Wednesday , 13 November 2019

5 Tempat Wisata di Kalimantan yang Terkenal Instagenik

5 Tempat Wisata di Kalimantan yang Terkenal Instagenik

Pulau Kalimantan atau yang juga dikenal dengan sebutan Pulau Borneo menyimpan berbagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tempat wisata tersebut pun tersebar di wilayah Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Tengah. Pastikan tempat wisata di Kalimantan yang terkenal masuk ke dalam daftar liburan anda. Untuk mengetahui apa saja wisata terkenal yang ada di Kalimantan, anda simak saja ulasan di bawah ini.

Tempat Wisata di Kalimantan yang Terkenal

Berikut kami bagikan beberapa tempat wisata di Kalimantan yang terkenal dan populer untuk anda kunjungi bersama keluarga maupun sahabat.

1. Pasar Terapung Lok Baintan

Tempat wisata yang ada di Kalimantan Selatan ini menjadi ikon wisata yang harus anda kunjungi saat berada di Pulau Kalimantan. Pasar Terapung Lok Baintan atau yang juga dikenal dengan sebutan Pasar Terapung Sungai Martapura ini menyuguhkan spot foto keren bagi anda yang suka fotografi. Di Pasar Terapung Lok Baintan ini, anda juga bisa interaksi langsung dengan warga setempat sembari belanja. Kegiatan jual beli di wisata ini sendiri dimulai jam 6 sampai 8 pagi.

Baca Juga:  Daftar Penginapan Murah Di Anyer Yang Pas Untuk Keluarga
Pasar Terapung Lok Baintan Kalsel
Transaksi di Pasar Terapung Lok Baintan

2. Danau Sentarum

Selain Pasar Terapung Lok Baintan, pastikan anda juga mengunjungi Danau Sentarum. Tempat wisata yang berlokasi di Kalimantan Barat, tepatnya di Kabupaten Kapuas Hulu ini sangatlah unik. Apabila anda datang ketika musim penghujan, Danau Sentarum terlihat seperti air yang menenggelamkan hutan. Akan tetapi, jika anda mengunjungi Danau Sentarum saat musim kemarau, anda bisa melihat hutan yang digenangi sedikit air. Danau Sentarum dikenal sebagai danau musiman sekaligus sumber air bagi Sungai Kapuas.

3. Kepulauan Derawan

Kepulauan Derawan menduduki posisi kedua sebagai diving terfavorit di bawah Raja Ampat. Tempat wisata yang ada di Kalimantan Timur ini memang menyuguhkan pesona alam bawah laut yang cantik. Apabila anda menyempatkan diri menyelam, anda bisa melihat keindahan terumbu karang dan berbagai jenis ikan cantik. Di Kepulauan Derawan itu sendiri terdapat banyak pulau kecil. Dari sekian banyak pulau kecil yang ada di Kepulauan Derawan, Pulau Kakaban lebih banyak dikunjungi wisatawan.

pulau kakaban, indah memang
Pulau Kakaban, Indah Memang

Saat anda mengunjungi Pulau Kakaban di Kepulauan Derawan, anda berkesempatan untuk bertemu penyu sisik dan penyu hijau. Tak hanya itu, anda juga bisa melihat laguna yang terbentuk akibat air laut terjebak selama ratusan tahun di pulau. Kemudian air laut ini bercampur dengan guyuran air hujan. Lebih menarik lagi, anda akan menemukan ubur-ubur unik yang berenang secara terbalik, dimana posisi tentakelnya ada di atas.

Baca Juga:  Lokasi dan Tiket Masuk Pantai Sedahan Gunungkidul

4. Pantai Melawai

Pantai Melawai sangat cocok untuk anda yang ingin melihat panorama sunset secara jelas. Hal ini dikarenakan Pantai Melawai tepat berada di teluk kecil. Bagi anda yang ingin menuju lokasi Pantai Melawai, anda hanya akan memakan waktu sekitar 5 menit dari pusat kota. Tak hanya menyuguhkan pesona sunset, Pantai Melawai juga memperlihatkan banyak kapal pengangkut di pelabuhan Semayang.

5. Taman Bukit Bougenville

Tempat wisata di Kalimantan yang terkenal lainnya ialah Taman Bukit Bougenville. Sama halnya namanya, Taman Bukit Bougenville ini dihiasi dengan hamparan bunga bougenville. Setidaknya ada 46 spesies bougenville yang bisa anda temukan di taman ini. Walau didominasi dengan bunga bougenville, anda juga bisa melihat berbagai jenis bunga lainnya. Sebut saja antorium, aglonema, dan anggrek. Lebih dari itu, Taman Bukit Bougenville yang ada di Singkawang, Kalimantan Barat ini juga dilengkapi dengan fasilitas kolam renang mini dan rumah kaca.

Kalo sudah begini, tinggal booking tiket pesawat aja nih buat cuss explore Kalimantan. Selamat berlibur ya sobat!

Baca Juga:  Danau Labuan Cermin, Danau Cantik Dua Rasa yang Indah Mempesona