Sunday , 24 February 2019

Keindahan Pulau Derawan, Surga Tersembunyi di Kalimantan Timur

Kepulauan Derawan

Keindahan Pulau Derawan, Surga Tersembunyi di Kalimantan Timur – Keindahan Pulau Derawan memang sudah tidak bisa diragukan lagi karena keelokan pemandangan yang sangat menawan. Keindahan tersebut tak kalah menariknya dengan sejumlah objek wisata di Indonesia seperti Pulau Bali dan Raja Ampat Papua yang biasa diminati oleh para wisatawan mancanegara.

Pulau Derawan ini termasuk ke dalam Kepulauan Derawan, yakni sebuah kepulauan yang terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Di Kepulauan ini banyak sekali destinasi wisata bahari menarik seperti salah satunya Taman Bawah Laut. Kawasan wisata ini banyak sekali dikunjungi oleh wisatawan mancanegara, khususnya bagi para penyelam kelas dunia.

Kepulauan Derawan ini mempunyai tiga kecamatan yakni Pulau Derawan, Biduk-Biduk dan Maratua. Ada setidaknya empat pulau yang cukup populer di kepulauan ini yaitu Pulau Maratua, Sangalaki, Derawan dan Kakaban yang disinggahi satwa langka seperti penyu sisik dan penyu hijau.

Nah, kali ini akan membahas tentang Pulau Derawan terlebih dahulu, secara geografis pulau ini berada di Semenanjung Utara perairan laut Kabupaten Berau. Salah satu wisata menarik yang ada di Pulau Derawan yakni pantai Derawan nya sendiri karena memiliki suasana tenang laksana seperti berada di surga.

Keindahan Pulau Derawan

Kebanyakan orang menganggap tempat wisata di Indonesia yang paling bagus adalah bisa berwisata ke sebuah pulau, tak jarang mereka rela mengeluarkan tenaga dan uang untuk bisa berlibur ke sebuah pulau yang paling berkesan dan menarik. Perairan yang mengelilingi setiap pulau di Indonesia memang berbeda-beda, ada yang memiliki arus tinggi dan berbahaya.

Namun ada juga yang memiliki arus tenang dan aman serta menyuguhkan keindahan bawah laut yang sungguh menawan. Nah, salah satu pulau yang memiliki biota laut dan hewan serta tumbuhan laut beraneka ragam yaitu Keindahan Pulau Derawan.

Pulau ini yang berada di Provinsi Kalimantan Timur ini memiliki luasan yang cukup luas dengan topografi datar. Jadi berlibur di destinasi wisata ini dipastikan akan memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi Anda. Pulau ini berada di tengah laut dengan luas sekitar 1,3 hektar saja dengan dikelilingi sejumlah pulau-pulau lainnya.

Baca Juga:  Pulau Kakaban, Asiknya Berenang Bareng Ubur-Ubur Dan Koral di Kalimantan Timur
pulau derawan
Keindahan Pulau Derawan

Sejarah Keindahan Pulau Derawan

Setiap daerah tentu memiliki sejarah, khususnya nama-nama di sebuah kawasan tertentu. Demikian juga dengan julukan nama pada pulau di Kabupaten Berau ini. Salah satunya nama Pulau Derawan ini, penamaan suatu lokasi biasanya berdasarkan pada ciri-ciri tertentu ataupun sebuah peristiwa besar yang telah terjadi, namun bisa juga diambil dari seorang tokoh terkenal di kala itu.

Ada juga sebuah nama tempat yang diambil dari mitos masyarakat setempat. Pengambilan nama Pulau Derawan ini berasal dari sebuah kisah romantis yang menjadi mitos sampai sekarang ini, namun belum jelas siapa yang mengisahkan pertama kali kisah sedih ini. Derawan bisa diartikan dengan sebutan seorang Perawan. Pulau Derawan ini dikelilingi oleh beberapa pulau lainnya yang diyakini sebagai keluarga dari Pulau Derawan waktu itu karena juga memiliki julukan yang cukup unik juga.

Wisata di Pulau Derawan

Pulau Derawan ini dikelilingi oleh lautan, kawasan inilah yang menjadi daya tarik wisatawan untuk menikmati pesona bawah lautnya yang sungguh menawan. Pesona bawah laut ini menjadi kenikmatan tersendiri bagi para wisatawan karena Keindahan

Pulau Derawan ini terkenal sebagai surga yang tersembunyi dengan pemandangan lautnya yang masih bersih. Keindahan ini belum tentu bisa didapatkan di tempat-tempat lainnya karena cukup waktu untuk bisa menyaksikan pemandangan seperti ini.

Derawan
Keindahan Pulau Derawan

Pantai Derawan yang terdapat di Pulau ini mempunyai hamparan pasir dengan dikelilingi pohon kelapa yang cukup rapi di pesisir pantainya. Tentunya hal inilah yang mampu memanjakan mata para wisatawan ketika berlibur dengan keindahan pemandangan nan indah di pantai ini. Para wisatawan pun akan terpuaskan dengan keberadaan pesona bawah laut dan air biru yang cukup tenang.

Adapun beberapa kawasan wisata yang dapat dinikmati juga di Keindahan Pulau Derawan ini diantaranya :

Baca Juga:  Batu Dinding Balikpapan, Tempat Wisata Hits dan Wajib Dikunjungi

Perikanan dan Kelautan

Nah, bagi para wisatawan yang ingin menyaksikan telur penyu dan budidaya lambak yang biasa dilakukan oleh masyarakat setempat, wisatawan bisa datang langsung ke tempatnya, disana terdapat wisata edukasi mengenai konservasi penyu, bagaimana cara perawatan penyu yang kemudian dikembalikan untuk dilepas ke laut setelah cukup usia.

Hal inilah yang nantinya akan mengurangi kemungkinan penyu mati sewaktu menetas. Selain itu para wisatawan juga bisa menyaksikan kegiatan penangkapan ikan secara langsung di Kecamatan Kepulauan Derawan yang menjadi mata pencaharian utama dari masyarakat Derawan ini adalah nelayan.

Mangrove

Di Kabupaten Berau ini juga mempunyai hutan mangrove, mangrove ini sangatlah penting dikarenakan mampu mencegah abrasi atau bisa mencegah terjadinya pengikisan air laut di pantai dan di daerah dataran. Apalagi saat ini hutan Mangrove sudah sulit untuk dilestarikan maka pemandangan ini menjadi keindahan tersendiri bagi para wisatawan.

Mangrove Tanjung Batu, Berau
Mangrove Tanjung Batu, Berau

Hutan Mangrove ini menjadi pusat lingkungan dan ekosistem dari sejumlah tumbuhan dan hewan. Para wisatawan pun bisa menyusuri jalur hutan dengan menggunakan kapal, sepanjang perjalanan wisatawan akan disaksikan pemandangan hutan Manggrove yang sangat tenang dan indah. Tapi wisatawan juga perlu berhati-hati karena ada sejumlah hewan liar yang berkeliaran disana.

Terumbu Karang

Wisata ini bisa dinikmati oleh para wisatawan yakni dengan menikmati pesona bawah lautnya. Berdasarkan data setempat, Pulau Derawan ini mempunyai kekayaan biodiversitas dan masuk urutan kedua setelah kepulauan Raja Empat sebagai tempat terumbu karang hidup.

Terumbu Karang Derawan
Terumbu Karang Derawan. Credit: Superadventure.co.id

Tentunya bisa berlibur ke tempat ini adalah suatau kebanggaan tersendiri oleh para wisatwan. Pulau Derawan ini telah memberi bukti nyata bahwa mereka bisa hidup secara berdampingan dengan ikan dan terumbu karang tanpa harus merusak keindahannya. Sehingga Pulau Derawan ini sangat layak sekali dijadikan wisata tebaik bagi liburan sekaligus edukasi wisata.

Transportasi Pulau Derawan

Apabila para wisatawan berasal dari luar Kalimantan Timur, tentunya harus singgah dulu ke Balikpapan. Dari Balikpapan, para wisatawan bisa langsung tmenuju ke Tarakan ataupun ke Berau. Apabila melalui Tarakan sedikit lebih menghemat biaya dibandingkan dari Berau. Sewaktu tiba di Tarakan selanjutnya melakukan penyeberangan terlebih dahulu yang cukup memakan waktu lebih lama. Namun apabila melalui Berau lebih mudah penyeberangannya karena banyak kapal yang akan melayani.

Baca Juga:  Bukit Alpha Balikpapan Menampilkan Keindahan Ilalang yang Mempesona

Tetapi apabila para pengunjung menempuh via darat, pengunjung harus menuju ke Balikpapan dari kota Anda, khususnya apabila berasal dari Samarinda. Dari Samarinda bisa menempuh perjalanan menggunakan travel menuju ke Tanjung Redeb dengan biaya sekitar Rp. 300.000. Kemudian perjalanan dilanjutkan lagi menuju Tanjung Batu dengan biaya sekitar Rp. 100.000. Dari sini pengunjung bisa menggunakan speedbat dengan biaya Rp.100.000. Harga tersebut menyesesuaikan pesanan ketika sedang musim liburan atau tidak.

Penginapan di Pulau Derawan

Perjalanan yang cukup jauh dan melelahkan akan sangat disayangkan apabila hanya melakukan liburan singkat saja di Pulau Derawan ini. Destinasi wisata tersebut memiliki resort hingga homestay murah yang bisa dijadikan tempat tinggal sementara ketika berlibur disini.

Harga untuk homestay sendiri ditawarkan sekitar Rp. 75.000 per malam dan jika pengunjung ingin cottage yang didirian di atas laut di tawarkan sekitar Rp. 250.000 per malam sementara untuk resort-nya sendiri harga yang ditawarkan di atas 1 jutaan per malam. Apabila pengunjung ingin menyewa sebuah villa maka pengunjung akan dikenakan tarif sekitar Rp. 660.000 per malam.

Umumnya apabila melakukan perjalanan menuju ke Pulau Derawan ini perlu merogoh kocek sekitar Rp. 1.500.000 per orang untuk paket yang paling murah. Tempat ini sangat direkomendasikan untuk para pengunjung yang ingin berlibur secara beramai-ramai karena tempat ini memberikan sensasi yang berbeda dari Pulau lainnya.

Homestay Tepi Pantai di Derawan, alternatif penginapan selama berlibur
Homestay Tepi Pantai di Derawan, alternatif penginapan selama berlibur

Itulah beberapa informasi dari wisata Keindahan Pulau Derawan, semoga penjelasan ini bisa bermanfaat untuk dijadikan liburan menarik bagi Anda dan keluarga tercinta.