Monday , 25 February 2019

Menikmati Jogja Dari Ketinggian di Puncak Becici

puncak becici dlingo bantul

Dlingo, merupakan Salah satu Kecamatan di Kabupaten Bantul yang berada di ketinggian. Tak heran di daerah Dlingo terdapat spot-spot menikmati pemandangan Yogyakarta dari ketinggian,
salah satunya yaitu di Puncak Becici.Puncak Becici terletak di Dusun Gunung Cilik, Desa Gunung Mutuk, Kecamatan Dlingo, Bantul, Yogyakarta dan wilayahnya masuk dalam RPH (Resort Pengelolaan Hutan) Mangunan, wilayah kerja Dishutbun Provinsi Yogyakarta.

Awalnya saya berkunjung ke tempat ini tidak sengaja, hanya mengantarkan seorang teman yang ingin ke puncak kebun buah Mangunan dan hutan pinus mangunan. Selepas dari Hutan Pinus Mangunan, kami hendak menuju Patuk. Di perjalanan kami menemukan papan petunjuk kecil yang mengarahkan ke Puncak Becici.

Karena rasa penasaran, kami mengikuti papan petunjuk jalan dan sampailah di depan kawasan wisata Puncak Becici.Rute menuju Puncak Becici dari Kota Jogja cukup mudah, dari kota Jogja, arahkan kendaraan menuju Jalan Imogiri Timur, dan ikuti jalan tersebut sampai mentok di pertigaan pasar Imogiri. Dari Pertigaan tersebut ambil arah kiri dan ikuti papan petunjuk jalan menuju kebun
Buah Mangunan. Mulai dari sini Jalan yang dilalui mulai menanjak, dan berkelok-kelok. Sampai bertemu di pertigaan kebun buah dan Hutan Pinus, ambil arah lurus menuju Hutan Pinus Mangunan. Ikuti jalan tersebut melewati kawasan wisata Hutan Pinus Mangunan sampai bertemu di pertigaan yang ada papan petunjuk jalan menuju Puncak Becici. Ikuti Papan petunjuk yang ada mulai dari sini.

Baca Juga:  10 Tempat Wisata Jogja Dekat Malioboro Paling Asik

Sesampainya di kawasan Wisata Puncak Becici kita langsung disuguhkan oleh pemandangan, kesejukan  dan aroma khas Hutan Pinus yang entah kenapa membuat kita nyaman di dalamnya. Hutan pinus di Becici ini sedikit berbeda dengan Hutan Pinus Mangunan, Pohon pinus Becici ini disadap diambil getahnya sebagai bahan dasar pembuatan Gondorukem dan Terpentin. Di sepanjang menelusuri Hutan Pinus menuju Puncak Becici, terdapat bangku-bangku sederhana yang terbuat dari batang pohon pinus yang roboh, untuk tempat bersantai, menikmati suasana
pinus. Setelah berjalan kurang lebih 15 menit, sampai juga di Puncak Becici.

Pemandangan yang menakjubkan terlihat di Puncak Becici. Terlihat kabut-kabut yang terpisah pisah bagaikan awan kecil di langit menghiasi bukit-bukit kecil di sekitar Puncak Becici. Pagi itu saat kami datang cuaca sedang cerah, Gunung Merapi dan Gunung Sindoro terlihat sedang cantik-cantiknya. Jika kita melihat kearah barat terlihat pegunungan Menorehnya Kulonprogo dan samar terlihat pantai selatan Jogja. Puncak becici ini bagus dikunjungi pagi hari dan sore hari. Pagi hari cuaca masih sejuk-sejuknya, dapat melihat pemandangan wilayah Yogyakarta yang masih di selimuti kabut dan pada Sore hari matahari sudah tidak begitu panas dan bisa melanjutkan menikmati senja dan suasana malam disini.

Baca Juga:  Pantai Parangkusumo Bantul Yang Berselimut Cerita Mistis

Kawasan Wisata Puncak Becici dikelola oleh warga setempat secara swadaya. Mereka secara gorong royong membangun fasilitas-fasilitas sederhana seperti pemerataan jalan masuk, lokasi parkir kendaraan, bangku tempat istirahat pengunjung, rumah pohon seperti yang ada di Kalibiru,
Kulonprogo. Fasilitas yang dibuat pengelola cukup sederhana, mengingat kawasan ini merupakan kawasan Hutan Lindung sehingga pembangunan fasilitas terbatas.

Mengunjungi Hutan Lindung yang merupakan wilayah hutan yang berfungsi sebagai kawasan penyangga kehidupan untuk daerah di sekitar Becici termasuk Kota Yogyakarta sudah sepantasnya kita, wisatawan juga pengelola kawasan wisata untuk menjaga fungsi dan keberadaan Hutan Lindung, minimal dengan menjaga kebersihan, tidak bermain api, tidak menebang dan merusak pohon serta ha lain yang merugikan kawasan hutan Lindung dan kawasan wisata Puncak Becici.

Selalu jaga kebersihan dimanapun kamu berada ya gaes!