Wednesday , 13 November 2019

Taman Kota Palangkaraya, Tempat Cocok untuk Bersantai

Taman Kota Palangkaraya, Tempat Cocok untuk Bersantai

Taman kota adalah sauatu tempat yang disediakan oleh Pemerintah Kota bagi masyarakat untuk menambah nilai estetika lingkungan sekitar, serta menyediakan tempat untuk bersantai dan berkumpul bersama. Kota yang sering disebut sebagai calon ibukota Indonesia, juga memiliki taman nasional yang disediakan bagi masyarakat. Taman Kota Palangkaraya didesain sangat unik, hijau, asri, dan nyaman.

Taman Kota Palangkaraya seringkali digunakan sebagai tempat untuk bersantai dan berkumpul oleh masyarakat, baik dari kalangan pemuda, maupun digunakan oleh keluarga untuk bersantai. Taman Kota Palangkaraya didesain langsung oleh tokoh kemerdekaan Indonesia sekaligus presiden pertama Indonesia, yakni Ir. Soekarno. Dari awal pembangunan sampai dengan saat ini, Taman Kota Palangkaraya masih terawat dan terjaga.

Lokasi Taman Kota Palangkaraya

Taman Kota Palangkaraya berada di Menteng, Jekan Raya, Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Taman kota ini berada diekat dengan Kantor Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah. Taman Kota Palangkaraya berada di pusat Kota Palangkaraya, sehingga mudah ditemukan dan dikunjungi oleh masyarakat dan wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang sedang berkunjung ke Kalimantan Tengah.

Baca Juga:  4 Tempat Nongkrong di Palangkaraya yang Hits

Suasana Taman Kota Palangkaraya

Suasana yang tercipta di kawasan Taman Kota Palangkaraya begitu asri dan sangat cocok digunakan untuk bersantai. Di kawasan taman kota ini terdapat deretan pepohonan yang rimbun. Rumput yang ada di kawasan taman kota ini pun juga terawat, sehingga selalu hijau dan nampak rapi. Kondisi taman kota yang seperti ini menjadikan suasana yang sangat asri, nyaman, dan menenangkan.

Selain itu, di kawasan Taman Kota Palangkaraya juga  terdapat sejumlah benteng yang dihiasi dengan relief-relief yang menggambarkan perjuangan bersama rakyat Palangkaraya dalam keikutsertaannya memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Selain menggambarkan perjuangan rakyat Palangkaraya, relief di Taman Kota Palangkaraya juga menggambarkan peristiwa Sumpah Pemuda.

Pada masa kemerdekaan Indonesia dahulu, Ir. Soekarno berencana menjadikan Kota Palangkaraya sebagai Ibu Kota Indonesia. Dalam pembangunan taman kota ini, peletakan pertama yang dilakukan oleh Ir. Soekarno juga dijadikan sebagai Tugu Soekarno yang menandakan dimulainya proses pembangunan Kota Palangkaraya.

Taman Kota Palangkaraya Sangat Cocok untuk Bersantai

Suasana Taman Kota Palangaraya cocok dinikmati ketika pagi hari dan sore hari. Sebab, taman kota ini merupakan kawasan terbuka, sehingga meskipun terdapat sejumlah pepohonan, namun suasana ketika siang hari cukuplah terik. Kebanyakan, pengunjung datang ke Taman Kota Palangkaraya pada pagi hari dan siang hari, di mana mereka menikmati suasana santai dan sejuk bersama dengan teman-teman atau bersama dengan keluarga.

Baca Juga:  7 Tempat Wisata di Palangkaraya yang Wajib Dikunjungi

Setelah berjalan santai, berolahraga, atau jogging, pengunjung bersama pasangan atau keluarga bisa beristirahat di Taman Kota Palangkaraya ini sembari menikmati suasana yang begitu sejuk. Ketika malam hari pun, taman kota ini begitu indah dan bisa dijadikan sebagai tempat bersantai, sebab telah disediakan lampu-lampu untuk memberikan penerangan.