Sunday , 13 January 2019

Danau Tahai Palangkaraya yang Cocok untuk Bersantai

Danau Tahai Palangkaraya yang Cocok untuk Bersantai

Palangkaraya terkenal dengan berbagai tempat wisata alam yang ada di dalamnya, mulai dari pantai, perbukitan, taman nasional, hingga danau. Semua wisata alam yang ada di Palangkaraya menjadi destinasi wisata yang cukup unggul di Kalimantan Tengah. Salah satu tempat wisata terfavorit dan banyak dikunjungi adalah Danau Tahai Palangkaraya. Danau Tahai Palangkaraya banyak dikunjungi oleh keluarga-keluarga yang ingin bersantai sembari menikmati suasana alam yang sejuk dan asri.

Lokasi Danau Tahai Palangkaraya

Danau Tahai Palangkaraya berlokasi di Desa Tahai, Tumbang Tahai, Bukit Batu, berjarak kurang lebih 30 km dari pusat kota Palangkaraya atau sekitar 45 menit perjalanan dengan transportasi motor atau mobil. Letak danau ini juga cukup strategis, sebab tidak jauh dengan lokasi tempat wisata lainnya di Palangkaraya. Danau Tahai Palangkaraya merupakan sebuah danau yang terbentuk akibat adanya perubahan aliran Sungai Tahai, sehingga terbentuk genangan air sendiri. Dulunya, danau ini termasuk aliran sungai tersebut, namun karena adanya perubahan aliran sungai, maka menyisakan daerah genangan air ini.

Baca Juga:  Delivery Makanan Palangkaraya Pilihan

Keindahan Danau Tahai Palangkaraya

Yang unik dari Danau Tahai Palangkaraya adalah memiliki air yang berwarna kemerahan. Kemungkinan hal ini disebabkan oleh akar-akar pepohonan yang tumbuh di kawasan danau yang memiliki lahan gambut ini. Selain itu, bagi wisatawan yang berkunjung di danau ini telah disediakan jembatan kayu yang mengitari kawasan Danau Tahai Palangkaraya. Setiap sekitar 25 meter panjang jembatan juga disediakan gazebo untuk beristirahat atau menikmati keindahan danau ini.

Selain pemandangan alamnya yang begit indah, di Danau Tahai Palangkaraya ini juga terdapat sejumlah rumah apung atau yang sering disebut dengan rumah lanting, khas Kalimantan Tengah. Pengunjung bisa melihat rumah-rumah lanting tersebut di sejumlah kawasan Danau Tahai Palangkaraya.

Danau Tahai Palangkaraya sangat cocok dijadikan sebagai tempat liburan jika sekedar untuk bersantai, mencari tempat yang asri dan sejuk. Kawasan Danau Tahai Palangkaraya ini masih sangat alami dan banyak pepohonan yang lebat, sehingga sangat asri, hijau dan sejuk. Tempat ini sangat tepat digunakan untuk berlibur bersama dengan keluarga dan menikmati panorama kawasan danau.

Baca Juga:  Tempat Makan di Palangkaraya yang Paling Menarik

Harga Tiket Masuk Danau Tahai Palangkaraya

Dengan biaya yang cukup murah, yakni Rp 5000 rupiah per orangnya (belum termasuk parkir), pengunjung bisa menikmati keindahan yang ditawarkan di Danau Tahai Palangkaraya ini. Untuk biaya parkir, sepeda motor dipatok Rp 2000,-, mobil dipatok harga Rp 10.000,-, dan bus dipatok dengan harga Rp 15.000,-. Di kawasan danau ini juga tersedia warung-warung makan kecil untuk menikmati makanan dan minuman ketika berlibur. Bagi Anda yang ingin berlibur bersama keluarga dan bersantai dengan suasana yang asri, tempat ini bisa menjadi salah satu pilihan Anda.