ini banyak para pemancing menyukai tempat ini. Banyak para pemancing yang sudah sangat mengenal daerah ini. Banyaknya ikan sehingga banyak para pemancing berkunjung ke daerah ini.

pantai kesirat gunungkidul
Credit: http://pussphi.blogspot.com

Pantai ini juga sebagai mata pencaharian warga penduduk setempat. Disini mereka mencari rejeki tambahan dengan cara menjaring ikan dari tebing ke tebing lainnya atau masyarakat sini menyebutnya dengan ngrendet. Selain ngrendet masyarakat sini juga memasang jebakan untuk menangkap lobster di bawah tebing dengan peralatan seadanya.

Ciri khas Pantai Kesirat ini adalah berdirinya pohon Tunggal yang warga setempat mengatakan Pohon GEBANGKORO yang tumbuh satu-satunya di tempat ini. Kala kita camping disini kita bisa menikmati sang Surya terbenam atau sunset yang sangat indah dari pantai Kesirat ini. Karena belum banyaknya fasilitas di tempat ini bagi anda yang ingin camping disini jangan lupa membawa bekal dari rumah dan ingat jangan merusak alam kita.

Baca Juga:  Tempat Romantis di Banjarmasin dan Sekitarnya