Sunday , 24 February 2019

Pantai Asmara, Destinasi Liburan Baru yang Masih Asri di Banjarmasin

pantai asmara muara asam

Pantai Asmara, Destinasi Liburan Baru yang Masih Asri di Banjarmasin – Kini banyak objek wisata baru yang menyuguhkan eloknya keindahan bahari di berbagai daerah di Indonesia, tak terkecuali dengan kota Banjarmasin. Mengingat kini kota besar yang dijadikan sebagai ibukota provinsi Kalimantan Selatan ini memiliki potensi wisata bahari yang menakjubkan. Oleh sebab itu, pemerintah setempat bersama masyarakat sekitar selalu berupaya mengembangkan setiap potensi wisata yang ada di Kota Banjarmasin.

Salah satu objek wisata bahari yang cocok dijadikan sebagai tempat guna mengisi waktu liburan Anda adalah Pantai Asmara. Pantai yang tepatnya berada di Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan ini sebenarnya bernama Asam-Asam Muara. Namun masyarakat sekitar menyingkatnya dengan nama Pantai Asmara, selain mudah diingat pemberian nama unik juga dapat menimbulkan rasa penasaran bagi wisatawan untuk menjelajahinya.

Pantai yang memiliki nama yang nyentrik dan puitis ini setiap harinya selalu dipadati banyak wisatawan baik wisatawan lokal hingga luar Kalimantan Selatan yang rela jauh-jauh ke Banjarmasin guna menikmati keindahan Pantai Asmara. Oleh sebab itu, tak ada salahnya untuk mampir sejenak ke pantai satu ini. Penasaran bagaimana keindahan dan apa saja yang dapat kita lakukan disana?

Keindahan Pantai Asmara di Banjarmasin

Sesampainya di Pantai Asmara ini kita akan disambut dengan suara deburan ombak yang tenang dan luasnya hamparan laut yang memiliki warna air biru jernih. Selain itu, pantai yang dilengkapi dengan pasir berwarna putih ini juga tergolong sebagai lokasi wisata yang bersih dan rapi sebab selain adanya deretan pohon kelapa yang menjulang tinggi di pinggir pantai semakin menambah kesejukan dan keasrian objek wisata ini.

Baca Juga:  Daftar Penginapan Murah Di Anyer Yang Pas Untuk Keluarga

Pengelola dan pengunjung pun selalu menjaga kebersihan lingkungan Pantai Asmara. Jangan takut untuk bermain air di pantai ini sebab ditepian pantai tak terdapat batu karang sehingga aman jika dijadikan sebagai tempat bermain air karena tidak akan menimbulkan cidera.

Meskipun akses untuk menuju kekawasan wisata Pantai Asmara ini cukup curam dan berkelok-kelok serta bisa dibilang cukup jauh, sebab jaraknya mencapai 115 KM dari kota Banjarmasin, atau kurang lebih selama 2 jam 35 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Namun perjalanan panjang yang akan Anda lalui tak akan terasa sebab disepanjang jalan Anda akan disuguhkan dengan hamparan sawah yang menghijau, deretan pepohonan yang menjulang tinggi dengan rindangnya lengkap dengan pemukiam penduduk setempat yang semakin menambah keindahan. Tak perlu khawatir perjalanan akan menemui medan yang sulit, sebab jalan utama yang dilalui sudah bagus dengan aspal halus.

Aktivitas Seru di Pantai Asmara Banjarmasin

Mengingat bahwa perjalanan panjang Anda cukup melelahkan agar sampai ke lokasi, namun tentunya hal tersebut bisa terganti dengan menikmati suguhan yang ditawarkan Pantai Asmara ini sembari melakukan beberapa aktivitas liburan menyenangkan. Seperti bermain air dan berenang sepuasnya dengan menyewa pelampung atau ban yang disediakan oleh pengelola, karena Pantai Asmara ini memiliki ombak yang bersabahat dan aman maka Anda diperbolehkan untuk berenang dan bermain air, tetapi meskipun demikian harus tetap berhati-hati dan menjaga keselataman selama berenang dan bermain air di Pantai Asmara ini.

Baca Juga:  Pantai Wohkudu, Pantai Perawan Yang Indah

Selain itu Anda juga bisa menikmati berbagai spot olahraga air yang menyenagkan sembari menguji adrenalin, mulai dari speedboat dan jetsky yang bisa disewa untuk berkeliling dan mengitari laut dengan kecepatan yang tinggi hanya dengan membayar tiket sebesar Rp. 20.000 saja per orang dewasa. Sedangkan bagi Anda yang memiliki hobi fotografi, kawasan wisata Pantai Asmara ini juga dilengkapi dengan simbol-simbol unik berupa gembok cinta yang sengaja dibuat oleh pengelola guna memaksimalkan liburan Anda di pantai ini.

Menurut penduduk setempat, konon gembok cinta yang dibuat sebagai icon Pantai Asmara ini juga bisa digunakan sebagai lambang kasih sayang kepada seseorang. Banyak orang yang mengangap gembok cinta yang berada di Pantai Asmara ini mirip dengan gembok cinta yang berada di Paris. Nah, setelah selesai berkeliling bisa beristirahat di gazebo atau di payung-payung kecil yang banyak di temui di pinggir Pantai Asmara ini sambil menikmati es kelapa muda tentu liburan kalian semakin terasa nikmat ya.

pantai asmara banjarmasin

Pantai yang di resmikan pada tahun 2016 silam dan masih dikategorikan sebagai tempat wisata terbaru di Banjarmasin ini, sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas menarik seperti tempat parkir yang luas yang dapat menampung ratusan kendaraan roda dua maupun roda empat, toilet bersih, tempat ibadah, gazebo yang dapat Anda gunakan sebagai tempat melepas lelah sejenak setelah lelah mengitari Pantai Asmara ini, deretan warung makan yang bisa memanjakan lidah Anda dengan suguhan makanan nusantara yang memiliki citarasa yang mumpuni hingga akomodasi berupa tempat penginapan dengan fasilitas menarik tersedia lengkap di kawasan wisata Pantai Asmara ini.

Baca Juga:  25 Tempat Hunting Terbaik di Banjarbaru yang Harus Anda Kunjungi

Mengingat antusiasme wisatawan dari Kalimantan selatan bahkan hingga mancanegara sendiri cukup tinggi di setiap tahunnya, maka pemerintah setempat yang dibantu oleh warga sekitar ini akan membenahi dan memperbanyak fasilitas di spot wisata Pantai Asmara, supaya kegiatan liburan semakin semarak dan menyenangkan sehingga akan menimbulkan kesan yang mendalam dibenak siapapun. Sementara itu, bagi Anda yang enggan untuk menginap di hotel atau losmen Anda bisa membangun tenda ditepi pantai, selain dapat puas menikmati keelokan Pantai Asmara, Anda juga bisa menambah keakraban dengan alam.

Berapa Tarif Masuk Pantai Asmara?

Nah, untuk menikmati aktivitas dan suguhan keindahan panorama Pantai Asmara yang menakjubkan ini, Anda hanya akan dikenai biaya retribusi sebesar Rp. 10.000 saja per orangnya serta biaya parkir sebesar Rp. 5.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp. 10.000 untuk kendaraan roda empat. Kawasan wisata yang diklaim sebagai objek wisata keluarga yang murah meriah ini cocok untuk Anda kunjungi bersama orang-orang terkasih guna menghabiskan masa liburan. Jika masih bingung lokasinya silahkan ikuti koordinat link gmaps Pantai Asmara disini.