Sunday , 24 February 2019

Malioboro Pusat Souvenir Yogyakarta

Menikmati Belanja Souvenir di Malioboro Yogyakarta – Malioboro merupakan nama jalan di Yogyakarta yang sudah sangat terkenal di mana-mana. Di sepanjang jalan ini banyak sekali pedagang kaki lima yang menjajakan barang dagangannya. Mayoritas pedagang di sepanjang jalan ini adalah pedagang souvenir khas Yogyakarta misalnya kaos Dagadu, kaos unik, batik khas Yogyakarta, kerajinan tangan, dll. Meskipun demikian ada juga yang menjajakan makanan untuk para pengunjung.

Lokasi Jalan Malioboro Yogyakarta

Lokasi Jalan Malioboro adalah dari Tugu Yogyakarta ke selatan sampai perempatan Kantor Pos Besar Yogyakarta. Sepanjang jalan itu sebenarnya ada 2 jalan yang dilewati yaitu Jalan Pangeran Mangkubumi, dan Jalan Jend. A. Yani. Di kawasan Malioboro ada beberapa tempat wisata yang sangat bersejarah misalnya Tugu Yogyakarta, Stasiun Tugu, Gedung Agung, Pasar Beringharjo, Benteng Vredeburg, Grand Hotel de Yogya (berdiri pada 1911, kini Hotel Garuda), dan Monumen Serangan Oemoem 1 Maret. Malioboro berdekatan dengan tempat wisata lainnya seperti pasar malioboro yogyakarta, taman pintar Yogyakarta, malioboro mall yogyakarta, keraton yogyakarta, shopping dll

Sejarah Malioboro Yogyakarta

Sejarah penamaan Malioboro telah dijelaskan dalam catatan sejarawan P.B.R Carey yaitu : kata ‘Malioboro’ berasal dari bahasa Sanksekerta “Malyabhara” yang berarti karangan bunga. Konon ceritanya pada masa kerajaan Mataram, Malioboro selalu menjadi jalur utama tempat untuk dilaksanakannya upacara perayaan atau prosesi Kraton.

Pemandangan Jalan Malioboro di Malam Hari

Pada malam hari, Malioboro memiliki pemandangan yang sangat indah. Dengan adanya lampu-lampu yang menyala, serta berbagai aktivitas warga yang beragam. Banyak komunitas yang nongkrong di Malioboro, baik komunitas otomotif, seni dsb. Pengamen jalanan yang sering beraksi di Malioboro bukanlan pengamen biasa seperti di daerah lain. Mereka lebih kreatif, dengan menggunakan berbagai alat musik. Ada yang sendiri dan ada pula yang membentuk grup. Ada pula yang beraksi dengan berpantomim.