Monday , 14 January 2019

Keindahan Palangkaraya Kota Cantik, Tujuan Destinasi Wisata Terbaik

Keindahan Palangkaraya Kota Cantik, Tujuan Destinasi Wisata Terbaik

Palangkaraya merupakan salah satu kota sekaligus ibukota dari provinsi Kalimantan Tengah. Palangkaraya dulunya telah direncanakan dan dipersiapkan oleh Ir. Soekarno selaku presiden pertama Indonesia sebagai ibukota Indonesia. Kota ini memiliki beragam budaya, serta keindahan alam yang begitu luar biasa, sehingga sering disebut dengan Palangkaraya Kota Cantik.

Palangkaraya Kota Cantik memiliki tempat wisata alam yang sangat luar biasa indahnya. Tempat wisata alam tersebut berupa pantai, sungai, danau, perbukitan, maupun taman nasional. Kota Palangkaraya sendiri pun memiliki sungai besar dan termasuk sungai terpanjang di Kalimantan Tengah yang seakan memotong Kota Cantik ini menjadi dua bagian. Saat ini, Palangkaraya Kota Cantik tengah berbenah dan mempersiapkan diri untuk menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia.

Sejarah Palangkaraya Kota Cantik

Nama Palangkaraya berasal dari kata Palangka yang berarti wadah atau tempat suci untuk berdoa, serta Raya yang berarti besar dan megah, sehingga arti dari Palangkaraya adalah sebuah kota suci yang besar. Palangkaraya Kota Cantik ini diresmikan tanggal 17 Juli 1957 yang ditandai dengan peresmian Tugu Ibukota Kalimantan Tengah.

Kota Palangkaraya beserta segenap masyarakatnya pada masa kemerdekaan juga turut berjuang dalam memerdekakan negara Indonesia. Perjuangan masyarakat Palangkaraya dalam memerdekakan Indonesia digambarkan pada sejumlah relief yang terdapat pada benteng Taman Kota Palangkaraya.

Baca Juga:  Pantai Turki Banjarmasin, Pantai Eksotis Yang Sangat Memikat

Taman Kota Palangkaraya ini juga merupakan hasil rancangan langsung presiden pertama Indonesia, yakni Ir. Soekarno. Dahulunya, Palangkaraya dipandang sangat tepat dijadikan sebagai pusat pemerintahan negara Indonesia. Namun, setelah melalui proses yang cukup panjang, akhirnya ditetapkan Jakarta sebagai ibukota Indonesia.

Geografis Palangkaraya Kota Cantik

Palangkaraya Kota Cantik ini dihuni oleh sekitar 221.000 jiwa dengan kepadatan sekitar 92 jiwa per kilometer perseginya. Kota nan indah ini terdiri dari banyak suku, di antaranya Suku Dayak, Suku Banjar, Suku Madura, Suku Jawa, Suku Batak, Suku Bali, dan Suku Sunda. Adapun bahasa keseharian yang digunakan oleh masyarakat Palangkaraya adalah bahasa Indonesia, bahasa Suku Dayak, serta bahasa Suku Banjar.

Keindahan Palangkaraya Kota Cantik

Palangkaraya yang mendapatkan julukan sebagai Kota Cantik ini tentu saja memiliki alasan tersendiri. Kota ini memiliki potensi alam yang luar biasa indahnya. Berikut beberapa tempat wisata alam di Palangkaraya yang menawarkan keindahan alam Palangkaraya Kota Cantik:

  1. Arboretum Nyaru Menteng. Merupakan tempat wisata alam berupa penangkaran Orangutan, mulai dari bayi, dewasa, hingga siap dilepasliarkan di hutan. Selain penangkaran, tempat ini juga menjadi tempat untuk merehabilitasi Orangutan yang tidak memiliki orangtua lagi atau Orangutan yang terisolasikan akibat habitatnya dirusak manusia.
  2. Sungai Kahayan. Sungai ini merupakan salah satu sungai terpanjang yang ada di Kalimantan Tengah. Sungai Kahayan dijadikan sebagai salah satu tempat wisata alam yang bisa dinikmati dengan menyusuri sungai menaiki perahu yang disediakan pengelola Sungai Kahayan.
  3. Taman Wisata Alam Bukit Tangkiling. Palangkaraya Kota Cantik bisa dinikmati keindahannya dari atas Bukit Tangkiling.
  4. Deretan Pantai di Palangkaraya. Palangkaraya Kota Cantik juga memiliki deretan pantai yang tidak kalah indah dengan pantai di daerah lain di Indonesia. Pantai di Palangkaraya umumnya memiliki hamparan pasir putih yang luas, serta memiliki ombak yang kecil.
  5. Danau Tahai. Danau Tahai menjadi salah satu danau terindah yang ada di Palangkaraya Kota Cantik. Danau Tahai menawarkan pemandangan danau dengan air berwarna kemerahan serta adanya hamparan pepohonan di lahan gambut dan sejumlah rumah lanting apung khas Kalimantan.
Baca Juga:  Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Selain wisata alamnya yang begitu indah, Palangkaraya Kota Cantik juga memiliki sejumlah tempat wisata buatan yang begitu indah dan sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut beberapa tempat wisata buatan di Kota Palangkaraya yang begitu indah:

  1. Taman Kota Palangkaraya. Sebagaimana taman kota lainnya, Taman Kota Palangkaraya digunakan sebagai area terbuka sekaligus area bersantai yang disediakan untuk masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke Palangkaraya. Taman kota ini juga memiliki sejumlah benteng yang dihiasi dengan relief yang menggambarkan perjuangan rakyat Palangkaraya dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.
  2. Bundaran Besar Palangkaraya. Palangkaraya juga memiliki Bundaran Besar yang juga dijadikan sebagai area terbuka bagi masyarakat untuk bersantai, berolahraga, dan menghabiskan waktu bersama pasangan atau keluarga. Bundaran Besar Palangkaraya ini menjadi tempat favorit dan banyak dikunjungi oleh masyarakat dan wisatawan setiap hari libur atau akhir pekan, terutama pada pagi atau sore hari.
  3. Jembatan Kahayan. Sesuai dengan namanya, Jembatan Kahayan merupakan jembatan yang menyeberangi Sungai Kahayan yang mengalir di Palangkaraya. Jembatan ini dihiasi dengan lampu-lampu, sehingga menjadi favorit dan tujuan para wisatawan ketika senja atau malam hari.
Baca Juga:  5 Tempat Wisata di Kalimantan yang Terkenal Instagenik

Palangkaraya Kota Cantik ini tengah menata dan bersiap untuk menjadi pesaing destinasi wisata yang telah ada di Indonesia saat ini. Tidak menutup kemungkinan bahwa beberapa tahun ke depan, Palangkaraya akan menjadi kota dengan destinasi wisata terbaik di Indonesia, bahkan di dunia.