Sunday , 24 February 2019

Pantai Batakan, Perpaduan Wisata Bahari Dengan Pegunungan Yang Indah

pantai batakan tanah laut kalsel

Pantai Batakan, Perpaduan Wisata Bahari Dengan Pegunungan Yang Indah – Destinasi wisata Pantai Batakan merupakan salah satu tempat wisata yang favorit di provinsi Kalimantan selatan khususnya di Kabupaten Tanah Laut. Berbeda dengan pantai-pantai lainnya yang terdapat di kabupaten ini, spot wisata Pantai Batakan menyuguhkan perpaduan antara panorama keelokan wisata bahari dengan bentang alam pegunungan yang menakjubkan.

Nah, sebelum Anda berkunjung ke lokasi wisata Pantai Batakan tak ada salahnya jikalau Anda mengetahui dahulu seluk beluk dari pantai yang kerap dijuluki sebagai Pantai Batakan ini. Konon dulunya, di lokasi wisata pantai ini ada dua orang pelaut bersaudara yang tengah berlayar menggunakan sampan atau yang kerap disebut dengan jukung oleh masyarakat setempat guna mengarungi Sungai Saluang. Namun, naasnya saat kedua saudara ini melaut ada ombak besar yang tiba-tiba datang dan menghempas kedua saudara ini ke pinggir pantai.

Kini daratan tersebut sangat terkenal sekali dengan julukan “Batakan” yang umumnya didominasi oleh penduduk yang bermata pencaharian sebegai nelayan. Pantai yang masih menjunjung tinggi adat istiadat ini selalu menjalankan suatu ritual yang biasanya akan diselenggarakan pada bulan Juli atau Agustus. Tujuan diadakannya ritual ini adalah sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada Sang Maha Pencipta yang telah memberi rezeki dan hasil laut yang melimpah ruah setiap tahunnya, tak hanya itu saja ritual ini juga dimaksudkan untuk memohon keselamatan dan perlindungan kepada Tuhan selama melaut.

Kawasan wisata pantai ini termasuk salah satu wisata bahari yang wajib Anda masukkan ke dalam list tujuan destinasi wisata Anda saat berjelajah ke kota Banjarmasin. Pantai Batakan akan memanjakan dengan suguhan hamparan pantai yang memiliki air yang agak berwarna kecoklatan hal ini disebabkan karena pantai ini juga memiliki pasir pantai yang berwarna kecoklatan.

Baca Juga:  Tempat Santai di Banjarbaru yang Cocok untuk Keluarga

Nah, tahukah Anda bahwa daya tarik dari spot wisata ini adalah adanya pohon kelapa dan pohon cemara yang menjulang dengan tinggi dan rindangnya disepanjang tepian pantai hal ini tentunya akan semakin menambah semarak liburan Anda di kawasan wisata Pantai Batakan.

sunset dari pantai batakan pelaihari
Sunset dari Pantai Batakan

Selain itu, Anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan Gunung Maratus yang berdiri dengan megahnya tepat di sebelah timur Pantai Batakan ini, yang dilengkapi oleh deretan pepohonan pinus yang tertata rapi yang menghijau serta menjulang tinggi dengan kokohnya. Tak heran jikalau banyak wisatawan yang menganggap Pantai Batakan ini adalah objek wisata dengan perbaduan antara wisata bahari dengan wisata alam pegunungan yang menakjubkan. Di pinggir pantai juga berdiri pemukiman warga, yang sering melaut di Pantai Batakan ini.

Pantai yang terkadang juga dijadikan sebagai tempat untuk menggelar acara besar ini juga dilengkapi dengan angin yang semilir yang tentunya semakin membuat Anda beserta rombongan betah berlama-lama tinggal di kawasan wisata Pantai Batakan kebanggaan kota Banjarmasin ini.

Berbagai Fasilitas di Pantai Batakan

Tak perlu khawatir akan bingung untuk melakukan aktivitas liburan sebab pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata Andalan di kota Banjarmasin maka potensi tersebut juga mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah setempat dan masyarakat sekitar guna memberikan fasilitas liburan Anda. Banyak sarana berupa fasilitas yang disediakan okeh pengelola dan pemerintah setempat guna menunjang aktivitas liburan Anda seperti bersantai atau berjalan berjalan kaki menyusuri tepi Pantai Batakan sembari melihat pemandangan yang menawan disuguhkan sambil ditemani dengan hembusan angin semilir.

Namun jika Anda tak ingin cepat merasa lelah Anda bisa menunggangi kuda yang bisa membantu Anda berkeliling Pantai Batakan ini. Tenang saja, tak perlu khawatir kuda yang digunakan untuk memandu Anda bukan kuda pacuan, namun kuda yang memiliki tubuh kecil yang tingginya punggungnya diantara pinggul dan dada orang dewasa. Karena bentuknya yang kecil dan imut banyak wisatawan yang menyangka kuda ini mirip dengan keledai, selain itu kuda ini juga memiliki kecepatan yang lambat karena tubuhnya yang kecil dan mungil.

Baca Juga:  Amanah Borneo Park, Wisata Keluarga Paling Rekomended

Tak hanya itu saja bagi Anda yang ingin bersantai menikmati indahnya pesona indahnya pantai asri sembari merasakan kesejukan Pantai Batakan ini bisa menyewa gazebo atau payung-payungan warna warni yang dapat Anda gunakan untuk berteduh dan beristirahat sejenak. Bagi Anda yang ingin berkeliling pantai bersama-sama dengan rombongan bisa menyewa delman yang juga tersedia di Pantai Batakan ini hanya dengan membayar Rp. 5.000 saja per orangnya.

ramainya pantai batakan
Ramainya Pantai Batakan

Melihat besarnya minat wisatawan dari berbagai daerah maka pemerintah juga membangun tempat parkir yang luas yang mampu menampung ribuan kendaraan, toilet dengan kebersihan yang terjamin, hingga tempat ibadah tersedia lengkap di kawasan wisata Pantai Batakan ini. Sedangkan bagi Anda yang ingin berwisata kuliner ternyata pantai ini juga dilengkapi pula dengan dereran resort yang menjajakan makanan khas Kalimantan Selatan serta beberapa aneka macam masakan nusantara dengan citarasa mumpuni.

Nah, karena setiap tahunnya minat wisatawan dari luar provinsi cukup banyak maka kini Pantai Batakan juga sudah dilengkap dengan fasilitas berupa akomodasi penginapan dengan fasilitas dan view langsung menghadap bibir pantai. Tarif yang dipatok untuk menimati fasilitas penginapan tersebut cukup beragam mulai dari Rp. 100.000 saja permalamnya hingga jutaan rupiah. Jadi bisa Anda sesuaikan sendiri dengan budget yang Anda miliki. Tetapi jikalau Anda tak ingin menginap di hotel bisa membuat tenda ditepi tanpa harus sewa tempat.

Baca Juga:  Puncak 4G Gunung Gentong Gedangsari Gunung Kidul, Wisata Negeri di Atas Awan Yang Lagi Hits

Akses ke Lokasi Pantai Batakan

Untuk menikmati suguhan dan fasilitas yang ditawarkan oleh Pantai Batakan ini Anda harus menempuh perjalanan sekitar 125 KM dari Banjarmasin Kalimantan Selatan. Meskipun perjalanan yang harus ditempuh relatif panjang dan jauh namun akses yang Anda tempuh lumayan cukup bagus, sebab jalan yang dilalui sudah dilengkapi dengan aspal hotmix. Selama perjalanan dengan medan berkelok-kelok dan tikungan yang tajam ini Anda akan disuguhkan dengan indahnya pepohonan yang berjajar rapi, keelokan hamparan sawah dengan padi yang menghijau serta deretan rumah penduduk setempat.

Saat Anda mulai mendekati lokasi wisata Pantai Batakan ini Anda akan menemukan pohon cemara yang berdiri dengan rindangnya di tepi jalan hingga menuju ke gapura yang menandakan bahwa Anda sudah mulai memasuki kawasan wisata Pantai Batakan. Meskipun gapura yang Anda jumpai terlihat begitu tak terawat namun jika Anda telusuri lagi sepanjang jalan menuju objek wisata Pantai Batakan ini juga berdiri sebuah pos yang bersih dan rapi.

Nah di pos tersebut Anda diwajibkan untuk membayar tiket masuk sebsar Rp. 20.000 saja. Namun jika masih bingung arah silahkan ikuti koordinat gmaps disini, terutama untuk Anda yang baru saja pertama kali berkunjung ke Banjarmasin.

Nah, itulah ulasan mengenai objek wisata Pantai Batakan yang wajib Anda kunjungi jikalau berlibur di kota Banjarmasin Kalimantan selatan. Tentunya selain menikmati hamparan luasnya pantai Anda juga bisa menikmati view pegunungan Maratus lengkap dengan pohon pinus yang mengelilinginya. Bagaimana, tertarik? Selamat berlibur dan semoga liburanmu menyenangkan.