Monday , 25 February 2019

Jarak Tempuh Dari Jogja Ke Kalibiru Kulon Progo

Terletak di kawasan Perbukitan Menoreh Yogyakarta, Kalibiru memiliki suhu yang sejuk dan udara segar sehingga cocok dijadikan tempat berlibur. Pada mulanya Kalibiru merupakan hutan milik pemerintah, namun kini hutan tersebut dikelola oleh masyarakat setempat dan dikembangkan menjadi wisata alam.

Dari ketinggian 450 mdpl dapat dilihat bahwa kawasan ini menyuguhkan pemandangan eksotis dari atas perbukitan.

Terletak di sebelah barat kota Yogyakarta alamat tepat Kalibiru di desa Hagrowilis kecamatan Kokap, Kulonprogo. Jarak tempuh dari Jogja Ke Kalibiru Kulon Progo sekitar kurang lebih 1,5 jam, cukup mudah untuk ditemukan karena jalan yang menuju kalibiru tidak membingungkan. Ikuti jalan yang menuju ke arah kota Wates, bisa melewati Jl Wates, atau Jl Godean.

 Jarak Tempuh Dari Jogja Ke Kalibiru Kulon Progo

Terus, dari kota Wates, ikuti jalan yang menuju ke Waduk Sermo, dan Anda akan menemukan papan penunjuk arah ke Kalibiru. Rute menuju Kalibiru cukup menanjak enaknya sih pakai kendaraan pribadi walaupun ada angkutan umum yang menuju kesana.

 Jarak Tempuh Dari Jogja Ke Kalibiru Kulon Progo

jalan menanjak sebelum menuju lokasi. Gambar: hangoutyuk.wordpress.com

Baca Juga:  Raja Ampat of Java itu Bernama Pantai Peh Pulo Blitar

Desa Wisata Kalibiru ini dibuka sekitar tahun 2008 oleh masyarakat setempat secara swadaya, yang dilakukan masyarakat pertama kali adalah membangun jalan setapak kemudian pembangunan berbagai fasilitas lain. Hasil dari kerja keras masyarakat dapat kita lihat seperti sekarang dan berhasil menjadi tujuan wisata sekitar Jogja

 Jarak Tempuh Dari Jogja Ke Kalibiru Kulon Progo

 

Fasilitas yang ada di wisata kali biru

  • Areal parkir yang luas
  • Homestay
  • Jogjo pertemuan
  • Outbound
  • Camping Ground
  • Kios makanan
  • Toilet

Bagi yang suka neluncur diketinggian tersedia juga flying fox untuk dewasa dan anak anak, yang terkenal dan sering dijadikan tempat berfoto adalah Menara pandang, yang sebenarnya merupakan tempat start dan finishnya wahana outbound, menara pandang inilah salah satu penyebab wisata alam kalibiru kulon progo menjadi terkenal, untuk foto di atas menara cukup membayar 10 ribu saja yang hanya bisa menampung tiga orang dewasa sekaligus termasuk penjaga menara.

 Jarak Tempuh Dari Jogja Ke Kalibiru Kulon Progo

istirahat di kios makanan letaknya pinggir tebing

Harga tiket masuk kalibiru Rp 3.000 per orang. untuk tarif parkir motor Rp.2.000 dan mobil Rp.5.000 diluar arena flying fox sebesar Rp.10.000 jika ingin menguji adrenalin. Sebagai catatan datanglah kesana waktu cuaca bagus agar bisa melihat semua pemandangan sekitar dengan jelas dan puas.

Baca Juga:  Artis-Artis Indonesia Yang Juga Hobi Traveling