Sunday , 24 February 2019

Danau Seran Banjarbaru Daya Tarik Wisatawan Baru di Banjarbaru

danau seran bening

Jika sedang bingung mencari destinasi wisata yang menarik untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga sekaligus melepas penat, tak ada salahnya untuk mengunjungi salah satu wisata alam yang terletak di kota Banjarbaru yaitu Danau Seran Banjarbaru. Meskipun Danau Seran tergolong sebagai tempat wisata baru dan belum sepopuler Pulau Kembang dan Pasar Terapung, namun keelokan panorama yang disuguhkan danau di jalan Danau Seran, Guntungmanggis, Landasan Ulin, Banjarbaru, Kalimantan Selatan ini tak boleh terlewatkan lho.

Danau yang menawan ini dulunya terbentuk akibat adanya aktivitas pertambangan intan di PT Galuh Cempaka yang sudah beroperasi puluhan tahun, tetapi semenjak PT Galuh Cempaka tak beroperasi lagi, Danau Seran Banjarbaru ini menjadi terbengkalai dan tak terurus. Maka tak heran apabila, kawasan ini justru menjadi lebih asri karena dipoles oleh waktu menjadi sedemikian rupa dan membentuk menjadi destinasi wisata alam yang sangat menakjubkan.

Kerapian dan kebersihan dari Danau Seran Banjarbaru ini juga tak terlepas dari peran dua masyarakat setempat dari Desa Seran, Kelurahan Gunting Manggis, Kecamatan Landasan Ulin dan Desa Tanggul, Kelurahan Palam, Kecamatan Cempaka, Banjarbaru yang ikut merawat dan mengelola spot wisata ini.

Baca Juga:  Pantai Rindu Alam, Pantai Unik dengan Deretan Pepohonan Pinus nan Asri

Untuk menuju spot wisata Danau Seran Banjarbaru ini Anda tak perlu melakuakn perjalanan panjang, sebab jarak lokasi wisata ini dengan pusat kota hanya memakan waktu 30 menit saja. Untuk mencapainya Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan jasa ojek, sebab hanya jasa ojeklah satu-satunya transportasi umum yang dapat menjangkau lokasi wisata ini. Disana kita akan disuguhkan dengan eloknya pesona Danau Seran Banjarbaru lengkap dengan airnya yang jernih serta udara yang masih sangat asri dan sejuk berkat deretan pepohonan yang menjulang tinggi di sekitar danau ini.

danau seran banjarbaru kapal
Naik perahu di Danau Seran

Meskipun Danau Seran Banjarbaru memiliki luas areal yang tak terlalu luas, namun daya tarik yang ditawarkan di kawsasn wisata ini adalah warna air yang dimiliki oleh danau ini sangat jernih dan berwarna kehijauan dengan kedalaman 5-15 meter. Karena jernihnya sampai-sampai Anda bisa melihat dasar Danau Seran Banjarbaru yang dipenuhi dengan tumbuhan hijau ini. Tak hanya itu banyak para wisatawan yang mencoba meminum air di Danau Seran Banjarbaru ini, konon air dari danau ini sangat segar seperti air minum pada umumnya.

Baca Juga:  15 Tempat Nongkrong di Banjarmasin Yang Paling Asik

Banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan di destinasi wisata Danau Seran Banjarbaru ini, mulai dari bersantai menikmati udara yang sangat sejuk dan asri, bermain wahana permainan bebek-bebekan serta berkeliling danau menggunakan perahu kecil. Tak hanya itu pengelola Danau Seran juga mengijinkan Anda untuk bermain air bahkan berenang sekalipun asalkan tak sampai ketengah danau sebab akan membahayakan keselamatan Anda.

Guna memaksimalkan aktivitas liburan Anda, di kawasan wisata Danau Seran Banjarbaru ini juga dilengkapi berbagai macam fasilitas yang dapat menunjang aktivitas liburan seperti wahana permainan bebek-bebekan yang dapat Anda gunakan untuk mengitari danau, toilet, dan perahu kecil yang dapat digunakan untuk menuju pulau yang terletak di tengah Danau Seran ini. Di pulau tersebut juga dilengkapi pula dengan fasilitas menarik seperti ayunan yang dapat digunakan bersantai hingga deretan gazebo yang bisa digunakan beristirahat.

bebek bebekan danau seran banjarbaru
Bebek bebekan Danau Seran

Tak hanya itu, Danau Seran Banjarbaru ini juga dilengkapi pula dengan deretan resort yang menjajakan berbagai jenis hidangan yang menggugah selera. Nah, Jika Anda ingin menikmati sensasi mengitari Danau Seran Banjarbaru menggunakan bebek-bebekan atau perahu kecil Anda cukup membayar Rp.5000-Rp.10.000 saja. Dengan berbagai macam hal menarik tersebut tak heran jikalau Danau Seran Banjarbaru dijadikan sebagai tempat wisata keluarga yang menyenangkan. Karena selain murah objek wisata ini juga sudah di dukung dengan berbagai fasilitas-fasilitas yang mumpuni.

Baca Juga:  Danau Labuan Cermin, Danau Cantik Dua Rasa yang Indah Mempesona

Bagi kalian yang berasal dari luar kota dan tidak tahu jalan menuju ke Danau Seran silahkan ikuti koordinat google map Danau Seran disini. Bagaimana tertarik mengunjungi Danau Seran?

Nah, itulah ulasan mengenai  tempat wisata Danau Seran Banjarbaru yang dapat dijadikan sebagai tujuan destinasi wisata Anda diakhir pekan atau saat masa liburan tiba. Semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi liburan Anda. Salam.