Monday , 25 February 2019

Menikmati Keindahan Air Terjun Luweng Sampang Gunungkidul

luweng sampang

Gunungkidul tak pernah kehabisan destinasi tempat wisata yang bagus dan indah. Selain jajaran pantai selatan yang selalu sayang untuk dilewatkan, masih banyak tempat wisata yang lain yang bisa kamu kunjungi.

Banyak wisata lainnya seperti Air Terjun Luweng Sampang ini. Air Terjun Luweng Sampang terletak di Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul.

Air terjun Luweng Sampang memang terkenal dengan keindahan air terjun dua warna-nya. Luweng yang secara natural terbentuk oleh alam ini memilii dinding batu yang sangat indah. Luweng Sampang hingga kini belum dikelola secara resmi, namun sudah banyak dikunjungi pelancong yang haus akan wisata alam yang masih perawan.

Rute Air Terjun Luweng Sampang

Jarak dari kota Yogyakarta kira-kira 30km atau bisa ditempuh dengan satu jam perjalanan. Ada dua rute untuk ke arah air terjun Luweng Sampang seperti berikut:

1. Yogyakarta > Ringroad ketandan > Jl. Wonosari > Piyungan > Bukit bintang > Patuk > Perempatan dekat GCD FM ambil arah kiri > Ngoro-oro Ombo > ada Perempatan Puskesmas Patuk II > (ambil yang lurus) > Pertigaan Padukuhan Semilir (ke kiri) > Pertigaan SDN Negeri Belang Terbah (masih lurus) > Balai Desa Terbah > ada pertigaan ambil yang lurus kemudian ikuti jalan ± 3 km letak Luweng Sampang di sebelah kanan jalan.

Baca Juga:  Pantai Kesirat Gunungkidul, Tempat Camping Sekaligus Spot Memancing Yang Indah

2. Yogyakarta > Maguwoharjo > Prambanan > Dari jalan Jogja solo ambil kanan (selatan) > menuju Desa Gantiwarno Klaten > SDN 2 Jogoprayan Gantiwarno Klaten > Desa Sampang Gunungkidul > Balai Desa Sampang, kemudian ikuti jalan kurang lebih 2 km nah kemudian letak air terjun Luweng Sampang di kiri jalan.

Koordinat GPS: S7°48’35.65″  E110°34’20.02″

Bila kamu merasa kebingungan kamu dapat menanyakan pada masyarakat ditempat. Warga masyarakat sekitar lokasi begitu ramah-ramah lho.

Air Terjun Luweng Sampang ini beberapa orang menyampaikan menjadi grand canyonnya Gunungkidul sebab serupa dengan Grand Canyon Amerika Serikat. Asal muasal nama Air Terjun Luweng Sampang ini sebab di sini juga kita temui luweng atau lubang seperti sumur serta letaknya di desa Sampang. Luweng Sampang ini memiliki kekhasan sendiri yakni batuan yang berada di sini memiliki corak garis – garis yang yang di gambar alam semesta, air terjun di sini tingginya kira-kira 7 meter.

Jika kamu datang pada saat musim penghujan air di Luweng Sampang ini cukup deras. Air yang ada di sini masih sangat bersih dan dingin sekali.

Baca Juga:  Lokasi Embung Langensari, Kesejukan Di Tengah Padatnya Jogja

Saran saya hati-hati ya karena tempat ini sangat licin. Tempat ini masih belum terlalu ramai karena belum banyak orang mengetahui tempat ini. Disini bagi traveler penggemar fotografi atau hanya ingin berburu selfie Anda akan dimanjakan dengan suasana alam yang ada disini, luar biasa pokoknya.

Air Terjun Luweng Sampang ini menyimpan cerita yang menarik dari penduduk yang kita jumpai yakni konon tempat ini dahulunya sebagai tempat pertapaan atau semedi oleh Sunan Kalijaga. Hmm, menarik ya?

Ayo segera berkunjung ke Luweng Sampang!