Saturday , 15 December 2018

Menara Pandang Banjarmasin, Ikon Kota Yang Wajib Dikunjungi

Menara Pandang Banjarmasin

Menara Pandang Banjarmasin – Setiap kota pastilah memiliki ikon atau simbol yang menjadi lambang kebesaran dari kota tersebut, tentunya hal ini selain dijadikan sebagai lambang dan ciri khas tentunya mampu dijadikan sebagai tanda pengingat wisatawan saat melancong di kota tersebut, entah itu kota besar mapun kota kecil sekalipun. Nah, salah satu kota besar di Pulau Kalimantan yang terkenal sekali dengan ikonnya hingga ke pelosok daerah membuat banyak pelancong ingin beramai-ramai menyambangi kota tersebut. Kota besar yang dimaksudkan disini adalah kota Banjarmasin yang populer ikonnya yaitu Menara Pandang Banjarmasin.

Menara Pandang Banjarmasin merupakan salah satu ikon kota Banjarmasin yang populer dan setiap harinya selalu dipadati pengunjung, mulai dari warga Banjarmasin sendiri, wisatawan dari luar daerah hingga wisatawan asing yang ingin melihat megahnya Menara Pandang ini secara langsung. Dulunya, tempat wisata ini hanyalah sebuah ikon yang kerap dipenuhi warga setempat untuk menikmati senja dan melihat keindahan matahari tenggelam.

Kemudian melihat antusiasme warga Banjarmasin sangat tinggi, maka pemerintah yang dibantu oleh Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga kota Banjarmasin membuka serta mengelola kawasan Menara Pandang Banjarmasin ini menjadi kawasan wisata keluarga yang murah meriah dan menarik untuk menghabiskan liburan ataupun sekedar bersantai menikmati senja.

Rasanya objek wisata Menara Pandang ini wajib Anda masukkan ke dalam list daftar liburan di kota Banjarmasin. Selain terletak di kawasan strategis di kota Banjarmasin, Menara Pandang ini juga menyuguhkan indahnya panorama alam yang dapat Anda saksikan dari atas ketinggian Menara Pandang Banjarmasin.

Baca Juga:  Candi Agung Amuntai, Kerajaan Hindu yang Masih Terkoneksi Alam Ghaib
menara-pandang-banjarmasin-malam
Menara Pandang Banjarmasin di Malam Hari

Keindahan Objak Wisata Menara Pandang Banjarmasin

Objek wisata ini terletak di Siring Jalan Kapten Pierre Tendean, kota Banjarmasin, tepatnya berada di dekat pasar terapung yang dibuat oleh pemerintah kota setempat. Letaknya yang berada di aliran sungai martapura ini juga memiliki desain yang artistik dengan warna emas yang mendominasi di beberapa sudut bangunan Menara Pandang Banjarmasin. Kawasan wisata ini memiliki 4 lantai dengan desain lantai paling atas dibuat terbuka, hal ini dimaksudkan supaya para pengunjung bisa menikmati suguhan panorama alam yang ditawarkan oleh kota Banjarmasin sembari merasakan sentuhan angin yang semilir terlebih jika cuaca sedang cerah, tentunya semakin menambah semarah waktu liburan Anda.

Destinasi wisata keluarga Menara Pandang Banjarmasin ini diklaim sebagai tempat wisata keluarga yang mampu memberikan kepuasan pengunjung disegala usia mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Biasanya setiap pengunjung akan naik ke lantai atas untuk sekedar berfoto atau duduk-duduk santai sembari menikmati indahnya kota Banjarmasin dari atas ketinggian. Nah bagi Anda yang membawa anak kecil tak perlu khawatir akan terjatuh, sebab Menara Pandang Banjarmasin sudah di desain dengan seaman dan senyaman mungkin dengan pagar tinggi yang mengelilingi sehingga jika Anda ingin mengajak anak tentunya dijamin aman dan nyaman.

Menara Siring Banjarmasin
Menara Pandang Banjarmasin

Tak hanya disuguhkan dengan indahnya panorama kota Banjarmasin dari atas ketinggian saja, namun Anda juga bisa melihat kapal-kapal pedagang di Pasar Terapung yang berlalu lalang di sepanjang aliran Sungai Martapura. Anda juga bisa menyaksikan megahnya kubah Masjid Raya Sabilal ini dari atas ketinggian Menara Pandang Banjarmasin ini. Menara inipun kerap dijadikan sebagai lokasi foto preweding bagi para beberapa pasangan yang ingin melangsungkan pernikahan, sebab selain megah ada beberapa spot foto unik disana.

Baca Juga:  11 Tempat Hunting di Banjarmasin Paling Menarik

Tahukah, selain digunakan sebagai objek wisata keluarga favorit warga Banjarmasin ternyata kawasan wisata Menara Pandang Banjarmasin ini juga kerap digunakan untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan-kegiatan yang menarik seperti bazaar, kegiatan amal, pelaksanaan berbagai lomba, lomba Maulid, Banjarmasin Expo dan beberapa kegiatan menarik lainnya. Nah, bagi Anda yang berkenan berkunjung ke menara ini, sebaiknya hindari berkunjung saat hari sabtu dan minggu, sebab setiap hari libur kawasan wisata Menara Pandang Banjarmasin ini selalu dipenuhi banyak wisatawan baik itu warga Banjarmasin ataupun wisatawan lain dari berbagai pelosok daerah.

View Dari Menara Pandang Banjarmasin
View dari Menara Pandang Banjarmasin

Di objek wisata yang beroperasi setiap hari dengan jam operasional mulai dari pukul 10.00 hingga 22.00 ini, juga sudah dilengkapi dengan beberapa fasilias yang menarik, seperti kamar mandi yang bersih, area parkir yang luas serta deretan penjaja makanan yang dapat ditemukan dengan mudah di sekitar lokai wisata Menara Pandang Banjarmasin ini. Tak sedikit banyak warga setempat yang menjadikan sekitar lokasi menara sebagai ladang penghasilan dengan cara membuka lahan parkir atau menjajakan berbagai jenis makanan ringan dengan harga yang cukup terjangkau tentunya.

Baca Juga:  Danau Seran Banjarbaru Daya Tarik Wisatawan Baru di Banjarbaru

Guna menikmati keindahan kota Banjarmasin dari atas ketinggian Menara Pandang Banjarmasin ini Anda tak harus mengeluarkan biaya sebab tak ada tarif masuk yang dibandrol oleh pengelola untuk menikmati suguhan dari menara unik ini, namun Anda hanya akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 2.000 saja Anda sudah dengan leluasa menikmati keindahan kota Banjarmasin dari atas ketinggian bersama orang-orang terkasih dengan rasa aman dan nyaman.

Jika memutuskan untuk menghabiskan masa liburan ke Menara Pandang Banjarmasin alangkah lebih baiknya jikalau Anda menaati peraturan yang telah dibuat oleh pemerintah setempat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan kawasan wisata. Janganlah membuang sampah sembarangan terlebih membuangnya di aliran Sungai Martapura. Selain mengganggu kesehatan dengan membuang sampah sembarangan menjadikan kawasan menara ini kehilangan nilai estetikanya. Oleh karena itu, bagi semua wisatawan terlebih bagi warga Banjarmasin selayaknya untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Nah diatas ulasan mengenai tempat wisata Menara Pandang Banjarmasin yang bisa Anda kunjungi sebagai tempat nongkrong atau bersantai ria untuk menghabiskan masa liburan Anda atau menunggu waktu senja sembari menikmati suguhan matahari tenggelam. Oiya, bagi Anda yang berasal dari luar kota dan ingin berkunjung kesana sebaiknya ikuti koordinat gmaps disini agar lebih cepat sampai dan tidak tersesat di jalan. Semoga bermanfaat.