Wednesday , 13 November 2019

Berburu Wisata Kuliner Palangkaraya Yang Khas

Berburu Wisata Kuliner Palangkaraya Yang Khas

Kalimantan Tengah merupakan sebuah provinsi dengan para masyarakat asli dari Suku Dayak. Budaya Dayak ini merupakan sebuah bidaya yang sangat berbudi luhur dan eksotis untuk kehidupan kesehariannya. Cara hidup dan adat istiadat dari penduduk tersebut dapat dilihat dari berbagai bentuk bangunan rumah yang khas. Selain itu juga dapat dilihat dari pakaian Suku Dayak tersebut. Kota ini juga kaya akan wisata kuliner Palangkaraya yang khas dan menarik.

Sebagai salah satu provinsi yang terbesar di Kalimantan, Kalimantan Tengan ini juga dikenal kuat dengan budaya dari penduduknya. Ada sekitar kurang lebih hingga 46,62 persen dari seluruh jumlah penduduk asli di provinsi ini merupakan etnis Dayak. Maka hal tersebut juga mempengaruhi kuliner dari Kalimantan Tengah tersebut. Meskipun mayoritas makanan tersebut merupakan jenis makanan khas dari suku Dayak. Wisata kuliner yang paling terkenal dari wisata kuliner Palangkaraya diantaranya yaitu Juhu Umbut Rotan, Kalumpe dan masih banyak lagi. Berbagai jenis makanan tersebut juga merupakan jenis makanan dari orang Dayak yang berada di Kalimantan Tengah.

Wisata Kuliner Palangkaraya Juhu Umbut Rotan

Inilah salah satu keunikan dari Kalimantan Tengah, rotan dapat dijadikan sebagai salah satu bahan dalam pembuatan makanan yang lezat. Namanya yaitu menu masakan Juhu Umbut Rotan yang merupakan jenis makanan khas dari Suku Dayak. Biasanya makanan ini juga disebut dengan uwut nang’e. Makanan ini juga dapat dibilang unik karena menggunakan bahan utama rotan muda atau tunas yang sudah tumbuh dalam pangkal rotan tersebut.

Baca Juga:  Tempat Nongkrong di Berau yang Wajib Kamu Kunjungi Terbaru

Sama halnya rebung dalam sebuah bambu, tekstur rotan tersebut kenyal serta tidak terlalu keras. Bukan seperti rotan yang sudah tua. Namun perbedaannya yaitu bahwa umbut rotan ini hanya digunakan sebagai sayuran saja. Tidak sama halnya dengan rebung yang dapat digunakan sebagai bahan makanan yang lainnya.

Juhu Umbut Rotan
Juhu Umbut Rotan

Untuk cara mengolahnya yaitu cukup mudah. Pertama anda harus membersihkan kulitnya terlebih dahulu. Kemudian potonglah dengan ukuran kecil. Umumnya umbut rotan ini dimasak dengan ikan baung dan terong asam. Berbicara mengenai rasanya bahwa jenis masakan ini mempunyai rasa gurih, asam dan agak pahit. Rasa tersebut berpadu dengan rasa manis dari daging ikan yang dicampurnya. Ini yang membuat masakan umbat rotan memiliki ciri khas yang cukup unik dibanding masakan lainnya.

Kuliner Kalumpe Palangkaraya

Kalumpe ini merupakan salah satu jenis masakan yang dapat disebut dengan karuang. Masakan ini merupakan jenis sayuran yang dibuat dengan bahan daun singkong yang ditumbuk hingga halus. Kalumpe ini sebenarnya diambil dari bahasa Dayak Ngaju.

Baca Juga:  Rumah Makan Di Palangkaraya Yang Lezat
Kalumpe Palangkaraya
Kalumpe Palangkaraya

Cara untuk memasak kalumpe ini cukup mudah. Pertama yaitu ditumbuk hingga halus daun singkong tersebut dengan campuran terong kecil atau terong pipit. Kemudian bumbu bawang merah, bawang putih, lengkuas, serai dan haluskan. Dengan dilengkapi dengan sambal terasi dan juga nasi panas. Kalumpe ini menjadi salah satu masakan yang sulit untuk di tolak.

Kuliner Juhu Singkah Enyuh Palangkaraya

Umbut kelapa tersebut berupa pucuk bakal batang kelapa yang letaknya berada di atas akar pohon kelapa. Bumbu yang digunakan juga sederhana. Diantaranya yaitu lengkuas, bawang merah, jahe, bawang puting, cabai, kunyir, serai, terasi, dan daun jeruk purut. Keunikan dari masakan ini berada di irisan umbut kelapa tersebut yang empuk, gurih serta berempah.

Juhu Singkah Enyuh
Juhu Singkah Enyuh

Kenta Makanan Khas Dayak Palangkaraya

Kenta ini merupakan salah satu jenis makanan yang dapat dibilang sama dengan kue yang berasal dari Kalimantan. Tepatnya yaitu ada dalam suku Dayak. Jenis makanan ini dapat dibuat dari beberapa bahan ketan padi yang telah di sangrai. Kemudian ditumbuk dengan menggunakan lesung kayu hingga pipih.

Baca Juga:  Ruko Bandar Balikpapan, Wisata Kuliner Malam

Rasa khas dari makanan ini sebenarnya gak hambar. Namun pada umumnya jenis makanan ini disajikan dengan paruran kelapa, taburan gula pasir dan air kelapa muda. Sehingga akan membuat rasanya lebih gurih dan nikmat. Kenta ini tergolong dengan jenis makanan kuliner yang sulit ditemui. Hal ini dapat disebabkan karena pembuatan makanan tersebut agak rumit atau tidak mudah.

kenta palangkaraya
Kenta Palangkaraya

Wadi Kuliner Palangkaraya

Wadi ini merupakan salah satu jenis makanan yang terbuat dari bahan utama ikan atau daging babi. Wadi ini dikatakan sebagai salah satu jenis makanan yang dibusukkan. Namun pembusukan tersebut tidak dilakukan dengan begitu saja. Pada saat sebulum disimpan maka daging tersebut akan dilumuri dengan bumbu dari beras ketan putih. Selain itu juga dapat menggunakan biji jagung yang telah disangrai. Sehingga akan berwarna kecoklatan kemudian ditumbuk dengan manual atau diblender.

Wadi Palangkaraya
Wadi Palangkaraya

Banyak berbagai jenis wisata kuliner di Palangkaraya yang unik dan tidak mudah ditemukan di beberapa tempat. Wisata kuliner di Palangkaraya ini memang banyak sekali. Hal ini dapat membuat wisata anda di Palangkaraya lebih menarik dan menyenangkan.