Sunday , 24 February 2019

Danau Cermin Banjarbaru yang Indahnya Mempesona

danau cermin banjarbaru

Banjarbaru, sebuah kota besar terletak di Kalimantan Selatan yang terkenal dengan garis pantainya yang luas, maka tak heran jikalau Kota Banjarbaru didominasi dengan wisata pantai, sungai, dan danau. Tak hanya objek wisata Danau Seran Banjarbaru dan Danau Galuh Cempaka saja yang sangat populer di Banjarbaru, namun ada salah satu objek wisata baru yaitu Danau Cermin Banjarbatu yang keindahannya menimbulkan decak kagum siapaun yang melihat.

Danau Cempaka yang lebih populer dengan Danau Cermin Banjarbaru atau Ceramin ini terbentuk karena adanya pertambangan intan yang dilakukan oleh PT. Galuh Cempaka beberapa puluh tahun yang lalu, sama seperti Danau Seran Banjarbaru. Sejak kawasan ini sudah tak digunakan lagi sebagai wilayah pertambangan, Danau Cermin ini justru diambil alih oleh alam dan dipoles oleh waktu menjadi spot wisata yang menakjubkan dan sayang untuk dilewatkan.

Keindahan dan kerapian Danau Cermin Banjarbaru ini juga tak luput dari peran serta masyarakat setempat yang bahu membahu mengelola kawasan wisata ini dengan dana swadaya dengan tujuan untuk menjadikan Danau Cermin Banjarbaru sebagai spot wisata keluarga yang menarik untuk dikunjungi.

Baca Juga:  8 Spot Foto di Banjarmasin yang Terbaru dan Instagrammable

Keindahan Danau Cermin Banjarbaru yang Sayang Dilewatkan

Tak heran jikalau setiap akhir pekan atau masa liburan tiba, spot wisata Danau Cermin Banjarbaru selalu dipenuhi banyak pengunjung. Hal ini disebabkan karena keindahan pesona alam yang ditawarkan oleh Danau Cermin lengkap dengan air yang jernih dan berwarna biru serta angin yang semilir membuat enggan meninggalkan kawasan wisata ini.

Danau Cermin Banjarbaru memang populer dengan air danaunya yang cukup jernih, maka tak heran jikalau banyak yang menganggap danau ini nampak seperti cermin raksasa jikalau dilihat dari atas ketinggian, bahkan karena jernihnya sampai-sampai bisa melihat dasar danau yang cukup panjang ini.

Danau yang memiliki luas 20 hektar ini juga dilengkapi dengan suasanya yang sejuk dan asri, mengingat bahwa danau ini di kelilingi oleh hutan galam dan belum banyak dikunjungi oleh banyak wisatawan.

danau cermin rakit
Danau Cermin

Banyak aktivitas yang dapat kita lakukan di spot wisata yang terletak di Perumahan Fitria Residence, Kelurahan Guntung Manggis, Kecamatan Landasan Ulin, Banjarbaru, Kalimantan Selatan ini. Seperti bersantai di tepi danau sembari menikmati sejuknya hembusan angin, berkeliling danau dengan menggunakan kelotok atau bebek-bebekan, hingga bermain air dan berenang.

Baca Juga:  5 Tempat Hunting di Banjarbaru yang Hits

Meskipun pengelola mengijinkan wisatawan berenang dan bermain air, namun Anda harus tetap berhati-hati sebab Danau Cermin Banjarbaru ini memiliki kedalaman mencapai 20-25 meter. Agar dapat leluasa berenang namun tetap aman bisa menyewa pelampung yang disediakan oleh pengelola setempat dengan tarif cukup murah.

Guna menunjang aktivitas Anda, pengelola juga menyediakan berbagai fasilitas yang menarik. Mulai dari kelotok atau bebek-bebekan yang dapat Anda gunakan untuk mengitari Danau Cermin Banjarbaru, deretan gazebo yang sengaja di bangun warga setempat guna melepas lelah pengunjung, toilet hingga deretan resort dan rumah makan yang menjajakan berbagai jenis hidangan yang mampu menggoyang lidah Anda.

Memang objek wisata Danau Cermin ini setiap akhir pekan dan masa liburan tiba selalu disesaki banyak pengunjung. Bahkan tak sedikit wisatawan yang menjadikan objek wisara Danau Cermin Banjarbaru ini sebagai lokasi foto prewedding, karena lokasinya yang sangat fotogenik sekali.

danau cermin banjarbaru kalsel
Senja di Danau Cermin

Meskipun tempat wisata Danau Cermin Banjarbaru ini belum mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah kota setempat, namun jangan khawatir sebab kini kawasan wisata yang diklaim sebagai tempat wisata keluarga ini sudah dikelola oleh masyarakat setempat bahkan ada yang menjadikan destinasi wisata ini sebagai lahan mata pencahariannya.

Baca Juga:  Danau Seran Banjarbaru Daya Tarik Wisatawan Baru di Banjarbaru

Nah, jika Anda berniat plesiran ke Danau Cermin Banjarbaru ini sangat cocok untuk Anda masukkan ke daftar tujuan destinasi wisata Anda saat akhir pekan atau masa liburan tiba bersama keluarga.

Bagaimana, tertarik liburan ke Danau Cermin? Tunggu apalagi yuk segera agendakan liburanmu kesana akhir bulan nanti. Jangan lupa siapkan kamera untuk mengabadikan momen-momen spesial ketika disana ya. Sekian ulasan mengenai wisata Banjarbaru pada kesempatan kali ini dan semoga selalu memberikan inspirasi wisata terbaik untuk kalian semua. Salam.