Monday , 25 February 2019

Lokasi dan Rute Batu Giring, Semanu Gunungkidul

Gunungkidul memang tak pernah kehabisan destinasi wisata. Selalu bermunculan bahkan hingga booming di kalangan para remaja untuk berselfie ria. Kali ini yang menjadi perbincangan di kalangan para pemburu foto adalah Batu Giring (watugiring). Batu giring ini terletak di daerah Padukuhan Jelok, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul. Tepatnya di sebelah timur dari Kota Wonosari.

Batu Giring di Kecamatan semanu ini terkenal di kalangan masyarakat setempat hanyalah sisa penambangan Batu kapur, yang biasanya dahulu digunakan untuk alas tiang penyangga rumah atau disebut dengan giring dan juga tempat penambangan batu untuk tembok rumah seperti batu bata yang berbentuk kotak kotak.

Entah sengaja atau tidak lokasi bekas tambang batu ini menyerupai bangunan seperti candi kuno, karena struktur batu bekas gergaji menjadi berundak dan bertingkat serta memiliki ketinggian yang berbeda.

Batu Giring ini sungguh eksotis pemandangan alam di sekitarnya sungguh luar biasa, bagi kamu penggemar photografi tidak ada salahnya kamu mengunjungi tempat ini.

Saran kalau mau mengunjungi tempat ini untuk selalu berhati-hati karena kalau jika kamu datang ketika hujan, lokasi ini akan sangat licin, dan jangan lupa untuk tidak merusak tempat ini karena di sekitaran tempat ini ditanami padi oleh para penduduk.

Baca Juga:  Lokasi Embung Langensari, Kesejukan Di Tengah Padatnya Jogja

Rute Menuju Batu Giring

Batu Giring ini terletak kurang lebih 50KM dari Kota Yogyakarta dan dapat ditempuh kurang lebih 1 jam 20 menit perjalanan, Jika kamu datang dari arah Yogyakarta menuju Kota Wonosari -> Alun-alun Pemda Kota Wonosari ke timur kurang lebih 3km -> Gardu listrik Mijahan ke timur 200m (ada pohon asem besar) -> ada pertigaan arah Kali Suci -> ikuti saja dan sampailah di Batu Giring semanu

 

Foto by riskysaphutra

Bagaimana, tertarik berkunjung ke Batu Giring Semanu?