Sunday , 24 February 2019

Hutan Pinus Banjarbaru, Dulu Biasa Sekarang Luar Biasa

hutan pinus banjarbaru

Banjarbaru, sebuah kota besar yang terletak di Kalimantan Selatan. Kota yang terbentuk akibat adanya pemekaran dari Kabupaten Banjar ini termasuk kota asministratif dengan luas 371,30 km2. Sama seperti kota-kota besar lainnya, kota Banjarbaru memiliki destinasi wisata alam yang sangat beragam. Tak hanya itu, kota yang terbentuk pada tahun 1999 ini juga memiliki situs sejarah, pusat perbelanjaan hingga wisata kuliner khas Banjarbaru yang menggoyang lidah.

Berkunjung ke Banjarbaru tak lengkap rasanya jika tak mengunjungi salah satu objek wisata iconik di kota Banjarbaru yaitu Hutan Pinus Banjarbaru. Sama layaknya hutan pinus di beberapa tempat pada umumnya, di areal yang cukup luas tersebut ditanami ratusan pohon pinus yang menjulang tinggi dan berjajar rapi lengkap dengan jalan setapak tepat berada di tengah-tengahnya. Selain itu kawasan ini juga terdapat aneka macam tumbuh-tumbuhan seperti akasia, durian, angsara, dan beringin yang menambah keelokan Hutan Pinus Banjarbaru.

Dulunya Hutan Pinus Banjarbaru ini hanyalah sebagai tempat percontohan budidaya hutan pinus saja yang bertujuan sebagai peneduh dan paru-paru lingkungan di kota Banjarbaru, sekaligus belum mendapatkan perhatian dari pemerintah kota setempat. Maka tak heran jikalau dulu penampilah Hutan Pinus Banjarbaru ini seperti tak terurus banyak semak-semak belukar dan kotor.

Baca Juga:  Danau Cermin Banjarbaru yang Indahnya Mempesona

Image tersebut perlahan luruh setelah pemerintah kota Banjarbaru melihat bahwa Hutan Pinus Banjarbaru memiliki potensi sebagai destinasi wisata hutan kota yang menarik dan menyegarkan disamping kegunaannya sebagai paru-paru kota. Tak menunggu lama pemerintah setempat kemudian berupaya untuk mempercantik dan merevitalisasi hutan kota Banjarbaru ini sebagai salah satu tempat wisata hutan kota di Banjarbaru yang wajib dikunjungi.

hutan pinus banjarbaru keren
Hutan Pinus Banjarbaru

Kini Hutan Pinus Banjarbaru yang dulunya kotor dan tak terurus disulap menjadi spot wisata menarik di Banjarbaru yang tentunya sangat fotogenik. Hal ini terbukti dengan adanya hiasan berupa payung yang menghiasi langit-langit jalan setapak dan beberapa balon yang sengaja diletakkan untuk mempercantik tampilan Hutan Pinus Banjarbaru ini hingga layang-layang kupu raksasa yang menempel di pohon. Keeksotisan Hutan Pinus Banjarbaru semakin semarak lagi dengan adanya Festival Pinus Merkusi yang diadakan oleh Disporabudpar Banjarbaru pada bulan Mei 2017 silam.

Banyak aktivitas yang dapat kita lakukan di Hutan Kota yang terletak di Jalan P Suriansyah Ujang, Kelurahan Komet, Banjarbaru ini. Mulai dari berfoto di spot-spot menarik yang terletak di lokasi Hutan Pinus Banjarbaru, bersantai di bawah rindangnya pohon pinus, atau sekedar jalan-jalan mengelilingi kawasan Hutan Pinus ini.

Baca Juga:  25 Tempat Hunting Terbaik di Banjarbaru yang Harus Anda Kunjungi

Meskipun fasilitas yang ada di Hutan Pinus Banjarbaru ini belum lengkap karena belum terdapat toilet, rumah ibadah, dan gazebo yang dapat digunakan pengunjung untuk bersantai, namun Anda bisa menyewa tikar atau hammock dengan tarif Rp. 10.000 saja guna menikmati indahnya Hutan Pinus Banjarbaru dengan lebih nyaman.

Kini, hutan yang dulunya sepi dan polos tersebut setiap harinya selalu dikunjungi wisatawan lokal guna melepas penat atau sekadar berswafoto bersama orang-orang terkasih. Setelah dilakukannya revitalisasi pemerintah setempat berharap bahwa keberadaan hutan kota ini jangan hanya dijadikan sebagai peneduh dan paru-paru kota saja namun juga mampu menarik wisatawan untuk mengunjungi kota Banjarbaru. Nah, guna menikmati keindahan dan fasilitas yang ada di Hutan Pinus Banjarbaru Anda tak perlu mergoh kocek terlalu dalam, sebab Anda hanya akan membayar tiket masuk sebesar Rp. 3.000 saja setiap orangnya dan sudah termasuk biaya parkir kendaraan lho.

Bagaimana, apakah Anda tartarik menjadikan spot wisata Hutan Pinus Banjarbaru ke dalam list tujuan wisata Anda diakhir pekan atau masa liburan?

Baca Juga:  Hutan Pinus Magelang

Itulah ulasan mengenai objek wisata Hutan Pinus Banjarbaru yang bisa Anda jadikan referensi sebagai tujuan wisata jikalau Anda berlibur ke Kalimantan Selatan, tepatnya di kota Banjarbaru untuk menghabiskan masa liburan Anda. Kamu bisa mengikuti link koordinat Google Maps ini untuk menuju Hutan Pinus Banjarbaru. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung. Salam.