Monday , 25 February 2019

Lokasi dan Tiket Masuk Puncak Watu Payung Semin Gunungkidul

Gunungkidul mempunyai jajaran wisata yang luar biasa dari mulai pantai yang sangat indah, wisata goa, dan wisata pegunungan. Seperti yang satu ini puncak Watu payung atau batu yang menyerupai payung di Semin Gunungkidul. Rute menuju puncak watu payung Semin Gunungkidul ini tidak terlalu sulit karena hanya berdekatan dengan Telaga Biru yang lagi booming di media sosial karena ke eksotisnya.

Puncak Watu payung Semin ini terletak di perbatasan kabupaten Gunungkidul dengan kabupaten Sukoharjo yang tepatnya berada di dusun Ngentak, desa Candirejo, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Rute menuju Puncak Watu Payung Semin Gunungkidul Yogyakarta

Terletak 70km dari pusat kota Yogyakarta dan dapat di tempuh 1jam 30menit dari kota Yogyakarta ini mempunyai tiga rute yang paling efektif untuk sampai di Watu payung (batu payung).

Kunci paling utama adalah kecamatan Semin untuk menuju Watu payung. Adapun rute yang bisa kamu pilih adalah sebagai berikut:

Rute pertama, Yogyakarta > jl.Jogja-Solo > (ambil ke selatan arah wedi) > Pasar wedi > kecamatan Bayat > jl. Bayat Cawas > jl. Weru -cawas > SMPN 2 weru > Candirejo Semin > Ngentak > Watu payung

Baca Juga:  Lokasi Stonehenge Cangkringan Merapi

Rute kedua, Yogyakarta > Ringroad jl. Wonosari > Piyungan > Patuk > pertigaan sambil Pitu (ambil arah kiri menuju Nglipar) > jl.Nglipar-ngawen > jl.Ngawen > jl.Semin-Cawas > jl.Semin-watu kelir > Watu payung

Rute ketiga, Yogyakarta > ringroad jl.Wonosari > Piyungan > Patuk > Gading (lapangan terbang ) > Siono > kota Wonosari > Selang > Karangmojo (ambil kiri arah Semin ) > Pasar Semin (ke Utara) jl. Semin Watu kelir > Watu payung.

Titik koordinat GPS Puncak Watu payung Semin (batu payung) sebagai berikut -7.816660,110.768458

peta/rute/jalan menuju puncak watu payung gunungkidul yogyakarta

Wisata puncak Watu payung ini belum lama menjadi terkenal di kalangan muda karena selain bisa berselfie di puncak gunung kamu juga bisa menikmati keindahan sekeliling dari Puncak gunung Watu payung ini.

Puncak Watu payung ini mempunyai jenis batu seperti batu gunung api purba Batur yang mana berwarna hitam ke abuan yang merupakan batuan andesit. Puncak gunung Watu payung ini sudah mulai di bangun oleh pemerintah sehingga mempunyai daya tarik tersendiri bagi wisatawan pemburu udara segar juga pencinta sunrise juga sunset, karena di atas puncak gunung Watu payung ini kanan kiri tidak terhalang apapun sehingga kita bisa menikmati pemandangan matahari bangun dan juga tenggelam, sungguh memukau sekali kawan.

Baca Juga:  Pantai Delegan Gresik

Puncak Watu payung di berikan nama pada gunung ini karena bentuk batunya menyerupai payung, dan mungkin jangan heran tidak hanya gunung ini saja yang bernama gunung payung seperti di Panggang juga ada gunung payung dan masih banyak lagi di negri tercinta ini.

peta/rute/jalan menuju puncak watu payung gunungkidul yogyakarta

Puncak gunung Watu payung ini selain kita bisa menikmati pemandangan alamnya kita juga bisa camping di puncak ini karena tanahnya sedikit lapang sehingga bisa untuk mendirikan tenda, di tangan kreatif anak muda daerah sini juga membentuk akar pohon yang sudah tidak terpakai menjadi tempat yang bermanfaat, seperti yang saya lihat ini membentuk kursi juga ayunan.

Di puncak Watu payung ini juga di hiasi dengan pemandangan gubuk yang sudah reot dan kurang terawat.

Menuju puncak gunung payung ini sangat mudah dan berdekatan dengan Telaga Biru kemudian di lanjutkan dengan jalan rusak kemudian kita bisa memarkirkan kendaraan tepat di kaki gunung ini dan melanjutkan dengan berjalan kaki dengan jalur jalan setapak. Hati-hati ya kawan karena kalau pas musim penghujan akan menjadi sangat licin. Untuk fasilitas sama sekali belum ada jadi persiapkan bekal masing-masing ya. Oleh karena itu juga harma tiket masuk ke wisata Watu Payung ini belum diberlakukan.

Baca Juga:  Lokasi Taman Tebing Breksi Sleman Jogja