Sunday , 22 September 2019

7 Tempat Wisata di Palangkaraya yang Wajib Dikunjungi

7 Tempat Wisata di Palangkaraya yang Wajib Dikunjungi

Palangkaraya merupakan salah satu kota terbesar yang ada di Kalimantan Tengah. Kota ini bahkan sempat diisukan akan menjadi ibukota untuk menggantikan Jakarta yang saat ini telah menjadi begitu padat. Terlepas dari hal tersebut, tempat wisata di Palangkaraya saat ini telah banyak berkembang pesat dan menjadi destinasi utama para wisatawan.

Mungkin tempat wisata di Palangkaraya belumlah terkenal sebagaimana tempat wisata lain yang ada di Indonesia seperti Bali dan Lombok. Akan tetapi, keindahan alam yang luar biasa yang ditawarkan di kota ini patut dipertimbangkan untuk menjadi tempat wisata tujuan untuk mengisi liburan.

Tujuh Tempat Wisata di Palangkaraya yang Begitu Mempesona

Beberapa tempat wisata di Palangkaraya yang memiliki keindahan alam yang sangat mempesona dan wajib dikunjungi ketika berlibur di Kalimantan Tengah di antaranya sebagai berikut:

1. Tempat Wisata di Palangkaraya: Danau Tahai

Danau Tahai merupakan salah satu tempat wisata di Palangkaraya yang wajib untuk dikunjungi. Danau Tahai menyajikan keindahan alam danau dan hutan gambut khas daerah Kalimantan. Kealamian dan kelestarian Danau Tahai masih sangat terjaga, sehingga menawarkan pemandangan berupa danau lepas yang sekelilingnya dipenuhi oleh mangrove yang begitu lebat.

danau tahai
Danau Tahai

Selain itu, di kawasan Danau Tahai tersedia jembatan kayu yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk melintasi kawasan danau dan hutan mangrove sembari menikmati keindahan alam di danau tersebut. Di sekitar danau ini juga terdapat banyak rumah apung yang di Palangkaraya disebut dengan rumah lanting. Rumah-rumah ini berada di atas danau dan di daerah hutan lahan gambut.

2. Tempat Wisata di Palangkaraya: Taman Nasional Sebangau

Tempat wisata di Palangkaraya yang tidak kalah menarik adalah Taman Nasional Sebangau. Taman Nasional ini menjadi salah satu hutan rawa gambut yang tersisa di Pulau Kalimantan. Untuk menjaga kelestarian kawasan ini, kemudian pemerintah setempat mengembangkannya menjadi Taman Nasional.

Baca Juga:  Pantai Rindu Alam, Pantai Unik dengan Deretan Pepohonan Pinus nan Asri

Taman Nasional Sebangau memiliki kawasan hutan dengan ekosistem yang unik, yakni ekosistem air hitam. Artinya hutan ini memiliki ekosistem rawa gambut yang berasal dari pembusukan berbagai bahan organik. Pembusukan ini kemudian menyebabkan air menjadi berarna hitam dan menjadi ekosistem bagi organisme tertentu.

Taman Nasional Sebangau
Taman Nasional Sebangau

Kawasan taman nasional ini juga menjadi habitat bagi sekitar 6.000 Orangutan, sekitar 25 jenis mamalia, 116 jenis burung borneo, serta sekitar 166 jenis tumbuhan. Selain menyajikan berbagai pemandangan alam yang luar biasa, pengunjung juga dapat menikmati keindahan flora dan fauna yang hanya bisa ditemui di Taman Nasional Sebangau ini.

3. Tempat Wisata di Palangkaraya: Pantai Ujung Pandaran

Pantai Ujung Pandaran merupakan salah satu pantai yang ada di Palangkaraya dan menjadi tujuan utama para wisatawan ketika berlibur ke Palangkaraya. Di Pantai Ujung Pandaran, wisatawan dapat menikmati keindahan alam yang sangat mempesona. Hamparan pasirnya yang luas, ombak yang kecil, serta angin yang sejuk menjadikan suasana Pantai Ujung Pandaran menjadi lebih indah.

Terlebih lagi, pengunjung juga dapat menikmati keindahan pemandangan sunset di pantai ini. Banyak sekali wisatawan yang menghabiskan waktunya dengan bersantai dan menikmati sunset di pantai ini. Sinar senja yang menyoroti langit dan air laut menjadikan susasana pantai sangat syahdu untuk dinikmati bersama dengan pasangan atau keluarga.

Sunset di Pantai Ujung Pandaran
Sunset di Pantai Ujung Pandaran

Di Pantai Ujung Pandaran juga terdapat wisata religi, yakni adanya makam seorang ulama. Makam tersebut berada di kawasan Pantai Ujung Pandaran dan telah banyak dijadikan sebagai tempat ziarah oleh banyak umat muslim di Kalimantan Tengah.

4. Tempat Wisata di Palangkaraya: Sungai Kahayan

Sungai Kahayan menjadi salah satu tempat wisata di Palangkaraya yang banyak paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Sungai ini merupakan salah satu sungai terpanjang yang ada di Kalimantan Tengah. Salah satu keunikan dari Sungai Kahayan adalah bentuknya yang unik, yakni mirip dengan teluk yang menjulur ke dalam.

Baca Juga:  Pantai Turki Banjarmasin, Pantai Eksotis Yang Sangat Memikat

Sungai Kahayan memiliki alur sungai yang dalam. Pada area mulut sungai terdapat sedimentasi berbagai bahan organik dan anorganik sehingga menyebabkan terjadinya pendangkalan di sekeliling sungai.

Menyusuri Sungai Kahayan
Menyusuri Sungai Kahayan

Tempat wisata di Palangkaraya ini menawarkan pemandangan yang sangat indah. Sungainya yang cukup luas, serta dikelilingi oleh pepohonan yang lebat menjadikan suasana Sungai Kahayan begitu alamiah. Wisatawan dapat menikmati keindahan kawasan Sungai Kahayan dengan menyusurinya menaiki perahu yang disediakan di area tempat wisata ini.

Yang lebih menarik lagi, wisatawan juga dapat melihat kehidupan Suku Dayak di area tersebut. Sebab, di sejumlah area Sungai Kahayan ini menjadi kawasan pemukiman Suku Dayak yang tinggal di hutan tersebut.

5. Tempat Wisata di Palangkaraya: Taman Nasional Bukit Baka – Bukit Raya

Salah satu tempat wisata di Palangkaraya yang menyajikan pemandangan alam yang luar biasa adalah Taman Nasional Bukit Baka – Bukit Raya. Taman Nasional ini terletak di perbatasan antara Provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat. Kawasan taman nasional ini merupakan perbukitan yang tertutupi oleh hutan yang sangat lebat.

Kawasan perbukitan dan perhutanan ini memiliki peran yang sangat penting dalam fungsi hidrologis, yakn isebagai kawasan tangkapan air yang menalir di Sungai Katingan di Kalimantan Tengah dan Sungai Melawi di Kalimantan Barat. Oleh karena itu, untuk menjaga kawasan ini tetap lestari, pemerintah melindungi kawasan ini dengan menetapkannya sebagai taman nasional. Kawasan perbukitan yang ditutupi dengan lebatnya pepohonan ini juga menjadi kawasan perlindungan untuk berbagai jenis flora dan fauna.

6. Tempat Wisata di Palangkaraya: Penangkaran Orangutan Nyaru Menteng

Penangkaran Orangutan Nyaru Menteng menjadi salah satu tempat wisata di Palangkaraya yang menjadi sasaran para wisatawan. Penangkaran ini terdapat di Desa Tumbang Taha, Bukit Baru, Palangkaraya. Tempat wisata di Palangkaraya ini menjadi tempat untuk mengadopsi, mengadaptasi, serta tempat pelepasan Orangutan.

Baca Juga:  Berburu Wisata Kuliner Palangkaraya Yang Khas

Di kawasan hutan yang luasnya sekitar 1,5 hektar ini, terdapat sekitar 450 Orangutan yatim dan terlantar dari berbagai hutan yang ada di Kalimantan. Penangkaran di Nyaru Menteng ini memberikan rehabilitasi abgi bayi Orangutan, kemudian pembelajaran untuk bisa bertahan hidup di hutan, serta pelepasan Orangutan di alam liar.

Nyaru Menteng
Nyaru Menteng

Wisatawan yang berkunjung di tempat wisata ini bisa mendapatkan pemandangan alam yang luar biasa sekaligus mendapatkan pelajaran mengenai salah satu satwa endemik di Indonesia yang saat ini telah terancam punah, yakni Orangutan.

7. Tempat Wisata di Palangkaraya: Bukit Tangkiling

Bukit Tangkiling merupakan salah satu tempat wisata di Palangkaraya berupa bukit yang cukup tinggi dan menjadi salah satu destinasi wisata unggulan. Dari atas bukit ini, pengunjung dapat menikmati keindahan Kota Palangkaraya berupa kawasan perkotaan, kawasan hutan, sungai, serta perbukitan. Dari atas Bukit Tangkiling, wisatawan juga dapat menyaksikan keelokan ikon Kota Palangkaraya, yakni Jembatan Kahayan. Jembatan Kahayan merupakan jembatan sepanjang 640 meter berwarna jingga yang menyeberangi Sungai Kahayan yang membelah Palangkaraya.

View dari Bukit Tangkiling
View dari Bukit Tangkiling

Pemandangan yang begitu luar biasa dari atas Bukit Tangkiling, serta adanya wisata religi dan kebun binatang mini di kawasan bukit ini menjadikan Bukit Tangkiling sebagai tempat wisata di Palangkaraya yang diunggulkan. Selain menikmati keindahan alam, wisatawan juga bisa berkunjung ke Biara Pertapaan Karmel dan Pura Hindu Kaharingan. Wisatawan juga bisa melihat berbagai satwa yang ada di kebun binatang mini di antaranya Kera, Landak, dan Binturung.

Tempat wisata di Palangkaraya sangatlah beragam dan menyuguhkan berbagai keindahan dan kekayaan alam Kalimantan Tengah yang khas. 7 tempat wisata di Palangkaraya tersebut harus dimasukkan ke dalam daftar kunjungan ketika berlibur di Palangkaraya, Kalimantan Tengah.