Sunday , 22 September 2019

Pantai Ujung Pandaran yang Mempesona

Pantai Ujung Pandaran yang Mempesona

Pantai Ujung Pandaran merupakan salah satu dari deretan pantai yang ada di Kalimantan Tengah. Pantai ini termasuk dalam destinasi utama para wisatawan yang berkunjung ke Kalimantan Tengah, mulai dari wisatawan domestik sampai dengan wisatawan mancanegara. Pantai ini menawarkan keindahan alam pantai Kalimantan yang begitu mempesona.

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Kalimantan Tengah, kemudian merasa letih, serta penat dengan suasana yang ramai, maka Pantai Ujung Pandaran bisa menjadi satu tempat untuk melepas penat dan bersantai. Pengunjung bisa menikmati keindahan alam sembari menikmati makanan dan minuman yang tersedia di deretan warung makan di Pantai Ujung Pandaran.

Lokasi Pantai Ujung Pandaran

Pantai Ujung Pandaran terletak di Desa Ujung Pandaran, Teluk Sampit, Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. Lokasi pantai ini berjarak kurang lebih 80 km dari selatan pusat Kota Sampit, atau sekitar 3 jam perjalanan dengan menaiki kendaraan. Akses menuju Pantai Ujung Pandaran juga sudah sangat baik, terdapat penunjuk jalan serta memiliki medan yang aman dan nyaman.

Baca Juga:  Ayo ke Gili Labak, Surganya Pulau Madura!

Keindahan Pantai Ujung Pandaran

Pantai Ujung Pandaran memiliki keindahan alam yang luar biasa. Hamparan pasirnya yang putih, ombak yang tenang, serta angin yang sepoi-sepoi menjadikan suasana di pantai ini begitu syahdu. Di pesisir pantai tersedia sejumlah saung untuk beristirahat, bersantai sembari menikmati keindahan pantai. Ombaknya yang kecil dan tenang menjadikan pantai ini sangat bersahabat untuk bermain air dan berenang.

Arena Bermain Pantai Ujung Pandaran
Arena Bermain Pantai Ujung Pandaran

Selain itu, keindahan Pantai Ujung Pandaran akan lebih mempesona ketika senja hari. Di pantai ini, pengunjung dapat menikmati keindahan sunset atau matahari terbenam. Sinar mentari yang begitu lembut dengan sang mentari yang semakin terbenam di ufuk baratnya, mengiringi wisatawan yang bersantai menghabiskan waktu bersama dengan keluarga atau pasangan. Pantai Ujung Pandaran ini menjadi salah satu tempat di Kalimantan Tengah yang paling favorit untuk menikmati sunset.

Pantai Ujung Pandaran juga menjadi tempat untuk melaksanakan upacara adat. Upacara adat yang dilaksanakan di pantai ini dinamakan dengan ritual Simah Laut. Ritual Simah Laut merupakan upacara yang dilaksanakan oleh masyarakat setempat yang sebagian besar sebagai nelayan untuk menolak bala. Dalam upacara ini, masyarakat kemudian akan melarung sesaji yang berisikan dengan berbagai macam makanan tradisional, telur, hingga kepala kerbau. Masyarakat percaya bahwa dengan adanya upacara adat ini, maka masyarakat akan mendapatkan rezeki dan keselamatan selama mencari ikan di laut.

Baca Juga:  4 Tempat Nongkrong di Palangkaraya yang Hits

Fasilitas di Pantai Ujung Pandaran

Pemerintah dan pihak pengelola Pantai Ujung Pandaran telah menyediakan berbagai fasilitas, guna meningkatkan pelayanan dan kenyamanan yang diperoleh para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini. Berbagai fasilitas yang disediakan di pantai ini di antaranya toilet, mushola, sejumlah saung, sejumlah wahana bermain, dan deretan warung makan.

Selain itu, di pantai ini juga telah tersedia sejumlah penginapan. Penginapan ini ditujukan bagi wisatawan yang ingin menginap dan menikmati keindahan malam di Pantai Ujung Pandaran. Dengan menginap, maka pengunjung memiliki waktu yang lebih banyak untuk menikmati keindahan alam serta keindahan Pantai Ujung Pandaran ketika di malam hari.

Kawasan Pantai Ujung Pandaran
Kawasan Pantai Ujung Pandaran

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Kalimantan Tengah, Pantai Ujung Pandaran harus dimasukkan ke dalam list kunjungan. Apalagi bagi keluarga yang sedang mengadakan liburan, maka tempat ini akan sangat cocok untuk dikunjungi, berlibur dan bersantai. Sebab, berbagai fasilitas di pantai ini sudah sangat lengkap. Selain itu kamu juga bisa mempertimbangkan beberapa penginapan murah di Palangkaraya jika berniat singgah untuk beberapa hari.

Baca Juga:  Keindahan Pantai Kasap, Sensasi Raja Ampat Ala Pacitan (Rute dan Tiket Masuk)