Sunday , 24 February 2019

Hutan Lindung Sungai Wain, Surga Bagi Pecinta Alam di Balikpapan

hutan lindung sungai wain

Hutan Lindung Sungai Wain, Surga Bagi Pecinta Alam di Balikpapan – Hutan Lindung Sungai Wain (HLSW) adalah salah satu objek alam yang terletak di jalan Soekarno-Hatta, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur. Secara geografis hutan ini terletak di 116° 47’- 116° 55’ Bujur Timur dan 01° 02’ – 01° 10’ Lintang Selatan. Hutan lindung ini merupakan perpaduan objek wisata hutan dan sungai. Di dalam HLSW ini terdiri atas hutan primer (hutan asli) dan hutan sekunder (hutan buatan).

Dari tahun ke tahun kawasan HLSW ini terus dikembangkan, hal tersebut sudah mulai terlihat semenjak kepemimpinan Sultan Kutai pada tahun 1934, yang kemudian dikembangkan lagi tahun 1947 sebagai penampungan air bersih.

Pada tahun 1992 – 1996 Hutan Lindung Sungai Wain dikembangkan dengan merehabilitasi 80 orang utan dari hasil tangkapan Borneo Orang Utan Survival Foundations atau BOUSF. Semenjak itulah HLSW ini di manfaatkan sebagai pusat laboratorium flora dan fauna di kota Balikpapan. Selain itu hutan lindung ini juga digunakan sebagai pusat pendidikan lingkungan.

Banyak beberapa pilihan di kawasan HLSW ini yang bisa dinikmati oleh para wisatawan. Para wisatawan bisa menyaksikan aliran sungai Wain yang sangat jernih dengan panjang hingga mencapai 18.300 meter. Aliran air sungai tersebut dikelilingi oleh hutan bakau di samping kanan-kirinya sehingga terkesan sangat menarik dan indah sekali.

Baca Juga:  Ruko Bandar Balikpapan, Wisata Kuliner Malam
hlsw balikpapan
Hutan Lindung Sungai Wain

Di kawasan ini para wisatawan bisa menikmati treking pendek melewati jalur di atas titian kayu sepanjang 400 meter. Para wisatawan pun juga bisa menyaksikan beberapa tumbuhan langka dengan melintasi treking sejauh 3 km. Tumbuhan langka tersebut seperti kantung semar. Namun, apabila para wisatawan hendak menyaksikan beraneka ragam tumbuhan langka di kawasan Hutan Lindung Sungai Wain beserta hewan langka seperti Beruang Madu sebaiknya ijin terlebih dahulu dengan pihak pengelola.

Nah, apabila para wisatawan ingin menikmati pemandangan pedalaman  yang lebih keren dan menantang lagi di kawasan Hutan Lindung Sungai Wain, sebaiknya melakukan jalur treking hingga sepanjang 8 km untuk menuju ke base camp Jamaluddin. Para wisatawan pun bisa menetap di lokasi tersebut selama beberapa hari apabila ingin menelusuri dan mengamati pemandangan yang ada.

Luas area secara keseluruhan Hutan Lindung ini sekitar 10.025 Ha yang di dalamnya terdapat Hutan Dipterocarpa dataran rendah, Hutan Dipterocarpa, Hutan Rawa terbuka dan Air tawar, Hutan Riparian dan Aliran Sungai Wain sekitar 18.300 m.

Baca Juga:  Keindahan dan Kenikmatan Beach House Balikpapan

Objek-Objek di Area Hutan

Ada banyak bermacam-macam pohon di hutan seperti pohon bangkirai, pohon ulin, pohon meranti, pohon reruing, pohon gaharu. Adapun beberapa tumbuhan langka yang terdapat di Hutan Lindung Sungai Wain diantaranya jenis anggrek dan tumbuhan merambat, kantung semar, beragam jenis jamur, tumbuhan endemik Balikpapan  dan lainnya.

Hutan Lindung Sungai Wain
Hutan Lindung Sungai Wain

Sementara ada banyak hewan langka yang dilindungi disini seperti macan dahan (Neofelis Nebulosa), orang utan (Pongo Pygmaeus) sekitar 80 ekor, Beruang Madu (Helarctos Malayanus) sekitar 60 ekor, beragam jenis kera (Primates), Bekantan (Nasalis Larvatus) atau hewan endemik yang terdapat di Kalimantan. Ada juga beberapa hewan lainnya di Hutan Lindung Sungai Wain ini diantaranya tupai, musang, linsang dan berang-berang, terdapat 9 jenis burung enggang dan 242 jenis burung lainnya.

Fasilitas di Area Hutan

Adapun beberapa fasilitas yang bisa dinikmati oleh para wisatawan ketika berada di area hutan lindung ini. Fasilitas tersebut meliputi pusat penelitian tumbuhan dan hewan, Tracking bridge atau jembatan trek, beberapa pos peristirahatan Menara Pengintai atau watch tower, perahu rumah Beruang Madu, rumah Enggang dan area wisata seperti Kebun Raya Balikpapan. Untuk area wisata Kebun Raya Balikpapan ini masih dalam proses pembangunan dan perkembangan.

Baca Juga:  Tempat Rekreasi di Balikpapan yang Wajib Dikunjungi
penginapan sungai wain
Penginapan Hutan Lindung Sungai Wain

Akses Atau Rute Menuju Lokasi

Untuk menuju ke area wisata Hutan Lindung Sungai Wain para wisatawan yang berkunjung bisa menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat, jalan menuju lokasi tersebut sudah terbilang baik. Para wisatawan bisa melalui kota Balikpapan dengan jarak sekitar 15 km menuju ke arah utara. Lokasi hutan lindung ini berada tepat di pinggir jalan raya Balikpapan – Samarinda. Link Map Hutan Lindung Sungai Wain

Demikian informasi mengenai objek wisata Hutan Lindung Sungai Wain, semoga penjelasan ini bisa dijadikan referensi menarik apabila hendak berkunjung ke hutan Lindung ini.