Sunday , 22 September 2019

Asiknya Bermain Air di Ekowisata Taman Sungai Mudal

taman sungai mudal

Siapa sih yang tak suka bermain air? Apalagi air yang ada adalah air jernih nan dingin. Pasti menggoda siapapun untuk menceburkan diri merasakan segarnya aliran Sungai Mudal. Ekowisata Taman Sungai Mudal, adalah tempat wisata asik dengan ciri khas sungai dan air terjun yang sangat bersih.

Taman Sungai Mudal terletak di Banyuganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo. Sejak diperkenalkan tahun 2015 silam, Taman Sungai Mudal mampu menjadi salah satu primadona wisata alam di antara banyaknya kawasan wisata di Kulon Progo. Yang menarik, Taman Sungai Mudal ini berada satu aliran sungai dengan air terjun Kembang Soka dan Kedung Pedut. Jika kamu datang di waktu yang tepat, kamu bisa menikmati ketiga objek wisata ini seharian.

Keindahan taman sungai Mudal memang tidak diragukan lagi. Keindahan alam air terjun dan kolam-kolam alami dengan udara yang sejuk menjadikan tempat tersebut sebagai tempat berlibur dan bersantai bersama keluarga atau dengan pasangan.

Sesuai namanya, Taman Sungai Mudal menyajikan berbagai panorama air terjun dan kolam yang seolah memaksa kita untuk menceburkan diri di dalamnya. Tak hanya air terjun, aliran sungai dan kolam pun bisa kamu nikmati disini.

Baca Juga:  Keindahan Pantai Sanglen Gunungkidul, Surga Yang Tersembunyi

Salah satu air terjun yang indah dan menawan berada di setengah ketinggian Taman Sungai Mudal. Air terjun tersebut mengalir diantara beberapa batuan, sehingga aliran airnya nampak bercabang. Selain itu batu-batuan di sekitar aliran air terjun, sebagian tertutup lumut dengan warna hijau yang mencolok, membuat air terjun tersebut nampak eksotis dan indah.

Selain air terjun, ada juga kolam alami di aliran sungai yang bertingkat ini. Kamu bisa memilih kolam mana yang ingin kamu pakai untuk bermain air. Tak hanya anak-anak, orang dewasa dan anak muda pun turut riang menikmati segarnya air Sungai Mudal.

Untuk mencapai taman dan melihat sumber mata air singai Mudal, kamu harus berjalan kaki melalui jalan setapak yang menanjak. Jalan setapak dan menanjak ini tak akan berat seperti yang kamu bayangkan karena berada di tepiah aliran sungai yang penuh keindahan.

keindahan taman sungai mudal
IG: tifanimaulidza

Selama perjalanan naik, kamu akan terbius oleh segarnya air terjun Sungai Mudal. Jaraknya pun tak terlampau jauh. Bila lelah, kamu bisa beristirahat sejenak di pos-pos yang disediakan sambil berselfie ria dengan latar belakang air terjun yang menawan.

Baca Juga:  Lokasi Taman Tebing Breksi Sleman Jogja

Di puncak taman sungai Mudal, kamu dapat bermain-main di sebuah kolam alami dengan air yang segar. Kolam yang merupakan kolam pertama dari aliran mata air Sungai Mudal ini sangat jenih. Meski tak terlampau luas, namun kesegarannya tak dapat kita abaikan. Kolam di atas ini memiliki kedalaman hanya 1 meter saja, dan kamu bisa menyewa ban dari pengelola dengan biaya seikhlasnya, sekitar 5 ribu rupiah.

kolam sungai mudal asik
IG: cutzulfa_ayyunizra

Kamu juga dapat menikmati keasrian taman, dengan beragam jenis tanaman hias yang berada di lokasi tersebut. Sebuah jembatan bambu nampak artistik membentang di dekat kolam alami tersebut.

Selain bermain air, kamu juga bisa berfoto dan bersantai di Taman Sungai Mudal ini. Jangan takut tidak bisa eksis karena pengelola menyediakan WiFi di puncak Taman Sungai Mudal.

Tiket masuk lokasi Ekowisata Taman Sungai Mudal pun cukup terjangkau yakni sebesar Rp.4000 per orang untuk tiket masuknya. Untuk biaya parkir kendaraan roda dua sebesar Rp.2000, dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Baca Juga:  Pantai Delegan Gresik

Jogja Transport siap mendampingi kamu menikmati kesegaran air di Taman Sungai Mudal. Selamat berlibur, gaes!