Sunday , 24 February 2019

Danau Labuan Cermin, Danau Cantik Dua Rasa yang Indah Mempesona

Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin – Negara Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki jutaan keanekaragaman yang dapat membius siapapun yang melihat. Terlebih negara kita terlintasi oleh garis khatulistiwa maka tak heran jikalau kita dapat menemukan banyak sekali keanekaragaman hayati di negara ini. Salah satu pulau yang terlintasi oleh garis katulistiwa adalah pulau Kalimantan Timur.

Pulau ini menyimpan banyak sekali keanekaragaman budaya hingga objek wisata yang mampu menimbulkan decak kagum bagi siapapun yang mengunjunginya. Sama seperi pulau-pulau besar lainnya, Kalimantan Timur juga memiliki salah satu tempat wisata yang unik yaitu objek wisata Labuan Cermin.

Labuan Cermin adalah salah satu destinasi wisata di pulau Kalimantan timur yang tak hanya menyuguhkan pantai ataupun pegunungan yang eksotis, namun kita juga akan disuguhkan dengan indahnya danau yang memiliki dua rasa air saat mengecap airnya. Hal tersebutlah yang menjadi daya pikat spot wisata Danau Labuan Cermin ini untuk menarik perhatian pengunjung lokal maupun manacanegara.

Labuan Cermin
Labuan Cermin, Bening, ya?

Di objek wisata Labuan Cermin ini kita akan disuguhkan dengan luasnya hamparan danau lengkap dengan airnya yang jernih, bahkan karena terlalu jernihnya kita bisa melihat dasar danau dengan mata telanjang.

Danau Dua Rasa yang Cukup Unik di Kalimantan Timur

Salah satu keunikan dan menjadi ciri khas kawasan wisata Labuan Cermin ini adalah memiliki rasa air yang berbeda pada bagian dasar dan permukaan danau. Menurut warga sekitar dan beberapa pengunjung objek wisata ini pada dasar danau yang dipenuhi dengan pasir laut ini memiliki rasa air yang tawar sedangkan pada bagian permukaan danau memiliki rasa air yang asin, maka tak heran jikalau tempat wisata Labuan Cermin ini juga dijuluki sebagai objek wisata Danau Dua Rasa.

Baca Juga:  Warna-Warni Kampung Teluk Seribu Balikpapan

Nah, dua jenis air inilah yang menjadikan kandungan air di Labuan Cermin ini memiliki lapisan untuk memantulkan cahaya matahari sehingga Anda dapat dengan mudah melihat dasar laut dengan mata telanjang. Tak hanya itu, objek wisata Labuan Cermin ini juga memiliki suasana yang masih asri dan sejuk berkat deretan pepohonan yang tumbuh rindang di pinggiran Danau Dua Rasa ini.

Mengingat kini potensi objek wisata Labuan Cermin ini sangat potensial dan mampu menarik berbagai wisatawan dari penjuru daerah bahkan hingga wisatawan mancanegara, maka pemerintah setempat yang dibantu oleh warga sekitar mengelola dan merevitalisasi tempat wisata ini menjadi salah satu objek wisata yang nyaman dan aman saat dijadikan plesiran para wisatawan.

Tak hanya itu, pemerintah juga sudah melengkapi berbagai sarana dan prasarana yang bisa menunjang aktivitas liburan Anda, seperti perahu yang sudah dilengkapi dengan cermin di dasarnya, sehingga memudahkan Anda untuk melihat langsung dasar Danau Dua Rasa ini dengan jelas.

Labuan Cermin Asik
Naik Perahu di Danau Labuan Cermin, Asik!

Nah, bagi yang kurang puas menikmati indahnya bawah laut dari atas kapal Anda bisa snokling atau menyelam dengan menggunakan alat yang bisa Anda bawa sendiri dari rumah ataupun menyewa kepada pengelola dengan tarif yang murah. Di dasar laut Anda akan di suguhkan dengan beberapa spesies ikan air tawar dan ikan air laut yang hidup di tempat yang berbeda sesuai dengan habitatnya.

Baca Juga:  Danau Cermin Balikpapan yang Wajib Anda Singgahi
Main Air Pake Ban juga Asik di Labuan Cermin
Main Air Pake Ban juga Asik di Labuan Cermin

Hal ini juga akan membantu Anda untuk membedakan jenis ikan air tawar dan ikan air laut dengan mudah. Namun, bagi Anda yang tak bisa berenang tetapi ingin merasakan sensasi berenang di danau Labuan Cermin ini Anda bisa menyewa pelampung kepada pengelola dengan tarif yang murah. Selain itu beberapa deretan kamar mandi juga tersedia lengkap di kawasan wisata Labuan Cermin ini.

Penginapan dan Akses Lokasi Danau Labuan Cermin

Bagi yang berasal dari luar kota, tak perlu khawatir sebab di kawasan ini sudah dilengkapi dengan beberapa tempat penginapan dengan tarif mulai dari Rp. 100.000 – Rp. 300.000 permalamnya dengan fasilitas mumpuni yang tentunya dapat Anda jadikan tempat istirahat setelah seharian plesiran di Labuan Cermin.

Meskipun akses menuju Danau Dua Rasa ini cukup panjang, sebab harus melakukan perjalanan selama kurang lebih 6 sampai dengan 7 jam dari ibu kota Kabupaten Berau Kalimantan Timur dan selanjutnya harus melanjutkan perjalanan laut lagi menggunakan kapal yang bisa disewa dengan tarif Rp. 200.000 saja dan sudah termauk ongkos pulang pergi.

Baca Juga:  Ruko Bandar Balikpapan, Wisata Kuliner Malam

Tetapi bagi yang memutuskan untuk pergi bersama rombongan akan mendapatkan potongan harga sendiri. Walaupun harus melalui perjalanan yang panjang dan melelahkan namun sesampainya disana rasa lelah Anda setelah seharian perjalanan akan terbayarkan dengan panorama yang disuguhkan oleh Labuan Cermin ini. Sedangkan untuk Anda yang berasal dari luar kota silahkan ikuti koordinat gmaps menuju lokasi disini agar tidak tersesat.

Dari keelokan panorama yang indah dan ditunjang dengan beberapa fasilitas yang cukup lengkap ditambah lagi dengan rasa kenyamanan dan kemanan maka tak heran jikalau tempat wisata ini setiap akhir pekan atau masa liburan tiba selalu disesaki oleh para pengunjung untuk menikmati sensasi menyelam di kedalaman 4 hingga 5 meter Danau Dua Rasa ini.

Nah, sepertinya objek wisata Danau Dua Rasa ini juga wajib Anda masukkan ke list daftar liburan saat Anda mengunjungi pulau yang dilintasi oleh garis katulistiwa ini.

Wajib bagi Anda untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, meskipun objek wisata ini juga sudah dilengkapi dengan pengelola yang bertugas merawat Labuan Cermin. Bagaimana apakah Anda sudah tak sabar ingin menikmati suguhan danau Labuan Cermin? Yuk agendakan liburanmu kesana akhir pekan nanti.